Semangat Sambut Pagi, Terapkan 5 Cara Ini Biar Jadi Morning Person

Sabtu, 12 November 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Semangat Sambut Pagi, Terapkan 5 Cara Ini Biar Jadi Morning Person

Ilustrasi orang bangun pagi. (Special)

Ladiestory.id - Apakah kamu ingin mengubah kebiasaan buruk menjadi jauh lebih baik? Salah satu kebiasaan yang bisa kamu ubah adalah menjadi morning person, agar mampu mengawali hari lebih bersemangat.

Walaupun memulai kebiasaan menjadi morning person tidak mudah, kamu tetap harus berusaha mencobanya. Pasalnya, menjadi morning person memiliki beberapa manfaat, seperti lebih bersemangat menjalani hari dan bisa meningkatkan produktivits.

Jika kamu ingin mengubah kebiasan dari night owl menjadi early bird, Ladiestory.id telah merangkum lima cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadi morning person dan bersemangat menjalani hari.

Ubah Waktu Istirahat

Ilustrasi tidur. (Special)

Cara memulai untuk menjadi morning person ialah dengan mengubah waktu istirahatmu. Jika biasanya kamu akan sulit tidur di malam hari dan lebih nyaman tidur di pagi atau siang hari, maka mulai sekarang kamu harus mengubah kebiasaan buruk ini dengan mengubah waktu tidurmu menjadi lebih baik. Biasakan untuk mengubah waktu istirahatmu menjadi lebih awal dari biasanya yakni 15 atau 20 menit lebih awal dari sebelumnya. Jika kamu terbiasa tidur tengah malam, maka nggak ada salahnya jika kamu mengubah jam tidurmu menjadi lebih awal seperti pukul 21.00 malam. Kamu juga bisa mengatur jadwal istirahatmu berulang-ulang setiap harinya, cara ini dipercaya ampuh untuk menyesuaikan jam tidurmu agar menjadi lebih baik.

Hentikan Kebiasaan Buruk di Malam Hari

Ilustrasi main HP. (Special)

Agar kamu bisa menjadi morning person yang bersemangat, maka kamu juga harus menghentikan atau mengurangi kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan di malam hari Misalnya, mengurangi kebiasaan menonton serial drama maraton hingga larut malam, istirahat dari berselancar di media sosial, hingga kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat.

Usahakan untuk tidur lebih awal dan dapatkan waktu istirahat yang berkualitas sebanyak 7 hingga 9 jam per hari. Hal ini dilakukan agar kamu bisa bangun pagi dalam kondisi sehat dan bugar.

Lakukan Sesuatu yang Menenangkan

Ilustrasi membaca buku. (Special)

Mengubah pola hidup menjadi lebih sehat memang membutuhkan proses. Untuk itu, kamu bisa membangun kebiasaan baik secara bertahap dan perlahan, agar dapat menjadi morning person.

Agar menjadi morning person, kamu bisa melakukan beberapa aktivitas bermanfaat sebelum tidur, misalnya mandi dengan air hangat untuk merilekskan tubuh, melakukan olahraga ringan, melakukan meditasi, menyalakan aromaterapi atau membaca buku agar pikiran dan tubuhmu menjadi lebih tenang. Dengan melakkan aktivitas tersebut, waktu istirahatmu pun lebih cepat dari biasanya.

Perhatikan Pola Makan

Ilustrasi makanan sehat. (Special)

Pola makan juga dapat memengaruhi waktu tidur seseorang, lho. Untuk menjadi morning person, kamu perlu mengubah aturan pola makan dari pagi hingga malam agar lebih teratur.

Hindari kebiasaan mengonsumsi camilan tidak sehat atau makan larut malam. Pasalnya, hal ini akan membuat dirimu menjadi susah tidur. Selain itu, kebiasaan pola makan yang buruk juga dapat memengaruhi sistem kerja atau metabolisme tubuh.

Ciptakan Afirmasi Positif

Ilustrasi meditasi. (Special)

Ciptakan afirmasi positif agar pagi harimu bisa lebih produktif dari hari-hari sebelumnya. Cobalah sambut pagi hari dengan senyum dan semangat, sehingga kamu pun bisa menjadi morning person yang menyenangkan.

Teruslah mencari berbagai alasan, kegiatan atau membuat harapan dan doa setiap pagi agar proses menjadi morning person ini akan lebih bahagia ketika dijalani.

s