Cara Ampuh Mengatasi Jerawat di Kepala yang Bikin Tidak Nyaman

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 15:06:00

Cara Ampuh Mengatasi Jerawat Di Kepala Yang Bikin Tidak Nyaman

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Jerawat di kepala dapat disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat, penyumbatan pada folikel rambut, dan bahkan bakteri. Ada banyak cara untuk mengobati jerawat di kepala yang tidak diinginkan ini.

Namun, yang harus benar-benar Anda fokuskan adalah pencegahan sebanyak mungkin. Anda dapat melakukannya dengan menerapkan produk perawatan rambut dan kulit kepala yang tidak mengandung sulfat dan paraben yang dapat menyebabkan jerawat di kepala.

Penyebab Jerawat di Kepala 

Foto: Pexels/Carolina

Jerawat di kepala dimulai ketika kulit kepala terpapar sejumlah faktor yang diketahui menyebabkan peradangan, yang merupakan respons tubuh terhadap patogen yang menyerang.

Faktor-faktor ini termasuk hormon, genetika, stres, polusi, dan perubahan suhu. Pori-pori kulit kepala seseorang tersumbat oleh sebum berlebih yang menumpuk seiring waktu.

Jerawat di kepala dimulai ketika sel-sel di kulit kepala Anda menghasilkan lebih banyak sebum. Minyak menyumbat pori-pori, menjebak kotoran, bakteri, dan sel kulit mati yang menyebabkan jerawat di kepala.

Sistem kekebalan menyerang partikel yang terperangkap ini yang menyebabkan peradangan. Akhirnya, sel-sel kekebalan menyerang folikel rambut dan meninggalkan komedo putih atau komedo hitam.

Jerawat di kepala adalah kondisi kulit umum yang sering dihadapi orang. Ada banyak penyebab jerawat di kepala termasuk perubahan hormonal, alergi makanan, minyak berlebih, alat rambut yang dipanaskan, dan bakteri kulit kepala.

jerawat di kepala
Foto: Ladiestory.id

 

Salah satu cara untuk melawan kondisi ini di rumah adalah dengan menggunakan produk perawatan jerawat  di kepala alami. Jerawat di kepala disebabkan ketika kelenjar minyak sebum, yang ditemukan di folikel rambut Anda, menjadi terlalu aktif dan menyumbat pori-pori. 

Perawatan untuk jerawat di kepala biasanya melibatkan pengelupasan kulit dan perawatan topikal seperti benzoil peroksida, asam salisilat atau asam azelaic. Perawatan perlu dilakukan secara konsisten agar dapat bekerja dengan baik.

Biasanya diyakini bahwa cara terbaik untuk menghilangkan jerawat di kepala adalah dengan mengandalkan perawatan profesional. Namun, jika Anda tidak ingin merogoh kocek banyak dan tetap menginginkan kepala bebas jerawat, ada beberapa cara alami menghilangkan jerawat.

Cara Mengatasi Jerawat di Kepala

Foto: Pexels/Shvets

Beberapa pengobatan rumahan untuk jerawat meliputi: astringent dan toner yang dicampur dengan air; pasta kunyit; lemon; yogurt; jus bawang; cuka sari apel.

Perawatan jerawat di kepala adalah perjuangan yang sulit. Cara terbaik untuk menghilangkan jerawat di kepala adalah dengan menjaga rambut tetap bersih dan sehat. Minyak dan bakteri yang menumpuk di rambut dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan berjerawat. 

Anda mungkin telah mencoba banyak hal untuk menghilangkan jerawat di kepala, tetapi mungkin masih muncul kembali. Salah satu caranya adalah Anda bisa mengganti rutinitas perawatan kulit kepala Anda.

Anda juga bisa mencoba perubahan pola makan atau hal lain dalam hidup Anda. Menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala adalah cara paling efektif untuk menghilangkan jerawat di kepala dengan cepat. 

Cuci rambut dan kulit kepala dua kali sehari dengan air bersih dan sampo. Pastikan  sampo yang Anda gunakan sesuai dengan jenis kulit kepala Anda agar tidak menimbulkan jerawat di kepala Anda. Untuk jerawat ringan hingga sedang di kepala,

Anda bisa mencoba produk sampo yang mengandung asam salisilat, asam glikolat, dan ketoconazole atau ciclopirox. 

Asam salisilat dan asam glikolat memiliki kemampuan untuk mengelupas dan membunuh bakteri. Sedangkan ketoconazole atau ciclopirox dapat membasmi jamur yang tumbuh di kulit kepala. Jika kulit kepala Anda sensitif, pilih sampo dengan bahan kimia ringan yang tidak akan mengiritasi kulit. Sampo ini biasanya memiliki label hypoallergenic. 

Jika muncul jerawat di kulit kepala, disarankan untuk mengurangi atau bahkan menghindari produk perawatan rambut seperti minyak rambut. Produk-produk tersebut biasanya mengandung bahan-bahan yang dapat menyumbat pori-pori kulit kepala sehingga memperburuk jerawat yang muncul.