5 Cara Ajarkan Anak Agar Hormat Pada Orang Tua

Rabu, 31 Agustus 2022 | 22:30:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Cara Ajarkan Anak Agar Hormat Pada Orang Tua

Ilustrasi Mengajarkan Anak Menghormati Orang Tua. (Pinterest)

Ladiestory.id - Menjadi orang tua tentunya perlu pembinaan khusus untuk mendisiplinkan anak agar bisa patuh dan hormat kepada yang lebih tua. Setiap orang tua tentunya menginginkan anaknya tumbuh menjadi pribadi yang baik, sopan dan menyenangkan.

Menghormati orang tua perlu diajarkan kepada anak sedari kecil. Hal ini pun tentunya akan menjadi bekal anak hingga ia tumbuh dewasa. Tak hanya menghormati orang tua, tentunya pun ia bisa menghormati orang-orang di sekitarnya. Hal ini bertujuan untuk menciptakan rasa hormat, patuh, bentuk kasih sayang dan berterima kasih kepada orang tua ataupun orang yang lebih tua dari usianya.

Dengan saling menghormati, maka akan timbul sifat harmonis dan kehangatan dalam keluarga dan juga anak. Berikut 5 cara yang bisa orang tua ajarkan kepada anak untuk menghormati orang tuanya.

Tumbuhkan Sikap Sopan dan Santun

Tumbuhkan Sikap Sopan dan Santun. (Pinterest)

 

Sejak kecil anak harus diajarkan untuk bersikap sopan dan santun kepada orang tuanya. Salah satu hal yang bisa orang tua lakukan ialah dengan menumbuhkan tata krama yang baik dalam keluarga.

Caranya bisa dengan mempraktikkan atau membiasakan untuk mengucapkan kata “tolong” dan juga di akhiri dengan “terima kasih” ketika anak sedang membutuhkan atau meminta bantuan kepada orang lain.

Selain itu, anak juga bisa diajarkan untuk bersalaman dan bersikap santun jika bertemu dengan orang yang lebih tua, tidak memotong pembicaraan orang tua, serta ajarkan mereka untuk tidak bersikap kasar.

Tentunya, hal sederhana yang dapat berdampak pada etika dan perilaku anak menjadi baik dapat diajarkan sejak usia dini. Sehingga, harapannya sikap ini dapat ia bawa hingga dewasa.

Ciptakan Komunikasi yang Hangat dan Baik

Ciptakan Komunikasi yang Hangat dan Baik. (Pinterest)

Siapa pun pasti setuju jika anak adalah peniru yang baik. Bahkan, mereka tak segan untuk meniru apa pun yang dilakukan oleh orang-orang di sekitarnya.

Maka dari itu, ajarkanlah anak tentang adab, komunikasi dan juga perilaku baik yang bisa ia tiru dan tanamkan dalam diri. Hal ini akan menumbuhkan kepribadian anak menjadi lebih baik.

Orang tua juga perlu mengajarkan anak terkait bahasa dan komunikasi yang sopan atau baik sehingga anak bisa memahami dan mencerna makna dari setiap kata yang dikeluarkan. Orang tua juga bisa menggunakan bahasa yang baik dan lemah lembut dalam keseharian agar anak pun bisa meniru perilaku tersebut.

Tumbuhkan Sikap Toleransi

Tumbuhkan Sikap Toleransi. (Pinterest)

Dalam mendiidik anak, tentunya tidak berjalan dengan mulus-mulus saja. Perlu didikan ekstra agar anak mudah memahami dan bisa tumbuh menjadi pribadi yang baik serta hormat kepada orang tuanya.

Orang tua juga perlu menumbuhkan sikap toleransi agar bisa mendengar dan menerima masukan dari anaknya. Apabila ada hal atau sudut pandang yang berbeda, maka hal ini dapat dikomunikasikan dengan baik sehingga timbul komunikasi dua arah yang baik pula.

Orang tua pun harus memahami kondisi anak bahwa tidak semua anak bisa belajar sopan santun secara instan.

Habiskan Waktu Bersama Keluarga

Habiskan Waktu Bersama Keluarga. (Pinterest)

Agar anak menghormati kedua orang tuanya, maka perlu waktu kebersamaan untuk saling menghormati dan menghargai keberadaan mereka.

Luangkanlah waktu bersama agar terciptanya rasa hormat, hubungan yang harmonis serta keintiman dalam keluarga. Hal ini pun tentunya akan mempererat hubungan dan tali silaturahmi keluarga.

Jaga Nama Baik Keluarga

Jaga Nama Baik Keluarga. (Pinterest)

Salah satu cara menghormati keluarga selanjutnya ialah dengan mengajarkan anak untuk menjaga nama baik keluarga mau pun orang tuanya. Orang tua juga perlu membimbing anak untuk berbuat baik, hormat dan sopan santun kepada semua orang.

Dengan cara ini, anak pun akan lebih menghargai dan menghormati kedua orang tuanya. Karena ia memahami bahwa dirinya adalah cerminan dari keluarganya.