Bye BlackBerry! Ini Produk Pertamanya Di Dunia, Kamu Punya?

Kamis, 6 Januari 2022 | 19:50:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Bye Blackberry! Ini Produk Pertamanya Di Dunia, Kamu Punya?

Ilustrasi Hp BlackBerry. (Special)

Ladiestory.id - BlackBerry secara resmi menyatakan mematikan seluruh sistem operasinya. Hal ini disampaikan pada Selasa (4/1/2022). Dengan adanya pernyataan tersebut, otomatis semua layanan dalam smartphone BlackBerry tidak dapat digunakan. Baik itu berupa panggilan telepon, pengiriman pesan, menerima data atau bahkan menghubungi nomor darurat.

Sebelumnya, BlackBerry sempat menyatakan akan mematikan semua layanannya namun nyatanya beberapa perangkat masih bisa digunakan. Baru kali ini BlackBerry dengan serius mematikan seluruh sistem operasinya. BalckBerry memang telah lama vakum dan berhenti produksi. Puncaknya pada 2019, BlackBerry menghentikan layanan andalan mereka yaitu BlackBerry Messenger (BBM).

BlackBerry pernah mencapai puncak kejayaan pada 10 tahun lalu. Ponsel keluaran BlackBerry pernah sangat diminati oleh masyarakat. Sebelum akhirnya kalah saing dengan ponsel pintar berbasis android dan iphone.

Sejarah BlackBerry

Ilustrasi berbagai tipe BlackBerry. (Special)
Ilustrasi berbagai tipe HP BlackBerry. (Special)

BlackBerry merupakan smartphone yang diproduksi oleh Research in Motion (RIM). Perusahaan RIM pertama kali didirikan pada Maret 1984. Pendirian RIM diprakarsai oleh Mike Lazaridis dan Douglas Fregin. Keduanya merupakan mahasiswa teknik asal Kanada. Lazaridis ketika itu masih menempuh pendidikan di fakultas teknik Universitas Waterloo, sementara Fregin menempuh pendidikan di fakultas teknik Universitas Windsor.

Pada awal pendiriannya, RIM merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan teknologi data nirkabel. RIM merupakan perusahaan pertama di Amerika Utara yang bergerak di bidang tersebut. Selain itu, RIM juga merupakan perusahaan pertama yang mengembangkan konektivitas seperti modem dan pager di wilayah non-Skandinavian.

RIM berusaha untuk terus berbenah dan mengembangkan diri. Hingga akhirnya menjadi perusahaan pertama yang menciptakan kotak konverter protokol dihubungan dengan terminal point of sale sehingga terbentuklah suatu jaringan nirkabel.

Keberhasilan RIM tersebut akhirnya menarik minat investor konstitusional dan ventura Kanada untuk turut serta membiayai proyek pengembangan perangkat keras dan lunak milik RIM.

Produk Pertama BlackBerry

Ilustrasi BlackBerry 850. (Special)
Ilustrasi BlackBerry 850. (Special)

RIM pertama kali mengenalkan perangkat BlackBerry ke publik pada 19 Januari 1999. Perangkat yang diperkenalkan tersebut diberi nama BlackBerry 850 dan diperkenalkan secara khusus pada sebuah acara di Munchen, Jerman. Nama BlackBerry dipilih oleh RIM karena susunan tombol pada perangkat tersebut menyerupai buah rubus atau yang dikenal dengan blackberry.

Pada awal kemunculannya, perangkat yang diproduksi oleh RIM tersebut bukan merupakan smartphone. BlackBerry 850 merupakan sebuah pager yang bisa digunakan untuk komunikasi dua arah, misalnya untuk berkirim pesan (SMS). Meskipun demikian, ketika itu produk BlackBerry 850 merupakan pager terobosan baru dengan teknologi yang canggih. Umumnya, ketika itu pager yang beredar di masyarakat hanya dapat digunakan untuk komunikasi satu arah. Hanya bisa digunakan untuk menerima pesan tanpa bisa membalas pesan tersebut.

Kemunculan produk tersebut mendapatkan sambutan yang baik dari publik. Perusahaan RIM terus berbenah dan mengembangkan riset untuk membuat terobosan baru, menyempurnakan produk sebelumnya. Hingga akhirnya pada 2002, RIM merilis produk barunya yang mendukung jaringan GSM dan juga GPRS yang diberi nama BlackBerry 5810.

Peluncuran produk baru tersebut yang menjadi cikal bakal kesuksesan BlackBerry. BlackBerry selalu berinovasi meluncurkan produk-produk terbaru mereka. Mereka berusaha bangkit di kala himpitan menjamurnya smartphone berbasis android ataupun iphone. Hingga akhirnya mereka harus kalah dan mengakui keunggulan ponsel-ponsel pintar tersebut.