Patut Dicoba, 3 Bisnis Online yang Bisa Dilakukan Pelajar

Rabu, 29 September 2021 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Patut Dicoba, 3 Bisnis Online yang Bisa Dilakukan Pelajar

Foto: Lifepal

Ladiestory.id - Bisnis online menjadi pekerjaan yang banyak dilakukan di masa ini. Pekerjaan ini tidak memandang status pendidikan, latar belakang dan usia. Siapa saja bisa melakukan bisnis ini dan tidak terikat ruang serta waktu.

Bisnis online dapat dijadikan sebagai sebuah kesempatan untuk pelajar dan mahasiswa belajar untuk mendapatkan penghasilan. Selain memberikan pemasukan sambil kuliah atau sekolah, ini dapat dijadikan sebagai pengalaman dan ruang memulai bisnis sejak dini.

Ide Bisnis Online untuk Pelajar

Biasanya bisnis online bisa mengurangi modal dan beberapa keunggulan dari melakukan bisnis online. Sebagai mahasiswa dan pelajar lebih memberikan peluang ketika ada kemauan untuk belajar, memanfaatkan peluang, dan tekun, maka sangat memungkinkan mereka mampu mencapai kesuksesan dalam berbisnis.

Berikut ini beberapa ide bisnis yang cocok untuk para pelajar.

1. Belum Punya Modal, Coba Dengan Sistem Dropship

Foto: Ladiestory.id

Banyak perusahaan atau UMKM yang membuka peluang menjadi dropshipper. Sistem bisnis ini tidak membutuhkan modal hanya perlu memperluas jaringan dalam memasarkan produk.

Secara umum, dropship merupakan cara seseorang memasarkan produk milik orang lain, tanpa harus stok barang, packing, bahkan melakukan pengiriman. Pelaku bisnis hanya perlu membuat iklan atau memasarkan produk.

Sistemnya, ketika ada pembeli, maka mereka akan menghubungi pemilik produk untuk melakukan pengiriman barang ke alamat konsumen.

Orang yang menjalankan bisnis ini disebut dropshipper, perlu diketahui jika mereka bukan pemilik produk. Maka dari itu keunggulan dari sistem dropship adalah minim modal dan risiko, karena kita tidak perlu membeli produk terlebih dahulu. 

2. Hemat dan Memberikan Penghasilan Menjadi Ghost Kuliner

Foto: goodlife

Bidang usaha yang dapat dikatakan aman. Selain dapat dikonsumsi sendiri, kita bisa membuka usaha kuliner yang pasarnya lebih luas, karena semua orang pasti membutuhkan makanan.

Tidak perlu memulai dengan banyak menu, cobalah fokus pada satu produk makanan atau minuman kekinian yang mudah digemari, setelah itu kita bisa menawarkan secara online dengan kemasan yang menarik.

Peluang usaha ini bukan hanya minim modal, tapi memberikan keuntungan yang lumayan, pasalnya kita tidak perlu menyewa tempat usaha. Langkah awal yang dapat dilakukan adalah memulai bisnis dari dapur di rumah.

Supaya produk yang tidak mubazir, mulai dengan sistem pre order sehingga kita bisa menawarkan produk kuliner dengan foto yang menarik dengan membuat produk sejumlah pesanan saja.

Foto: Ladiestory.id

Kemampuan yang bisa dikembangkan bukan hanya dijadikan hobi. Anak muda selalu identik dengan kreativitas tinggi dalam desain, kita memulai jasa pembuatan logo online shop. Sejalan dengan perkembangan bisnis, logo menjadi sesuatu yang penting dan menarik.

Di sinilah para desainer menjadikan hobi sebagai peluang yang menjanjikan.  Apalagi saat ini banyak cara untuk mempelajari dunia desain. Bukan hanya itu, bisa menggunakan aplikasi desain seperti Canva atau beberapa website penyedia template logo, pelajar untuk memulai usahanya.

Setelah itu, kita bisa menawarkan secara online sehingga menarik perhatian pelanggan dengan harga yang terjangkau.

Itu dia beberapa ide bisnis yang dapat dilakukan pelajar. Tertarik untuk mencoba berbisnis?

Berita Terkait