Orang Tua harus Tahu, Ini Manfaat Jadi Pendengar yang Baik untuk Anak

Rabu, 10 Agustus 2022 | 00:01:00

Orang Tua Harus Tahu, Ini Manfaat Jadi Pendengar Yang Baik Untuk Anak

Ilustrasi orang tua menjadi pendengar (Special)

Ladiestory.id - Saat anak mulai bermain di luar dan mengenal banyak orang, sering kali orang tua menjadi salah satu orang yang dipercaya untuk mendengarkan keluh kesahnya. Sebagai orang tua, sangat penting untuk menjadi pendengar yang baik untuk anak. Banyak sekali manfaat orang tua menjadi pendengar untuk anak, berikut daftarnya!

Mengetahui perasaan dan emosi anak

Ilustrasi orang tua menjadi pendengar . (Special)

Sebagai orang tua yang baik, kamu dapat mengembangkan emosi positif anak dan menangani emosi negatif pada anak. Saat anak bercerita, orang tua jadi paham dan dapat mengotrol anak untuk menjadi lebih baik. Kamu bisa melakukannya seperti mengontrol perkataan dan tingkah laku anak, memperbaiki pola asuh, dan mengajarkan anak untuk mudah beradaptasi dengan teman barunya.

Orang tua yang tidak segan menunjukkan kasih sayang kepada seorang anak akan sangat membantu perkembangan sosial emosional pada anak. Anak akan mudah mengetahui bahwa dirinya disayang dan orang tua selalu ada untuk mendukungnya. Anak akan tumbuh dan berkembang secara sosial dan emosional dengan baik.

Anak beri kepercayaan pada orang tua

Ilustrasi ibu yang mengajarkan anak agar tidak berbohong. (todaysparent)

Saat anak sering bercerita atau meluapkan keluh kesahnya pada orang tua, artinya dia percaya dengan orang tua sebagai pendengar yang baik. Dengan ini, orang tua dapat menilai dan memberikan masukan yang positif pada anak. Masukan positif akan membuat anak menjadi pribadi yang baik. Selain itu, anak juga akan merasa nyaman dan terlindungi jika orang tua mau mendengarkan keluh kesahnya.

Orang tua juga dapat membangun kepercayaan diri anak serta menunjukkan sikap menghargai. Anak akan lebih mandiri dan optimis dengan aktivitas yang dijalaninya.

Mengetahui Kondisi Anak

Ilustrasi anak sulit fokus belajar. (Special)

 

Cerita keluh kesan  yang keluar dari mulutnya bukan seakan-akan cerita biasa yang orang tua sepelekan. Dengan orang tua mengetahui keluhan dari anak, orang tua akan lebih paham tentang kondisi anak seperti sikap dan sifatnya.

Ini akan menjadi kesempatan orang tua untuk memberi masukan atau nasihat pada anak. Orang tua dapat mengajarkan sikap dan sifat yang baik seperti saat anak beradaptasi dengan teman baru, sifat yang tidak boleh dilakukan anak dengan temannya, dan lainnya.

Anak bersikap mandiri

Ilustrasi anak mandiri. (Special)

Manfaat lainnya adalah, anak menjadi orang yang memiliki sikap mandiri. Selain itu, anak dapat lebih mudah memecahkan suatu masalah dan keputusan karena sikap kemandiriannya. Meskipun orang tua hanya menjadi pendengar yang baik dirumah, itu bisa menjadi tempat untuk melatih anak menjadi pribadi yang mandiri dan tidak bergantung pada orang lain. Anak akan lebih bisa menyelesaikan urusannya sendiri dan tidak memaksakan keinginan anak.

Cara yang dapat dilakukan agar anak mandiri adalah, seperti biarkan anak menentukan pilihannya sendiri, ajarkan anak untuk mudah bergaul dan adaptasi pada lingkungan yang baru dan hargai setiap usahanya.

Kasih sayang orang tua pada anak

Ilustrasi kasih sayang orang tua pada anak (pinterest)

Selain sebagai kesempatan yang baik untuk orang tua mengajarkan yang baik pada anak, saat anak berkeluh kesah pada orang tua,  membuat anak merasa diberi kasih sayang yang melimpah. Anak akan dengan nyaman bercerita dan patuh dengan perkataan orang tuanya.