5 Cara Belajar Efektif ala Maudy Ayunda, Mudah Ditiru!

Jumat, 29 Juli 2022 | 23:45:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Cara Belajar Efektif  Ala Maudy Ayunda, Mudah Ditiru!

Maudy Ayunda. (Special)

Ladiestory.id - Maudy Ayunda dikenal sebagai sosok artis multitalenta. Tak hanya sukses di dunia hiburan namun juga di dunia pendidikan. Ia sempat menghebohkan masyarakat Indonesia ketika galau menentukan pilihan universitas untuk jenjang pendidikan S2-nya. Dalam posting-an Instagramnya, Maudy menunjukkan pilihan program S2 Pendidikan di Harvard University atau Administrasi Bisnis di Stanford University.

Setelah melewati berbagai pertimbangan, ia pun memutuskan untuk melanjutkan di Stanford University. Maudy sendiri pun telah berhasil lulus dalam waktu dua tahun dengan dua gelar pada jurusan berbeda, Administrasi Bisnis dan Pendidikan.

Hal inilah yang membuat sosok Maudy menjadi inspirasi dalam terus semangat belajar. Banyak anak muda yang penasaran dengan cara belajar Maudy Ayunda hingga menempuh tingkat S2. Sebab, kala itu ia juga tetap aktif di dunia hiburan dan  berbagai kegiatan kampus.  Lalu, seperti apa cara belajar efektif ala Maudy Ayunda? Berikut ulasannya, Ladies.

Pahami Konsep Materi

Maudy Ayunda. (Special)

Bagi Maudy, sangat penting ketika belajar untuk memahami konsep. Seorang siswa perlu mengetahui bahwa belajar tidak hanya untuk menghafal. Namun, juga perlu memahami konsep dari sebuah materi.

Sebab, jika hanya menghafal tanpa mengerti inti dari apa yang dipelajari, maka hanya akan terus mengulang materinya. Hal tersebut hanya akan membuat waktu belajar habis begitu saja.

Fleksibel dan Adaptif

Maudy Ayunda. (Special)

Menyesuaikan diri dengan lingkungan baru merupakan cara Maudy Ayunda dalam belajar. Sebab, hal tersebut dapat membantu dalam mempelajari hal-hal baru.

Ketika memasuki lingkungan baru, kamu harus lebih aktif bersosialisasi untuk menemukan berbagai pengalaman, serta teman baru yang dapat membantumu dalam berbagai hal di masa depan. Selain itu, menjadi lebih fleksibel juga akan memudahkan kamu mengikuti perkembangan lingkungan ke arah positif.

Baca dan Tulis Materi

Maudy Ayunda. (Special)

Sudah bukan rahasia lagi, Maudy dikenal sebagai salah satu artis yang menyukai membaca buku. Kebiasaan tersebutlah yang dapat membantu seseorang dalam memperdalam ilmunya.

Selain itu, membaca buku dapat memperluas  wawasan dan memudahkan kamu dalam beradaptasi. Selain membaca, kemampuan menulis yang baik juga dibutuhkan untuk membuat berbagai artikel maupun hasil penelitian. Kemampuan menulis juga dapat membantumu dalam mendaftar beasiswa atau mengikuti lomba.

Koreksi Hasil Ujian

Maudy Ayunda. (Special)

Biasanya, ketika selesai ujian siswa akan lebih terbiasa untuk melupakan atau menyimpan saja hasil ujiannya. Padahal, hasil ujian yang telah dikerjakan dapat menjadi gerbang belajar, lho. Sebab, dari situlah kamu dapat mempelajari materi yang masih kurang dikuasai dan melakukan sistem learning by mistake.

Caranya, perhatikan jawabanmu yang salah. Kemudian, koreksi dan cari tahu mengapa jawabanmu dianggap salah sehingga dengan demikian kamu akan mengetahui jawaban yang benar. Harapannya,  ke depannya kamu tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.

Jangan Lupa, Study Life Balance

Maudy Ayunda. (Special)

Ketika belajar, pasti akan muncul rasa ambisi yang membara. Fokus pun menjadi meningkat dan berbagai rencana akan dikejar hingga tercapai. Namun, kamu juga harus ingat untuk menikmati hidup dengan melakukan hobi.

Seimbangkan kegiatan akademismu dengan kehidupan secara personal. Hal ini menjadi penting karena kamu akan terhindar dari stres. Selain itu, ketika melakukan hobi, mood akan lebih terjaga dan dapat menjadikan kamu lebih siap menyerap ilmu ketika memulai kehidupan sekolah lagi.

Itulah 5 cara belajar efektif ala Maudy Ayunda yang mudah untuk ditiru. Kamu pun bisa menerapkannya dalam kehidupan sekolah mau pun kuliah. Selamat mencoba ya!

s