Terbukti Ampuh, Ini 5 Cara Mengatasi Sakit Maag dengan Aman dan Mudah

Rabu, 22 September 2021 | 09:10:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Terbukti Ampuh, Ini 5 Cara Mengatasi Sakit Maag dengan Aman dan Mudah

Foto: Ladiestory.id

Maag merupakan penyakit kronis yang tak jarang disepelekan oleh penderitanya. Karena itu, banyak orang yang tak peduli bagaimana cara mengatasi maag yang tepat hingga sampai akhirnya penyakit mereka pun semakin parah.

Padahal, sama seperti penyakit lainnya, maag juga bisa berbahaya dan mematikan penderitanya. Gejala maag tak beda dengan sakit perut biasa. Tapi bila dibiarkan berlarut-larut, akan makin memperburuk kondisi lambung.

Cara Mengatasi Sakit Maag dengan Aman dan Mudah

Mulai kini, jangan sepelekan sakit maag, bila maag menyerang, kamu bisa lakukan hal dibawah ini untuk mengatasinya.

1. Jangan Makan Makanan Pedas dan Asam

Foto: Ladiestory.id

Sebagian besar orang yang memiliki sakit maag tidak mengetahui bahwa makanan pedas dan asam dapat memperburuk sakit yang dirasakan. Makanan pedas, terutama yang mengandung capsaicin bisa memperburuk penyakit maag karena dapat merusak lapisan perut dan lambung.

Lambung yang terluka bukan hanya akan memperburuk maag yang dirasakan, dan juga membuat rasa sakit di area perut semakin meningkat. Karena itu hindari makanan pedas dan asam agar maag tidak kambuh.

2. Kurangi Makanan Berlemak

Makanan berlemak juga bisa musuh bagi penderita maag, karena lambung akan  kesulitan mengolahnya. Sehingga sakit maag akan mudah muncul dan memperburuk kondisi gejala maag,

3. Makan dengan Porsi Sedikit

Foto: Ladiestory.id

Penyakit maag seringkali kambuh karena kebiasaan atau pola makan yang tidak teratur. Semakin tidak teratur makan, maka akan semakin parah pula kondisi maag yang dirasakan dan bisa berubah jadi maag kronis. Untuk mengatasinya agar tidak kambuh-kambuh, kamu perlu memperbaiki pola makan dengan teratur.

Kamu tak perlu makan dalam porsi yang banyak pada sekali waktu makan. Tapi cobalah makan tepat waktu dengan porsi yang sedikit sehingga kamu bisa makan sedikit lebih sering dari biasanya. Jangan lupa pula makan dengan cara perlahan dan mengunyah makanan dengan baik agar meringankan kinerja lambung.

4. Konsumsi Buah Alpukat dan Pisang

Cara lainnya untuk mengatasi sakit maag adalah dengan banyak konsumsi buah alpukat dan pisang. Buah alpukat  mengandung senyawa penting yang bisa  mengobati sakit  maag.

Senyawa tersebut  bisa membantu proses regenerasi sel-sel pada dinding lambung yang terluka agar segera pulih. Akan lebih baik hasilnya bila kamu konsumsi alpukat dalam bentuk jus. 

Selain buah alpukat, kamu juga bisa konsumsi pisang untuk mengatasi sakit maag yang menyerang. Pisang memiliki banyak khasiat karena kandungannya yang sangat baik.

Pisang juga terbukti ampuh dalam mengatasi sakit maag, hal ini lantaran pisang  mempunyai  kadar pH 5,6 yang mendekati  pH normal. Kadar pH tersebut bisa membantu memperbaiki sakit maag yang kambuh dengan cara menetralisir asam lambung.

5. Konsumsi Permen Karet

Foto: Ladiestory.id

Mungkin terlihat aneh ya, Ladies, tapi percaya tidak percaya, permen karet juga bisa mengurangi gejala maag dengan signifikan, lo. Ketika sakit maag menyerang, maka kadar asam lambung akan makin tinggi dan menyebabkan rasa sakit bagi penderitanya.

Dengan mengunyah permen karet bisa membantu meningkatkan produksi air liur yang mampu menetralkan kadar asam pada lambung, sehingga kondisi perut menjadi lebih baik.

Itulah 5 cara mengatasi sakit maag yang kerap kali menyerang siapapun. Jadi jangan sepelekan sakit maag ya ladies, atasi dengan mudah dan alami seperti cara di atas. Semoga bermanfaat.