Bisa Dicegah, Ini 5 Cara Mencegah Risiko Kanker Paru-paru

Selasa, 5 November 2019 | 15:05:01

LS Health

Penulis : LS Health

Bisa Dicegah, Ini 5 Cara Mencegah Risiko Kanker Paru-Paru

Cara Mencegah Kanker. Penykit kanker paru-paru biasanya disebabkan karena terlalu banyak merokok atau menghirup asap. Namun kanker paru-paru juga bisa menyerang orang-orang yang tidak terduga yang bahkan sebenarnya mereka menjalankan hidup sehat. Kanker paru-paru ini memang penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Merokok masih menjadi penyebab utama kanker paru-paru, tetapi faktor lain dapat menyebabkan seseorang terkena kanker paru-paru, antara lain riwayat penyakit keluarga, seorang perokok pasif, sudah pernah didiagnosis kanker sebelumnya, dan orang yang menghirup polusi udara yang membahayakan dirinya. Namun, kanker paru-paru itu bisa dicegah kok Ladies. Di bawah ini ada 5 cara mencegah risiko kanker paru-paru yang perlu kamu ketahui.

1. Cek kadar Radon di rumahmu

cek kadar radon

Cara mencegah kanker yang utama adalah dengan Randoan. Radon sendiri adalah gas radioaktif alami yang berasal dari peluruhan alami uranium yang ditemukan di hampir semua tanah dan batu yang tentunya ini bisa ditemukan di sekitar rumahmu. Kamu dapat membeli alat tes radon di toko peralatan rumah tangga di dekat rumahmu untuk memastikan rumahmu aman. Tetapi dr. Robert M. Jotte, MD, PhD, seorang dokter di Presbyterian/ St. Luke's Medical Center, menambahkan bahwa sementara pengujian radon dilakukan, jangan stress tentang hal itu. “Seseorang harus menghabiskan proporsi jam yang cukup tinggi dalam sehari di lingkungan tertutup untuk benar-benar mendapatkan tingkat paparan yang terlibat dalam kanker paru-paru,” tambahnya.

2. Hindari asap rokok

hindari asap rokok

Jika orang yang kamu cintai adalah seorang perokok, ajak mereka untuk berhenti merokok. Membuat orang berhenti merokok dapat membuat kesehatan hidup mereka 60 persen lebih baik. Tidak hanya akan bermanfaat bagi kesehatan mereka, tetapi juga dapat membantumu menghindari kanker paru-paru. Jadi, yuk mulai ajak pasanganmu hidup sehat dengan berhenti merokok.

3. Gunakan masker wajah ketika harus keluar rumah

gunakan masker muka

Kamu mungkin tidak menyadari bahwa di sekitarmu banyak sekali polusi udara yang sering kamu temui saat berangkat kerja. Polusi udara itulah ternyata yang dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru jadi lebih tinggi. Banyaknya pembangunan di tempat yang kamu tinggali ini membuatmu kesulitan mendapatkan udara segar. Maka dari itu, kamu perlu menggunakan perlengkapan untuk menghindari dirimu menghirup udara yang buruk, seperti mengenakan masker wajah untuk membatasi penghirupan udara yang buruk.

4. Lakukan pengecekan paru-paru

pengecekan paru-paru

Jika kamu benar-benar khawatir tentang paru-parumu, kamu mungkin ingin melihat seberapa kotor paru-paru yang kamu miliki lewat skrining kanker paru-paru. Sebagian besar perusahaan asuransi mungkin menanggung tes ini untuk orang-orang yang memang seorang perokok. Tapi kamu bisa tanyakan kepada doktermu, apakah kamu perlu melakukan pengecekan paru-paru untuk memastikan kondisimu itu sehat.

5. Tetap konsultasi dengan dokter

konsultasi pada dokter

Jika ada orang di keluargamu yang menderita kanker paru-paru, konsultasikan hal ini pada dokter. Jadi doktermu bisa lebih waspada dalam menemukan tanda-tanda awal kanker paru-paru pada dirimu. “Bahkan jika anggota keluargamu adalah seseorang perokok, saya piker itu perlu menjadi perhatianmu untuk berkonsultasi pada dokter paru-paru,” kata Jotte.

Itu dia Cara Mencegah Kanker paru paru. Walau bukan perokok, kanker paru-paru bisa datang dari berbagai faktor, salah satunya adalah keturunan. Namun, kamu bisa mencegah hal tersebut dengan melakukan 5 hal di atas dan mulailah hidup sehat, Ladies!

Source foto: cover: cccare.com, 1. denver.cbslocal.com, 2. vapingdaily.com, 3. sf.curbed.com, 4. verywellhealth.com, 5. myaaasc.com