Cara Mencerahkan Siku Yang Hitam Dengan Bahan Alami

Kamis, 12 Agustus 2021 | 06:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Cara Mencerahkan Siku Yang Hitam Dengan Bahan Alami

Penampilan paripurna tidak hanya dilihat dari wajah yang bersih dan putih. Rupanya salah satu bagian tubuh yakni siku menjadi penunjang untuk penampilan yang sempurna.

Siku hitam terjadi ketika kulit di siku memiliki zat pigmen kulit lebih banyak dari bagian tangan lainnya. Pada dasarnya, kondisi ini didapat karena sering terjadi gesekan antara siku dan tubuh lain atau permukaan suatu benda. Selain itu, siku hitam didapati karena ada faktor lainnya seperti faktor genetik, efek penuaan, paparan sinar UV, hiperpigmentasi kulit, efek samping obat, ketidakseimbangan hormon, kurang menjaga kebersihan.

Menghitamnya siku tidak serta merta terjadi begitu saja, melainkan bertahap. Sebab, siku merupakan bagian tubuh yang kerap kali kurang mendapat perhatian. Meskipun kasus siku hitam banyak dijumpai dan menjadi permasalahan yang wajar, namun banyak orang tidak percaya diri dengan memiliki siku hitam.

Lalu bagaimana cara mencerahkan siku yang hitam? Memang ada beberapa produk body care yang bisa digunakan untuk mencerahkan siku yang hitam, seperti contohnya body lotion. Namun rupanya ada beberapa bahan alami mencerahkan siku hitam yang mudah didapatkan dan digunakan.

Cara Mencerahkan Siku yang Hitam dengan Bahan Alami

 

1. Lidah Buaya

Ladiestory.id

 

Cara pertama mencerahkan siku yang hitam menggunakan bahan alami lidah buaya. Bahkan pada tahun 2012, terdapat penelitian dari India yang menghasilkan temuan bahwa lidah buaya ampun dalam mencerahkan kulit. Hal ini dikarenakan lidah buata memiliki kandungan senyawa yang disebut aloesin. Nah kandungan aloesin ini dapat mengurangi hiperpigmentasi yang disebabkan oleh paparan sinar UV, menurut sebuah studi di Clinical and Experimental Dermatology pada tahun 2002.

Selain itu, lidah buaya memiliki kandungan antioksidan yang dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit seperti pigmentasi, jerawat, dan noda-noda hitam yang terdapat pada siku.

Menggunakan lidah buaya untuk mencerahkan siku yang hitam terbilang mudah. Hanya dengan mengoleskan gel lidah buaya pada siku hitam. Lalu Anda bisa mendiamkannya selama 30 menit sebelum dibilas dengan air. Namun ingat, Anda perlu mencuci secara bersih lidah buaya sebelum mengaplikasikannya.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan dua kali dalam sehari selama dua minggu.

2. Kunyit

Ladiestory.id

 

Kurkumin merupakan salah satu kandungan yang terdapat dalam kunyit sehingga berfungsi untuk mencerahkan siku yang hitam. Terlebih sebuah studi yang dilakukan oleh Phytotherapy Research tahun 2012 menemukan bahwa kurkumin dapat menghambat aktivitas tironinase. Ini membatasi sintesis melanin, yang dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi.

Bahkan kunyit merupakan bahan dapur yang efektif untuk mengurangi kemunculan garis halus dan kerutan. Selain itu, kunyit mampu mengurangi kemunculan bintik hitam pada kulit, dilansir dari Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology.

Caranya kunyit untuk adalah mencerahkan siku yang hitam dengan mencampurkan kunyit yang sudah dihaluskan dengan air. Lalu Anda bisa mengusapkan kunyit tersebut ke bagian siku hitam menggunakan kapas atau kain lembut. Sebelum membilas, beri waktu selama 10 menit untuk kunyit dapat bekerja pada siku hitam Anda.

3. Lemon

Ladiestory.id

 

Lemon rupanya dapat menjadi salah satu bahan alami mencerahkan siku yang hitam. Hal ini dilansir dari Buku Beauty Clopedia yang menuliskan air perasan lemon dapat mencerahkan siku yang hitam sebab memiliki kandungan asam sitrat. Sedangkan asam sitrat sendiri dianggap sebagai zat pemutih alami.

Selain itu, lemon memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu mengoptimalkan mencerahkan siku yang hitam. Bahkan vitamin C sering dijumpai pada produk kecantikan sebagai bahan dasarnya.

Cara pengaplikasian lemon sebagai bahan alami mencerahkan siku terbilang mudah. Anda perlu memotong lemon menjadi dua bagian dan gosokan pada siku hitam selama 10 menit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan secara rutin 4 kali dalam seminggu.

4. Baking Soda

Ladiestory.id

 

Memang baking soda dikenal dengan bahan yang memiliki banyak manfaat. Sebab baking soda dapat mengangkat kulit mati dan mencerahkan siku yang hitam. Beberapa orang menggunakan baking soda dengan mencampurkan bahan lainnya seperti gula ataupun susu.

Pada dasarnya, untuk mencerahkan siku yang hitam, baking soda harus dilarutkan sehingga berbentuk seperti pasta. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu melakukannya selama dua kali dalam seminggu. Namun perlu diperhatikan, baking soda tidak boleh digunakan pada wajah sebab dapat memicu iritasi.

Inilah 4 cara mencerahkan siku yang hitam menggunakan bahan alami yang mudah untuk ditemukan. Selain menggunakan bahan alami, Anda bisa sembari menggunakan sunscreen untuk mendapatkan hasil yang maksimal.