Bikin Langgeng! Ini Cara Jadi Pasangan yang Support System

Jumat, 2 September 2022 | 00:01:00

Bikin Langgeng! Ini Cara Jadi Pasangan Yang Support System

Ilustrasi pasangan yang support system. (Special)

Ladiestory.id - Support system merujuk pada seseorang di sekitar yang selalu memberikan dukungan. Seseorang yang menjadi support system artinya dia mampu menguatkan kamu saat merasa lelah atau down. Support system bisa datang dari keluarga, sahabat ataupun pasangan.

Memiliki pasangan yang support system sangatlah penting, karena dia akan membuat kamu menjadi lebih tetap bertahan dan terus semangat. Berikut cara menjadi pasangan yang support system.

Mau Saling Mendengarkan

Ilustrasi komunikasi dengan pasangan. (Special)

Salah satu cara yang dapat dilakukan agar bisa menjadi support system adalah saling mendengarkan pasangan. Orang yang membicarakan keluh kesahnya atau curhat kepada kamu, artinya dia mempercayai sepenuh hati dan menjadi tempat untuk meluapkan apa yang dirasakan. Dengan curhat dengan pasangan, perasaan dan pikiran kamu akan terasa aman dan lebih tenang.

Sikap mendengarkan inilah yang menjadi salah satu tanda, jika kamu sangat peduli dan simpati dengan pasangan. Selain itu, menjadi pendengar yang baik untuk pasangan juga harus mampu membaca situasinya. Hal ini dilakukan agar tidak menyinggung atau menyakiti perasaan saat mengutarakan pendapat.

Tak hanya mengutarakan pendapat saja, sebagai pendengar kamu juga harus menenangkan dan memberikan semangat atau motivasi untuk pasangan.

Beri Dukungan

Ilustrasi dukungan dari pasangan. (Special)

Banyak cara yang dapat dilakukan pasangan untuk menyampaikan dukungannya kepada orang yang dicintainya. Misalnya seperti dukungan lewat ucapan. Meskipun sederhana, namun kata dukungan mampu membangkitkan semangat dan terus meyakinkan pasangan.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan hadiah untuk pasangan saat momen-momen penting. Misalnya kamu memberikan kado atau hadiah saat wisuda atau berhasil untuk pencapaian tertentu. Hal inilah yang bisa menjadikan support system untuk pasangan.

Saling Beri Kepercayaan

Ilustrasi pasangan yang saling percaya. (Pinterest)

Dalam hubungan, kepercayaan menjadi elemen penting. Dengan memberikan kepercayaan, artinya dapat lebih terbuka dan menerima kurangnya masing-masing. Kamu bisa memberikan kepercayaan dengan selalu bersikap jujur dan terbuka dengan pasangan. Salah satunya, dengan komunikasi. Tanpa eratnya sebuah komunikasi, akan muncul kesalahpahaman yang membuat hubungan hancur.

Selain itu, perbaiki kesalahan yang dibuat di masa lalu. Ini juga akan menjadikan kamu support system yang baik.

Saling Memahami Pasangan

Ilustrasi saling memahami dengan pasangan. (Pinterest)

Sikap ini menjadi salah satu kunci agar hubungan langgeng. Saling memahami merupakan sikap saling mengerti dengan perasaan orang lain, yang memunculkan rasa saling simpati. Dengan simpati inilah yang membuat pasangan merasa diberikan dukungan untuk lebih semangat dan bertahan.

Kamu bisa memahami pasangan dengan cara meluangkan waktu dan memberikan kepercayaan agar ia dapat menjalani kehidupan di luar hubungan.

Tunjukkan Kasih Sayang

Ilustrasi menunjukkan kasih sayang kepada pasangan. (Special)

Memberikan kasih sayang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Kamu bisa menunjukan kasih sayang lewat pujian dan meluangkan waktu bersama pasangan. Selain itu, kamu bisa mulai dari hal-hal kecil yang sederhana namun bermakna, seperti memberikan hadiah.