Bolehkah Ibu Hamil Makan Daging Rendang? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Senin, 13 September 2021 | 06:03:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Bolehkah Ibu Hamil Makan Daging Rendang? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Foto: Ladiestory.id

Rendang merupakan kuliner yang berasal dari Sumatera Barat. Kelezatan rendang pun telah diakui di seluruh dunia. Tahun 2021 ini, rendang berhasil memasuki daftar 50 Makanan Terbaik di Dunia versi CNN.

Pemakaian rempah-rempah khas Nusantara dan santan dalam masakan rendang sukses membuat daging sapi terasa lembut dan nikmat saat disantap.

Pada beberapa perayaan hari besar di Indonesia, rendang menjadi suguhan wajib untuk memeriahkan hari besar tersebut. Rendang yang kaya akan variasi bumbunya ini tak pernah gagal untuk membuat semua orang mencicipinya, termasuk ibu hamil.

Namun, saat memasuki usia kehamilan, seringkali ibu hamil akan mendapatkan pantangan untuk mengonsumsi makanan tertentu dan lebih dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat serta mengurangi konsumsi makanan pedas. Jika sudah begitu, bolehkah ibu hamil makan daging rendang?

Kandungan Gizi yang Terdapat Dalam Hidangan Rendang

Citarasa rendang yang begitu kaya menjadikan rendang dipilih sebagai makanan terlezat di dunia. Untuk membuat rendang yang kaya rasa, dibutuhkan daging sapi dan santan serta sejumlah rempah-rempah.

Pertama-tama, kita cari tahu dulu apa sajakah kandungan yang terdapat dalam hidangan khas Tanah Minang ini sebelum menjawab pertanyaan apakah ibu hamil boleh makkan rendang?

Jika bunda mengonsumsi 1 porsi daging rendang atau per 100 gram, bunda akan mendapatkan kandungan gizi sebagai berikut, dilansir dari situs panganku.org. 

  • Air: 57.9 g
  • Energi: 193 kal
  • Protein: 22.6 g
  • Lemak: 7.9 g
  • Serat: 0.0 g
  • Karbohidrat: 7.8 g
  • Vitamin A: 21 mcg
  • Kalsium: 474 mg
  • Zat besi: 14.9 mg
  • Fosfor: 211 mg
  • Karoten total: 534 mcg
  • Niacin: 0.0 mg
  • Thiamin (Vitamin B1): 0.12 mg

Oh ya, satu hal lagi yang perlu diketahui bunda bahwa rendang juga mengandung santan yang kaya akan zat gizinya yang baik bagi tubuh bunda mau pun janin yang dikandung.

Namun, konsumsilah daging rendang dengan bijak dengan tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Lalu, Bolehkah Ibu Hamil Makan Daging Rendang?

Foto: Ladiestory.id

Jika dilihat dari kandungan gizi yang ada dalam hidangan rendang, rendang dapat memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil. Berikut ini adalah manfaat rendang untuk pemenuhan gizi ibu hamil dan janin:

  1. Santan yang digunakan untuk membuat rendang memiliki senyawa asam laurat yang memiliki Peran sebagai anti virus. Anti virus memiliki fungsi untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh atau imun.
  2. Mencegah anemia karena rendang memiliki kandungan zat besi yang dapat meningkaatkan produksi sel Darah merah.
  3. Mengandung protein yang bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan jaringan janin dan dapat memperbaiki sel tubuh yang rusak.
  4. Karbohidrat yang terkandung dalam rendang berperan sebagai sumber energi bagi ibu hamil yang akan mengoptimalkan pertumbuhan janin, mengurangi risiko bayi lahir cacat, serta meningkatkan level energi bagi ibu hamil.
  5. Selain dari karbohidrat, kalori yang tinggi dalam hidangan rendang dapat memenuhi kebutuhan kalori ibu hamil yang berperan sebagai sumber energi.

Jadi, bolehkah ibu hamil makan daging rendang? Jawabannya, iya, boleh. Hanya saja, konsumsilah rendang dalam porsi terbatas karena di dalam rendang juga terdapat lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Imbangi juga konsumsi rendang dengan makanan bergizi dan kaya serat, seperti sayuran dan buah-buahan. Pastikan juga daging rendang telah dimasak hingga matang.