Terkenal di Drama Korea, Ini Cara Membuat Mie Kimchi Ramyeon

Jumat, 26 November 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Terkenal Di Drama Korea, Ini Cara Membuat Mie Kimchi Ramyeon

Foto: thedailymeal

Ladiestory.id - Setiap menonton drama Korea pasti kamu sering lihat adegan pemain makan kimchi ramyeon, sebenarnya mi satu ini selain terkenal rasanya yang pedas dan lezat, mi ini juga terkenal karena cara membuatnya yang simpel dan mudah. Rasa dari kimchi ramyeon yang autentik banget ini bisa menambah seru agenda drama Korea-mu setiap saat.

Sama seperti mi pada umumnya, kimchi ramyeon juga bisa ditemukan dalam bentuk instan. Jadi kamu bisa pergi ke supermarket terdekat dan cari mi ramyeon yang kamu inginkan. Kemudian masak dengan cara yang sudah tertera. Mudah, bukan?

Nah biasanya saat kamu membeli sebungkus kimchi ramyun, kamu akan diberi 3 item. Pertama mi instan kemudian bumbu dan sebungkus toping yang berisi kimchi kering, dan kucai kering.

Berikut ini resep dan cara membuat mie kimchi ramyeon yang simple dan mudah.

Cara Membuat Mi Kimchi Ramyeon Instan

Foto: streetsmart

Sebenarnya memasak kimchi ramyeon versi instan itu sangat mudah. Kamu tinggal memasak air hingga mendidih kemudian masukkan semua bahan yang tersedia.

Dibalik bungkus mi biasanya terdapat panduan cara membuatnya. Di sana pasti juga tertera takaran air yang harus dimasukkan saat memasak Kimchi Ramyun.

Langkah membuat mi kimchi ramyeon versi instan:

1. Biasanya dalam bungkus tertera 550ml air yang harus dimasukkan ke dalam panci dan kemudian di masak hingga mendidih.

2. Saat sudah mendidih masukkan mie, bumbu dan sayuran ke dalam air mendidih. Usahakan sesuai takaran kuah yang ada memiliki rasa yang tak hambar.

3. Masak mi sesuai waktu yang sudah ditentukan, masak mi 4-5 menit hingga mi memiliki tekstur yang padat tapi sedikit pipih. Namun tetap memiliki tekstur yang tebal dan sedikit kenyal.

4. Setelah selesai tuang ke dalam mangkok kemudian kamu bisa menambahkan topping sesuai seleramu. Kamu bisa menambah topping seperti daun bawang, sosis atau telur.

5. Setelah itu kimchi ramyeon siap disajikan. Usahakan menyantap mi ramyeon dalam keadaan masih hangat ya supaya kamu bisa merasakan rasa kimchi ramyeon yang sebenarnya.

Resep dan Cara Membuat Mi Ramyeon Kimchi ala Rumahan

kimchi ramyeon
Foto: thewoksoflife

Berbeda dengan instan, berikut cara membuat dan tips mi kimchi ramyeon versi rumahan. Cara membuatnya gampang dan nggak sesusah yang kamu pikirin kok.

Bahan:

  • Mie ramen - 200 gram
  • Daging sapi/sosis (iris tipis) - 100 gram
  • Telur - 1 butir
  • Bawang putih (cincang halus) - 2 siung
  • Cabai bubuk - 1 sdt
  • Kecap asin - 1 sdm
  • Garam - 1/2 sdt
  • Merica bubuk - 1/4 sdt
  • Daun bawang - 2 tangkai
  • Air kaldu ayam - 400 ml
  • Minyak goreng - 2 sdm

Langkah:

1. Tumis bawang putih dengan sedikit minyak sampai tercium aroma harumnya, kemudian tambahkan air kaldu sebanyak 400ml.

2. Masukkan daging sapi yang sudah direbus atau sosis sampai berubah warna kemudian masukkan mie ramen.

3. Tambahkan kecap asin, cabai bubuk, garam dan merica bubuk aduk sampai rata.

4. Setelah mendidih masukkan 1 butir telur utuh kemudian taburi dengan daun bawang.

5. Tunggu hingga telur setengah matang, lalu angkat dan sajikan selagi masih hangat.

Tips:

1. Jika kamu ingin tekstur kenyal seperti mie korea, aku saranin pakai plain instant noodle korea aja. Namun, jika kamu kesulitan menemukannya boleh memakai mie ramen atau jenis mie lain yang biasa ada di supermarket.

2. Jika kamu memiliki selera lain, boleh menambahkan jamur shitake, atau topping lainnya untuk topping supaya lebih nikmat.

3. Bagi pecinta kimchi bisa menambahkan bumbu kimchi yang ada. Biasanya kuah mi kimchi ramyeon memiliki rasa yang sedikit pedas, tapi masih ada rasa asin, gurih dan sedikit asam yang segar. Tetapi tak sampai terlalu asam, melainkan lebih menonjolkan rasa gurih dan sedikit pedas.

4. Usahakan saat memasak mi jangan terlalu lama, sebab nantinya mi akan memiliki tekstur yang lembek kalau kamu terlalu lama memasaknya, begitu juga sebaliknya.

Nah, itu beberapa resep, tips, dan cara membuat mi kimchi ramyeon. Nah bagi kamu pecinta drama Korea, asik banget bisa makan mi ini sambil nonton dramanya. Serasa hidup di Korea langsung deh!