Bunga Wijaya Kusuma, Mitos dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Minggu, 28 November 2021 | 00:01:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

Bunga Wijaya Kusuma, Mitos Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Foto; kompas

Ladiestory.id - Untuk mengisi waktu luang, menanam bunga menjadi salah satu kegiatan yang banyak ditekuni. Terutama sejak masa pandemi dari tahun 2020. Ada banyak sekali jenis tanaman bunga yang bisa ditanam di pekarangan atau pot-pot tanaman.

Salah satunya yang cukup menjadi incaran adalah tanaman bunga wijaya kusuma. Tanaman yang satu ini memiliki bunga yang sangat cantik dengan beragam jenis spesies.

Mengenal Bunga Wijaya Kusuma

Foto: Istimewa

Bunga wijaya kusuma memang sudah tidak asing lagi di telinga. Namun tidak sedikit juga orang-orang yang belum mengetahui bunga yang satu ini. Baik itu bentuk atau wujudnya, hingga khasiat yang dimilikinya. Maka dari itu, berikut ini sedikit ulasannya mengenai bunga wijaya kusuma.

1. Mitos Bunga Wijaya Kusuma

Zaman dahulu, bunga wijaya kusuma termasuk salah satu tanaman hias yang langka. Karena bunga yang satu ini hanya dimiliki dan ditanam oleh orang-orang di kalangan keraton maupun kalangan masyarakat menengah ke atas.

Bunga wijaya kusuma (Epiphyllum anguliger) sering disebut dengan “Ratu Malam”. Hal ini lantaran bunganya hanya mekar semerbak pada malam hari saja dengan waktu yang terbilang jarang. Untuk spesies tertentu, bunga wijaya kusuma bahkan hanya mekar setahun sekali saja.

Ada banyak mitos yang beredar mengenai bunga wijaya kusuma. Mengutip dari berbagai sumber, bunga yang satu ini dikatakan bisa membawa keberuntungan. Konon, barang siapa melihat bunga ini mekar pada malam hari, maka akan mendapatkan keberuntungan.

Selain itu, banyak juga yang mempercayai bunga wijaya kusuma sebagai tanaman kesayangan Nyi Roro Kidul. Asumsi ini muncul karena kepercayaan masyarakat Jawa yang menjadikan bunga wijaya kusuma sebagai sesajen bagi sang ratu pantai selatan.

Bunga wijaya kusuma juga dipercaya mampu mengangkat derakat orang. Karena dulunya bunga ini sering digunakan oleh para raja dan ratu. Di kalangan keraton Solo dan Yogyakarta, bunga wijaya kusuma bahkan dijadikan syarat bagi seorang raja yang akan naik takhta.

2. Manfaat Kesehatan dari Bunga Wijaya Kusuma

Foto: worldofsucculents

Selain memikat dengan kecantikannya, bunga wijaya kusuma nyatanya juga memiliki manfaat yang bagus bagi kesehatan. Kamu bisa memanfaatkannya untuk menyembuhkan berbagai masalah kesehatan.

Hal ini lantaran di dalam bunga wijaya kusuma mengansung banyak sekali nutrisi yang bagus, seperti protein, asam lemak, dan berbagai vitamin.

Selain itu juga mengansung saponin, streroid, senyawa fenolik, tanin, glikosida, terpenoid, dan resin. Bunga wijaya kusuma biasanya dimanfaatkan untuk kebutuhan kesehatan berikut ini:

  • Mengatasi radang tenggorokan
  • Mengobati asma
  • Mengobati bisul
  • Membantu menyembuhkan batuk
  • Sebagai sumber antioksida tubuh
  • Menetralkan penyumbatan darah
  • Sebagai obat jerawat yang alami
  • Membantu menyembuhkan luka

Itu tadi sedikit informasi mengenai bunga wijaya kusuma. Mulai dari mitos, berikut dengan manfaatnya bagi kesehatan. Terlepas dari mitosnya itu tadi, bunga wijaya kusuma merupakan bunga yang sangat cantik dan bisa menjadi salah satu koleksi bagi pecinta tanaman hias.