Punya Banyak Khasiat, Ini Manfaat Bunga Wijaya Kusuma dan Cara Konsumsinya

Rabu, 27 Juli 2022 | 14:30:00

Punya Banyak Khasiat, Ini Manfaat Bunga Wijaya Kusuma Dan Cara Konsumsinya

Ilustrasi Bunga Wijaya Kusuma (Special)

Ladiestory.id - Bunga Wijaya Kusuma menjadi salah satu tanaman yang tak hanya harum, namun juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bunga ini dikenal sebagai tanaman istimewa karena memiliki keunikan yang hanya mekar dan menyebarkan aroma wangi selama semalam.

Dalam sebuah mitos yang cukup terkenal, bungan ini dipercaya bisa membawa rejeki bagi orang yang memeliharanya. Hal ini diperkuat karena bunga ini sebagai lambang kemakmuran bagi kerajaan dan memiliki makna yang romantis.

Berikut manfaat bunga wijaya kusuma yang baik untuk kesehatan.

Sesak Nafas

Ilustrasi saat sesak nafas dan nyeri dada (Orami )

Tak hanya mitos yang beredar, selain memiliki keunikan, bunga ini juga punya segudang manfaat bagi kesehatan. Salah satunya sebagai obat atasi asma dan sesak nafas. Senyawa kimia yang terkandung dalam bunga ini diklaim dapat mengatasi asma jika dikonsumsi secara teratur.

Cara penyajiannya, bunga wijaya kusuma sebagai obat asma adalah dengan mencuci bunga segar 3-5 kuntum dan tambahkan gula serta air secukupnya. Kemudian, rebus hingga air mendidih dan saring air rebusan tersebut. Setelah air dingin, kamu bisa meminumnya rutin dua kali sehari.

Radang Tenggorokan

Ilustrasi radang tenggorokan. (Ladiestory.id)

Bunga ini juga memiliki khasiat untuk mengatasi masalah radang pada tenggorokan. Cara penyajiannya mirip seperti poin di atas. Jadi kamu harus rutin minum air rebusannya agar meredakan radang tenggorokan.

Tanaman ini memiliki cita rasa mirip mint yang menyegarkan. Hal inilah yang menjadi alasan bunga ini baik untuk meringankan gejala yang ditimbulkan radang tenggorokan.

Nyeri pada Lambung

Ilustrasi perempuan sakit perut. (Special)

Bunga ini memiliki rasa yang sejuk dan ph yang netral. Oleh sebab itu, bunga baik untuk mengatasi nyeri lambung yang sering terjadi karena mengonsumsi makanan asam ataupun pedas.

Mengobati Batuk

Ilustrasi orang batuk, (Ladiestory.id)

Banyak orang percaya dengan manfaat bunga ini sebagai obat batuk. Kamu dapat mengeringkan dan merebus bunga ini. Setelah itu, airnya dapat kamu minum. Jika rutin meminumnya, akan dapat meredakan peradangan bagi yang memiliki serangan batuk, sesak napas atau asma. Biasanya ekstrak bunga ini dapat diminum 2 kali dalam sehari.

Mengatasi Jerawat

Ilustrasi jerawat (Ladiestory.id)

Selain untuk kesehatan, bunga ini juga memberi banyak manfaat untuk kecantikan. Salah satunya mengatasi masalah Jerawat yang sering kali susah untuk disembuhkan.

Bunga wijaya kusuma memiliki aktivitas antimikroba dalam ekstrak bunganya yang dapat mengandung petroleum eter, aseton, dan ethanol.

Obat alternatif penyakit TBC

Ilustrasi Batuk Berdahak TBC. (Ladiestory.id)

 

TBC atau tuberkulosis merupakan penyakit serius yang memiliki gejala seperti batuk berdahak dan perlu diatasi agar tidak mengakibatkan risiko yang membahayakan bagi penderitanya. Bunga wijaya kusuma ini dipercaya dapat mengobatinya. Caranya, yaitu dengan siapkan 3-5 kuntum bunga dan tambahkan air kurang lebih 3 gelas. Kemudian masukan juga gula aren 15 gram, rebus hingga air menyusut sekitar satu gelas dan minum saat air dingin sebanyak dua kali dalam sehari.

s