5 Cara Mengambil Hati Calon Mertua, Siap Dapat Restu

Jumat, 10 September 2021 | 00:01:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

5 Cara Mengambil Hati Calon Mertua, Siap Dapat Restu

Foto: Ladiestory.id

Pertemuan dengan orang tua pasangan menjadi salah satu fase kehidupan yang membuat hati berdebar dan tak jarang menimbulkan rasa cemas dan tegang. Bahkan ketegangannya mungkin melebihi saat menjalani wawancara kerja atau sidang skripsi. Sudah menjadi rahasia umum jika momen bertemu calon mertua menimbulkan rasa was-was, terlebih untuk pertemuan pertama.

Cara Mengambil Hati Calon Mertua

Mungkin Anda pernah mendengar mitos bahwa calon mertua itu menakutkan dan galak. Maka dari itu, banyak orang khawatir meninggalkan kesan buruk atau tidak mendapat restu untuk lanjut ke tahap serius. Tak perlu resah, simak 5 cara mengambil hati calon mertua berikut.

1. Beri kesan yang baik

Foto: Ladiestory.id

Budaya timur dikenal memegang teguh nilai kesopanan. Maka dari itu, berikan kesan yang baik dengan mengenakan pakaian yang nyaman tapi tetap rapi dan sopan.

Nilai kesopanan juga dapat terlihat dari sikap dan tutur kata. Dengan menjaga interaksi dengan sopan terhadap keluarga pacar, terlebih kedua orang tuanya, Anda dapat memberi kesan yang baik.

2. Tunjukkan ketertarikan terhadap calon mertua

Foto: Ladiestory.id

Sama halnya dengan wawancara kerja, sebelum bertemu dengan calon mertua sebaiknya melakukan riset kecil untuk mengetahui apa saja kegiatan mereka, bagaimana kepribadian mereka, bahkan latar belakang keluarga pasangan. Anda dapat bertanya tentang hal tersebut pada kekasih.

Dengan begitu, Anda memiliki topik pembicaraan agar percakapan dapat mengalir dengan calon mertua. Jika Anda tidak menguasai bidang atau hobi yang mereka lakukan, tunjukkan ketertarikan dengan menggali cerita dan jadilah pendengar yang baik.

3. Menghargai kebiasaan keluarganya

Foto: Ladiestory.id

Setiap keluarga tentu memiliki kebiasaan yang berbeda, seperti berdoa bersama sebelum makan, berkata tolong jika hendak meminta bantuan, hingga sesederhana tidak menyukai hal-hal tertentu.

Kebiasaan keluarga pasangan patut untuk dihargai. Salah satu caranya dengan mencoba mengikuti kebiasaan mereka. Dengan begitu, Anda berpeluang untuk mengambil hati orang tua pujaan hati. Sebaliknya, jika Anda tidak dapat mengikuti kebiasaan keluarga, setidaknya Anda tidak mengkritik kebiasaan mereka.

4. Quality time bersama keluarga pasangan

Foto: Ladiestory.id

Menjalin hubungan dengan kekasih tidak hanya melalui hari berdua saja. Ada kalanya Anda dapat melakukan banyak hal positif bersama kerluarganya. Saat menghabiskan waktu bersama, gunakan kesempatan tersebut untuk memberikan perhatian penuh. Salah satu caranya, dengan menyingkirkan ponsel dan fokus pada pertemuan dengan keluarga pasangan.

Selain itu, Anda dapat meluangkan waktu untuk hadir di acara keluarga pasangan. Pada kesempatan ini, Anda dapat menunjukkan diri terbaik Anda di depan orang tua kekasih dan sanak saudara.

5. Tawarkan bantuan pada calon mertua

Foto: Ladiestory.id

Salah satu cara untuk mengambil hati calon mertua adalah dengan memberikan bantuan walau sekecil mungkin. Anda harus jeli melihat kesempatan untuk dapat menawarkan bantuan kepada mereka sekaligus menunjukkan kemampuan Anda.

Tidak perlu muluk-muluk, Anda dapat memberi bantuan untuk mengerjakan pekerjaan rumah sederhana. Hal tersebut dapat menambah kesan bahwa Anda sungguh siap untuk berumah tangga.

Itulah beberapa cara untuk mengambil hati calon mertua. Saat bertemu dengan keluarga pasangan, ingatlah untuk tetap percaya diri dan jadilah diri sendiri. Semoga bermanfaat!

Berita Terkait