Agar Pikiran Lebih Santai, Ini 7 Cara Mengatasi Overthinking yang Efektif

Senin, 22 November 2021 | 00:02:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

Agar Pikiran Lebih Santai, Ini 7 Cara Mengatasi Overthinking Yang Efektif

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Dalam psikologi, memikirkan sesuatu secara berlebihan dan terus menerus sering disebut dengan istilah overthinking. Orang yang suka overthinking biasanya akan menghabiskan waktu berjam-jam untuk memikirkan sesuatu yang terkadang sepele dan terkadang tidak penting sama sekali.

Jika kamu salah satu orang yang sering overthinking, sebaiknya segera cari cara untuk mengatasinya. Overthinking bisa mengganggu aktivitas dan menurunkan kualitas hidup.

Cara Mengatasi Overthinking yang Efektif

Foto: Ladiestory.id

Overthinking di satu sisi bisa dikatakan baik karena bisa mengantisipasi segala kemungkinan. Namun di luar itu semua, overthinking benar-benar tidak baik jika dijadikan kebiasaan.

Karena biasanya orang yang suka overthinking cenderung mudah mengalami stress, bahkan gangguan kecemasan. Maka dari itu, segera atasi overthinking yang kamu alami dengan cara efektif berikut ini.

1. Coba Berhenti Sejenak dan Cari Tahu Penyebabnya

Untuk mengetahui apa yang melatarbelakangi kamu terus overthinking, maka cari tahu penyebabnya. Berhentilah sejenak dan tenangkan pikiranmu. Cari tahu di benak pikiranmu, apakah sesuatu yang mengganggu pikiranmu akhir-akhir ini.

Apakah tentang pekerjaan, keluarga, hubungan dengan pacar, teman, dll. Jika perlu kamu bisa menuliskan daftar apa saja yang terus ada di pikiran berulang kali.

2. Lakukan Sesuatu yang Berbeda

Untuk mengalihkan dari kebiasaanmu yang overthinking, coba untuk lakukan aktivitas yang baru. Bisa dengan menonton film, gabung di komunitas tertentu, menjalankan hobi, dll.

3. Selalu Berpikiran Terbuka

Cara ini bisa kamu lakukan agar memudahkan untuk mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi. Lihatlah masalah yang kamu hadapi dari sudut pandang yang berbeda. Buang jauh-jauh pikiran negatif yang selalu muncul. Sebagai gantinya selalu berpikiran positif apapun kondisinya.

4. Lawan Ketakutanmu Sendiri

Foto: Ladiestory.id

Biasanya overthinking timbul karena ketidakmampuan seseorang dalam nengatasi ketakutannya. Rasa takut bisa menghambat keberhasilan seseorang karena ketidakmampuan untuk melangkah ke depan. Oleh karena itu, coba tantang ketakutanmu dengan cara memberikan hadiah jika berhasil menaklukannya.

5. Jika Belum Berhasil, Ubah Ketakutanmu Menjadi Sebuah Antisipasi

Overthinking biasanya muncul saat seseorang ingin mengambil keputusan. Kamu bisa mencoba untuk membuat daftar apa saja yang menjadi ketakutanmu tersebut. Sesudahnya buat rencana apa saja yang akan kamu lakukan untuk mengatasi berbagai ketakutanmu tersebut.

Dengan cara ini, kamu sedikit demi sedikit akan terbiasa untuk menghadapi berbagai situasi buruk.

Dengan adanya daftar rencana cadangan yang sudah kamu biat, membuat kamu akan lebih nyaman dan tidak khawatir/takut lagi untuk menghadapi segala sesuatu yang tidak pasti.

6. Memberi Batas Waktu Tertentu Saat Mengambil Keputusan

Saat dihadapkan pada suatu keputusan besar, biasanya seseorang akan cenderun merasakan overthinking yang parah. Hal ini memang wajar karena ada beban besar juga yang harus dihadapi jika keputusan yang diambil kurang tepat. Agar tidak overthinking di kondisi ini, sebaiknya tentukan batas waktu tertentu dalam mengambil keputusan.

7. Selalu Bersyukur

Sumber: superbook

Overthinking tidak bisa sembuh dengan sendirinya. Apalagi jika kamu terbiasa overthinking sejak dari kecil. Agar bisa mengatasinya, kamu bisa menerapkan beberapa cara mengatasi overthinking tadi, sembari jangan lupa untuk selalu bersyukur. Dengan bersyjukur akan melatih diri kamu untuk selalu berpikiran positif.

Itu tadi beberapa cara mengatasi overthinking yang efektif dan bisa kamu coba. Jangan lupa bersyukur dan berpikiran positif, ya!