Tak Semangat Hadapi Senin? Lakukan 6 Cara Atasi Monday Blues Ini!

Senin, 24 Januari 2022 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Tak Semangat Hadapi Senin? Lakukan 6 Cara Atasi Monday Blues Ini!

Ilustrasi monday blues. (Special)

Ladiestory.id - Monday blues adalah perasaan tidak semangat, cemas, bosan, bahkan tegang  yang dialami seseorang dalam menyambut Senin. Hal ini dikarenakan, Senin adalah awal memulainya kembali rutinitas bekerja setelah melewati akhir pekan dengan liburan yang menyenangkan.

Monday blues yang dialami seseorang biasanya karena Ia tidak siap menghadapi rutinitas pekerjaannya kembali. Bila Kamu mengalami Monday Blues, berikut Ladiestory.id merangkum cara mengatasinya, agar Kamu lebih bersemangat menghadapi Senin.

1. Jalani Rutinitas yang Sama pada Akhir Pekan

Ilustrasi orang baru bangun tidur. (Special)

Salah satu penyebab Kamu tidak suka dengan Senin karena adanya perubahan pola hidup pada akhir pekan dengan hari kerja. Misalnya, pada akhir pekan Kamu tidur larut malam dan bangun lebih siang dari hari kerja. Kemudian pola itu berubah lagi saat harus menghadapi Senin. 

Itulah yang membuat ritme tubuhmu jadi terganggu, sehingga merasa lebih capek pada pagi harinya. Saat capek, Kamu jadi lebih mudah merasa terganggu. Bukan berarti Kamu tak boleh santai di akhir pekan, ya. Namun, cobalah untuk seimbang sehingga Kamu bisa jalani rutinitas dengan baik selama tujuh hari dalam seminggu.

2. Buatlah Siklus Tidur yang Teratur

Ilustrasi orang sedang tidur. (Special)

Tidur yang tidak berkualitas akan berpengaruh terhadap Senin pagi. Hal ini pun dapat mengakibatkan cemas bahkan depresi. Jadi, pastikan Kamu memiliki siklus tidur dan bangun yang teratur di akhir pekan. Kamu tak perlu benar-benar tepat saat bangun di waktu yang sama. Tapi, hindari tidur 1 hingga 2 jam lebih larut dari hari biasanya.

3. Siapkan Tenaga dan Pikiran untuk Tugas Penting

Ilustrasi perempuan sedang bekerja di rumah. (Special)

Melepaskan diri sepenuhnya dari pekerjaan di akhir pekan memang ideal, tapi hal itu tidak realistis. Jika Kamu tahu ada setumpuk pekerjaan di hari kerja, coba pertimbangkan untuk meluangkan 1 hingga 2 jam di akhir pekan untuk mengurus pekerjaan.

Hal ini akan membuat beban pada Senin atau hari kerja lainnya akan berkurang. Pastikan tetap optimalkan waktu rileks Kamu supaya tidak mengalami burnout.

4. Tulis Target yang Ingin Kamu Capai

Ilustrasi menulis target yang ingin di capai. (Special)

Jika selama ini Kamu tidak suka menghadapi Senin dan menganggapnya sebagai sesuatu yang berat. Cobalah untuk membangun kebiasaan baru yang positif. Seperti menuliskan pencapaian dan target Kamu di masa depan, lakukan ini selama 30 menit saat Kamu memulai aktivitas dipagi hari. 

Hal ini dapat bantu Kamu memikirkan sesuatu untuk pencapaian yang lebih besar. Cara ini pu  bisa mengatur bagaimana caranya untuk  mencapai target-target tersebut.

5. Lakukan Perubahan

Ilustrasi membuatkan sarapan. (Special)

Daripada terus menerus memikirkan tumpukan pekerjaan pada Senin, coba pikirkan apa yang dapat Kamu lakukan untuk orang lain supaya Senin terasa lebih bermakna. Hal ini bisa menghilangkan kekhawatiran dan ketegangan terhadap diri sendiri.

Salah satu hal yang bisa Kamu lakukan adalah dengan membuatkan sarapan untuk pasangan dan anak-anak saat bangun tidur atau sekadar ngobrol dengan teman sebelum menjalani meeting pagi.

6. Cari Tahu Penyebab dari Monday Blues

Ilustrasi tempat kerja. (Special)

Kadang, Monday blues adalah tanda Kamu tidak suka atau tidak sreg dengan pekerjaan atau sistem yang berlaku di tempat kerja. Jadi, cobalah cari tahu sumber dari kecemasan yang Kamu rasakan.

Misalnya, karena Kamu tidak suka dengan aturan perusahaan, tidak suka dengan sistem kerjanya, rekan kerja yang tidak asyik atau tidak bisa diajak kerja sama, atau alasan lainnya yang membuat Kamu mengalami monday blues. Jika memang ada, sebaiknya bicarakan secara individu agar masalah terselesaikan.