7 Cara Mengatasi Mental Block

Sabtu, 26 Maret 2022 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

7 Cara Mengatasi Mental Block

Atasi Mental Block (Special)

Ladiestory.id - Mental block merupakan sebuah kondisi di mana otak Kamu merasa berhenti di satu titik saja.  seolah-olah otak seperti terhalang untuk mengakses kreativitas atau motivasi untuk diri sendiri. Nah untuk mengatasi hal semacam ini, Kamu bisa lakukan beberapa hal berikut ini.

Meditasi (Mindfulness)

Atasi Mental Block (Special)

Cara yang pertama ini sering sekali digunakan dalam dunia psikologi. Dengan meditasi, diharapkan orang yang menderita mental block bisa pulih secara perlahan. Meditasi ialah salah satu bentuk latihan untuk memusatkan dan menjernihkan pikiran sehingga kedepannya Kamu bisa merasa lebih tenang, nyaman, dan produktif.

Untuk melakukan meditasi, Kamu tak harus menyiapkan musik-musik khusus, atau mencari tempat-tempat tertentu. Meditasi bisa Kamu lakukan di mana pun asalkan tempat dan suasananya membuat kamu tenang serta nyaman.

Sugesti Pikiran

Atasi Mental Block (Special)

Saat Kamu hendak menghadapi challenge atau tugas baru, Kamu sudah berkata "Aku tidak bisa", di saat itulah pikiranmu mulai berhenti dan menutup kemungkinan adanya ide muncul.

Kamu harus bisa memberi sugesti kepada pikiran bahwa Kamu mampu. Ketika pikiran negatif mulai berhenti, Kamu bisa mengubah pola pikir Kamu. Kemudian berpikirlah bahwa Kamu dapat mengatasi hal tersebut sehingga ide baru dan kreatif akan muncul.

Afirmasi Kata-kata Positif

Atasi Mental Block (Special)

Saat menghadapi sesuatu, biasakan untuk menghindari kata-kata negatif. Makin sering diucapkan, maka, otak akan cepat merespon sehingga Kamu makin berhenti di titik itu.

Mulai biasakan menggunakan kata-kata afirmasi positif, seperti, "wah ini mudah", "pasti aku bisa", atau "jalan saya dimudahkan karena ada tuhan bersama saya".

Support System

Atasi Mental Block (Special)

Apakah Kamu pernah sudah merasa buntu, atau tidak menemukan jalan keluar dari permasalahan? Daripada Kamu menyerah, akan lebih baik jika Kamu mencari support system di sekitarmu.

Support system bisa saja seseorang seperti, mentor, pemimpin, sahabat, teman, ataupun keluarga Kamu yang Kamu percayai. Kamu bisa berdiskusi dengan mereka untuk mencari jalan keluar dari permasalahan yang sedang Kamu hadapi.

Kerjakan Suatu Hal yang Mudah Terlebih Dahulu

Atasi Mental Block (Special)

Biasanya, jika kepala sudah merasa seperti mau pecah dan pusing, pasti ide-ide akan susah untuk muncul. Akibatnya, Kamu jadi malas untuk mengerjakan suatu tugas-tugas yang ada. Oleh karena itu, Kamu bisa coba mengerjakan tugas atau pekerjaan yang lebih mudah terlebih dahulu. Setelah itu, baru mengerjakan tugas yang dirasa mulai makin sulit.

Lakukan Teknik Braindumb

Atasi Mental Block (Special)

Saat umur Kamu makin dewasa, otak mampu menampung lebih dari 70 ribu pikiran dalam sehari. Itulah alasannya mengapa Kamu suka sekali merasakan overthingking. Jika hal seperti ini terus berlanjut dan tidak segera ditangani, maka akan menjadi persoalan yang makin rumit.

Solusi untuk mengatasi hal seperti ini, Kamu bisa mencoba menyalurkan semua pemikiran dan ide-ide yang ada di otak Kamu lewat media tulisan seperti, menulis diary atau artikel. Cara tersebut disebut dengan Braindumb. Tujuan dari dilakukannya teknik ini ialah untuk membiarkan Kamu menguraikan dan mengekspresikan pemikiran-pemikiran tersebut.

Cari Suasana Baru

Atasi Mental Block (Special)

Nah cara yang terakhir ini pasti sudah sangat familiar dan sering dilakukan orang-orang untuk menenangkan pikiran. Cara ini juga termasuk salah satu cara untuk mengatasi mental block. Terkadang, Kamu tidak seharusnya keluar dari zona nyaman, mungkin yang Kamu butuhkan hanyalah suasana baru untuk me-refresh otak.

Kamu bisa menciptakan suasana baru sendiri, bisa dengan pergi ke kafe, bisa dengan perbarui suasana di kamarmu, atau bisa dengan keluar mencari udara segar sambil mencari tempat yang sesuai dengan suasana hati Kamu. Dengan cara inilah Kamu bisa mendapatkan suasana baru  menumbuhkan pemikiran  ide-ide lain dari diri Kamu.