Car Free Day Jakarta Kembali Dibuka, Masyarakat Wajib Pindai QR Code PeduliLindungi

Minggu, 22 Mei 2022 | 15:00:00

Monica Dameria

Penulis : Monica Dameria

Car Free Day Jakarta Kembali Dibuka, Masyarakat Wajib Pindai Qr Code Pedulilindungi

Ilustrasi Kegiatan Olahraga. (Special)

Ladiestory.id - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk membuka kembali kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau kerap disebut Car Free Day (CFD) mulai hari ini, Minggu (22/5/2022). Kegiatan ini diizinkan kembali usai dua tahun ditiadakan lantaran pandemi Covid-19.

Diketahui, Car Free Day mulai ditutup sejak 11 Maret 2020 saat awal pandemi Covid-19 muncul di Indonesia. Kegiatan ini sempat dibuka pada Juni 2020, tetapi antusias masyarakat yang tinggi membuat pemerintah mengevaluasi kembali.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan bahwa CFD hanya boleh dilakukan untuk kegiatan olahraga. Ia memastikan tidak ada kegiatan partisipan lain dan pedagang kaki lima yang berpotensi membuat kerumunan.

“HBKP terbatas boleh dilakukan hanya untuk kegiatan olahraga,” kata Syafrin Liputo.

Masyarakat Wajib Patuhi Protokol Kesehatan

Kegiatan CFD kali ini tentunya berbeda dari tahun sebelumnya lantaran terdapat beragam syarat protokol kesehatan yang diberlakukan. Salah satunya, diwajibkan menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk seluruh masyarakat yang ingin beraktivitas di area CFD.

Pihak Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah menyiapkan QR Code agar masyarakat dapat masuk ke area CFD. Di Bundahan HI sendiri ditempatkan QR Code di Jalan Imam Bonjol, Jalan Kebon Kacang Raya dari arah Mal Grand Indonesia, di depan Hotel Kempinski, dan di sekitar Halte TransJakarta Tosari.

Tak hanya itu, QR Code Aplikasi PeduliLindungi juga ditempatkan di beberapa titik yang menghubungkan Jalan Sudirman, yakni Dukuh Bawah, Teluk Betung, serta di sejumlah halte dan stasiun MRT Jakarta.

Syafrin Liputo mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap membawa masker. Meski pemerintah pusat telah melonggarkan aturan penggunaan masker di area terbuka, Syafrin tetap meminta membawa agar mengantisipasi keramaian pengunjung.

“Kami imbau untuk tetap membawa masker untuk digunakan saat suasana sangat ramai,” ujar Syafrin Liputo.

Car Free Day ini berlangsung setiap Minggu mulai pukul 06.00 hingga 10.00 WIB.

s