Biar Tak Gampang Sakit, Motivasi Dirimu Berolahraga dengan 5 Trik Ini

Jumat, 20 Desember 2019 | 11:18:09

LS Health

Penulis : LS Health

Biar Tak Gampang Sakit, Motivasi Dirimu Berolahraga Dengan 5 Trik Ini

Banyak yang bilang bahwa kesehatan itu mahal harganya dan itu memang benar. Bagaimana tidak, meskipun kita sudah dilindungi asuransi kesehatan untuk membiayai rumah sakit jika kita dirawat, kita akan tetap kehilangan banyak hal penting lainnya selama kita terbaring di tempat tidur. Entah itu pekerjaan, bisnis, waktu berkumpul bareng keluarga dan teman, juga aktivitas lainnya yang kita sukai harus terpaksa dibatasi, bahkan tidak dikerjakan dulu sampai kesehatan kita benar-benar pulih kembali. Untuk menjadi sehat dan bugar, tentu tidak bisa dengan mengonsumsi makanan sehat saja, tapi tubuhmu pun juga harus aktif bergerak dengan rutin berolahraga, Ladies! Nah, buat kamu yang suka malas banget berolahraga, berikut ini ada 5 hal yang bisa memotivasimu berolahraga secara rutin!

1. Cari partner olahraga yang bertanggung jawab

Cari partner olahraga yang bertanggung jawab
sumber: freepik.com

Membuat janji dengan seseorang untuk bertemu dan berolahraga bersama akan meningkatkan antusiasmu ketika hendak berolahraga, Ladies. Kamu pun juga tidak akan merasa bete sebab berolahraga sendirian. Nah, mulai sekarang, carilah teman yang mau ikut berolahraga bersamamu, kamu juga bisa mengikuti mereka yang sudah punya jadwal olahraga sepulang kerja jika memungkinkan. Pastinya, carilah partner olahraga yang bertanggung jawab dan tak cuma wacana doang, ya! Tak sedikit manusia di dunia ini yang hanya ringan membuat janji di awal tapi berujung pada ketidakpastian. Lebih baik kamu mencari partner yang memang pada dasarnya juga antusias atau senang berolahraga!

2. Masukkan gerakan-gerakan olahraga ringan dalam aktivitasmu

Masukkan gerakan-gerakan olahraga ringan dalam aktivitasmu
sumber: freepik.com

Jika kamu termasuk orang yang sibuk sekali bekerja, sehingga tidak sempat berolahraga dipagi hari, maka kamu bisa memasukkan gerakan-gerakan olahraga ringan di dalam aktivitasmu, Ladies! Misalnya saja, ketika kamu sudah sampai di meja kerjamu, kamu bisa ambil waktu 10 menit sebelum bekerja untuk meregangkan tangan ke atas dan ke samping. Sehingga, setidaknya otot-otot tangan dan punggungmu pun sudah ikut bergerak. Atau, kamu juga bisa melakukan gerakan ringan lainnya saat menjelang waktu makan siang, atau seseaat sebelum pulang kerja. Gerakan-gerakan ringan yang sudah kamu lakukan itu akan menstimulasi pikiran dan membangkitkan dirimu untuk melanjutkan olahraga di rumah.

3. Tontonlah turnamen olahraga atau video tentang olahraga yang kamu suka

Tontonlah turnamen olahraga atau video tentang olahraga yang kamu suka
sumber: freepik.com

Pernahkah kamu merasa termotivasi ketika sedang menonton turnamen olahraga seperti Sea Games atau Asian Games, lalu melihat jagoan kita bertanding, misalnya saja Sinisuka Ginting yang sedang melakukan smash atas bolanya, lantas kita langsung termotivasi untuk main badminton keesokan harinya? Nah, jika iya, berarti kamu sudah bisa menemukan hal yang bisa merangsang keinginanmu untuk berolahraga, Ladies! Kamu juga bisa mengembalikan gairah berolahraga dengan menonton video tentang olahraga yang kamu suka!

4. Buatlah alter egomu sendiri

Buatlah alter egomu sendiri
sumber: freepik.com

Jika, seorang penyanyi yang aslinya berkarakter mudah gugup, lantas ia bisa menciptakan alter egonya sendiri dengan menjadi penyanyi kelas dunia agar tidak gugup lagi ketika berlaga di atas panggung, maka kamu pun bisa membuat alter egomu sendiri untuk rutin berolahraga. Misalnya saja, kamu menciptakan alter ego untuk dirimu sebagai Xena yang gemar bertarung, sesuai dengan dirimu yang sebenarnya memang menyukai olahraga jiu-jitsu. Lantas, kamu bisa ikut kelas jiu-jitsu sepulang kerja dan membuat jadwal yang pas sesuai kemampuanmu. Nah, ketika kamu sedang malas berangkat ke arena berlatih, kamu bisa seakan-akan berubah menjadi Xena yang ingin bertarung dan segera berangkat ke tempat latihan untuk berlatih! Terdengar konyol, ya? Tapi kamu berhak kok, melakukan itu.

5. Minum air putih sepanjang hari!

Minum air putih sepanjang hari!
sumber: freepik.com

Mengonsumsi air putih sepanjang hari atau setidaknya 8 gelas sehari bisa membuat tubuhmu lebih ringan dan menjauhkanmu dari dehidrasi. Kamu tahu kan, ada segudang risiko penyakit jika kamu tidak rajin minum air putih dan hanya mengonsumsi kafein saja. Jadi, mulai sekarang imbangilah konsumsi kafeinmu, Ladies. misalnya saja jika kamu sudah minum kopi di pagi hari, maka kamu harus minum air putih di waktu siang sampai pulang kerja. Ketika kamu sudah menemukan manfaat dan nikmatnya minum air putih, kamu pun akan termotivasi untuk berolahraga! Sebab, air putih juga bisa meningkatkan suasana hati dan mengurangi kelelahan, lho.

Jika kamu sudah terbiasa melakukan 5 trik motivasi diri untuk berolahraga seperti di atas, kamu pun akan menjadikan olahraga sebagai hobi dan akan merasa sulit untuk melepaskannya. Selamat berolahraga!