5 Cara Tanam Bawang Merah Tanpa Bibit dan Cara Panennya

Rabu, 3 November 2021 | 23:54:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

5 Cara Tanam Bawang Merah Tanpa Bibit Dan Cara Panennya

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Bawang merah adalah salah satu bumbu masakan utama bagi masyarakat Indonesia. Bawang merah hampir selalu digunakan pada  setiap masakan, dan disandingkan dengan bawang putih. Rasanya masakan jadi kurang sedap tanpa bawang merah. 

Bawang merah bisa ditanam sendiri di rumah, untuk itu tidak ada salahnya bila kamu menanam bawang merah untuk menghemat dalam membeli bumbu dapur.

Cara Tanam Bawang Merah

Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan dalam proses tanam bawang merah.

1. Siapkan Bahan untuk Menanam Bawang Merah

Foto: tukangtamanjogja

Kamu hanya perlu menyediakan bahan-bahan, seperti bawang merah yang sudah tua, tanah kompos, dan wadah untuk menanam misalnya pot, polybag atau gelas air mineral. 

Pilihlah bawang merah yang sudah berwarna ungu tua tanpa bercak-bercak hitam. Bercak hitam menandakan bawang merah sudah terpapar penyakit atau jamur. Ciri bawang merah yang sudah tua juga bertekstur lebih kering, tidak begitu basah.

2. Potong Bawang Merah

Kamu bisa menyimpan bawang merah hingga tumbuh batang daun di ujungnya, atau ambil bawang merah tua tanpa daun kemudian potong bagian ujungnya. Hal ini bertujuan untuk membuat pertunasan pada bawang merah terjadi lebih cepat. 

3. Letakkan di Dalam Pot 

Foto: pinhome

Letakkan beberapa siung bawang merah tua ke dalam pot atau polybag. Tanam bawang merah pada kedalaman 2,5 hingga 5 cm hingga bagian bawah tertutup tanah sementara bagian atas tidak terlalu jauh dari permukaan tanah. Beri jarak yang cukup antara bawang merah satu dengan lainnya. Jangan diletakkan berdekatan.

4. Lakukan Penyiraman

Tanaman bawang merah membutuhkan banyak air. Jadi sirami terus bakal pertunasan ini setiap pagi dan sore. Sebaiknya gunakan semprotan air untuk menghindari pemberian air terlalu banyak. Jangan sampai air merendam pot, karena justru akan membuat bawang merah jadi busuk. 

5. Biarkan Bawang Merah Tumbuh Subur 

Bawang merah yang telah tumbuh biasanya bisa dipanen setelah usia 60 sampai 90 hari. Atau setelah daunnya ada yang layu dan sedikit kering.

Cara Panen Bawang Merah

Foto: wolipop

Bila bawang merah yang ditanam telah memasuki 90 hari maka bawang merah pun siap dipanen. Namun bila kamu hanya membutuhkan daun bawangnya saja, kamu tidak perlu menunggu 90 hari.Kamu bisa potong daunnya setelah tanaman ini tumbuh tinggi menjulang.

Tapi bila kamu ingin mendapatkan bawang merah matang, maka kamu harus bersabar hingga tiga bulan atau 90 hari. Setelah dipanen, bawang merah sebaiknya dikeringkan dulu dengan cara dijemur di bawah sinar matahari. 

Hal tersebut untuk menghindari proses pembusukan dan supaya bawang merah  lebih awet disimpan di dapur. Penjemuran bisa dilakukan satu sampai dua minggu. Atau hingga bawang merah sudah tak terlalu basah. 

Agar stok bawang merah di rumah kamu banyak, sebaiknya tanam bawang merah dalam beberapa wadah sekaligus. Letakkan pada tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung karena bawang merah sensitif terhadap panas matahari. 

Namun jangan menyimpannya pada tempat yang gelap karena hal itu akan membuat bawang merah busuk, atau pucat tak berwarna.  

Itulah cara tanam bawang merah dan cara panennya. Menanam bawang merah di rumah bisa jadi menghemat pembelian bumbu dapur. Semoga bermanfaat.