Bebas Lendir, Begini 7 Cara Efektif Mengolah Okra

Jumat, 10 Februari 2023 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Bebas Lendir, Begini 7 Cara Efektif Mengolah Okra

Cara mengolah okra. (Special)

Ladiestory.id - Mengolah okra ternyata tidak mudah. Perlu cara khusus untuk menghilangkan lendir agar bisa dimasak menjadi hidangan yang lezat. Okra merupakan salah satu jenis polong yang dapat diolah menjadi aneka masakan. Memiliki rasa yang cukup ringan, okra bisa dipadukan dengan berbagai jenis bumbu.

Dari segi kesehatan, okra mengandung banyak mineral seperti kalium, fosfor, dan magnesium. Selain itu, okra juga kaya akan vitamin A, B, C, hingga K yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Lalu bagaimana cara mengolah okra yang tepat? Simak selengkapnya ulasan di berikut ini.

Pilih Kualitas Okra

Cara mengolah okra. (Special)

Cara mengolah okra yang pertama adalah dimulai dari pemilihan kualitas okra yang baik. Okra yang baik tentu masih dalam kondisi segar, biasanya berukuran sekitar 5-10 cm.

Pilih okra yang masih muda dengan ciri-ciri warna hijau muda atau hijau terang. Okra muda memiliki rasa yang lebih enak dibandingkan dengan okra yang sudah tua.

Selain itu, kualitas okra juga bisa dilihat dari permukaan kulitnya. Pilih okra dengan permukaan kulit yang mulus, dan tidak berkerut. Kulit okra yang mulus menandakan okra masih dalam kondisi yang segar dengan tekstur lembut dan renyah.

Perhatikan Cara Mencuci Okra

Cara mengolah okra. (Special)

Seperti jenis sayur pada umumnya. Sebelum mengolah okra, tentu kamu harus mencucinya terlebih dulu. Cuci okra dengan air bersih yang mengalir untuk menghilangkan kotoran yang menempel.

Penting untuk diketahui, setelah dicuci, pastikan okra langsung dimasak. Sebab, okra yang dicuci dan tidak segera dimasak akan mengeluarkan banyak lendir dan cenderung mudah busuk. Jadi, pastikan setelah dicuci okra bisa langsung dimasak agar tetap segar dan renyah.

Potong Okra dengan Tepat

Cara mengolah okra. (Special)

Banyak orang yang memotong okra sampai terlihat bagian dalam atau bijinya. Hal ini dapat menyebabkan okra semakin berlendir saat dimasak. Oleh sebab itu, jika kamu ingin memotong okra, cukup potong bagian ujungnya saja yang sudah kecoklatan.

Rendam Okra dengan Cuka

Cara mengolah okra. (Special)

Cara paling efektif untuk menghilangkan lendir yang terdapat pada okra adalah dengan merendam okra menggunakan larutan cuka. Sebelum dimasak, rendam okra ke dalam larutan cuka sekitar 10-15 menit. Lalu, cuci dengan air sampai bersih. Tiriskan di atas tisu lanjutkan untuk segera memasaknya.

Masak dengan Kondisi Utuh

Cara mengolah okra. (Special)

Berikutnya, cara mengolah okra agar tidak berlendir yaitu dengan memasaknya dalam kondisi utuh. Cuci bagian permukaan kulit okra dari bulu-bulu. Lalu, potong bagian ujungnya sedikit agar biji tidak terbuka. Hindari memotong okra dengan posisi melintang, agar tidak mengeluarkan banyak lendir.

Gunakan Api Besar

Cara mengolah okra. (Special)

Saat memasak okra dengan cara menumis, jangan lupa gunakan api besar. Sebab, penggunaan api yang kecil bisa membuat okra layu dan mengeluarkan banyak lendir.

Pastikan memasak menggunakan api yang besar sekitar 10-15 menit, aduk secara merata untuk mendapatkan tekstur yang renyah dan crunchy. Berikutnya, usahakan untuk tidak menutup panci atau wajan saat memasak, agar okra tidak berubah warna.

Jangan Masak Terlalu Lama

Cara mengolah okra. (Special)

Banyak orang berpikir memasak okra dalam waktu yang lama dapat membuat rasanya jauh lebih enak. Faktanya, okra yang dimasak terlalu lama bisa mengubah tekstur okra menjadi lembek sehingga memicu banyak lendir yang keluar. 

Apapun cara memasaknya, baik ditumis, dipanggang, atau di sayur dalam bentuk kuah, usahakan okra dimasak dalam waktu yang singkat. Jika kamu ingin mencampur okra dengan bahan lain, masak okra pada urutan terakhir untuk mempertahankan teksturnya. Selamat mencoba ya, Ladies.