6 Cara Mengatasi Rambut Bau Apak Agar Tampil Lebih PD

Jumat, 17 September 2021 | 14:36:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

6 Cara Mengatasi Rambut Bau Apak Agar Tampil Lebih PD

Foto: Soompi

Rambut identik dengan mahkota untuk kaum perempuan. Bahkan demi menjaga keindahan dan kesehatannya, beberapa perempuan rela merogoh kocek dalam untuk melakukan perawatan mahal di salon paling baik.

Cara Mengatasi Rambut Agar Tidak Bau Apak

Namun sayangnya, rambut kerap kali mengeluarkan bau tak sedap atau berbau apak tanpa kamu tahu penyebabnya. Hal yang seperti ini sudah pasti membuat kamu bad mood sekaligus tak percaya diri, bukan? Masa iya cantik tapi rambutnya bau apak.

Namun kini kamu tidak perlu khawatir lagi orang-orang akan tutup hidung dan menjauh ketika kamu mengibaskan rambut indahmu. Sebab dengan beberapa cara mudah yang ada di bawah ini, kamu dapat menjadikan rambutmu wangi sepanjang hari.

1. Lidah Buaya

Cara Mengatasi Rambut Bau
Foto: Ladiestory.id

Lidah buaya atau Aloe vera memang diketahui mempunyai banyak kegunaan untuk kesehatan rambut. Namun selain berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit kepala dan rambut, tanaman yang satu ini pun dapat membantu kamu mencegah rambut rontok sekaligus menjadikan rambutmu bebas dari bau tak sedap, lo.

Cara pemakaian lidah buaya bahkan sangatlah mudah. Cukup kamu jadikan sebagai masker yang dioleskan secara merata pada rambut serta kulit kepala kamu. Diamkan selama beberapa menit sampai meresap, lalu bilas rambut sampai bersih.

Untuk memperoleh hasil yang optimal, kamu dapat mengenakan masker lidah buaya setiap seminggu sekali.

2. Jeruk

Kandungan vitamin C yang ada dalam buah jeruk berfungsi untuk membunuh bakteri yang terdapat pada kulit kepala sebab sifat asamnya.

Untuk pemakaiannya sendiri cukup mudah, yaknj dengan mengiris atau menumbuk kulit jeruk lalu diperas. Perasan air dari kulit jeruk tersebut dapat kamu pakai guna membilas rambut.

3. Tomat

Cara Mengatasi Rambut Bau
Foto: Ladiestory.id

Daging tomat mempunyai kandungan pH yang lumayan tinggi. Oleh sebab itu, buah yang satu ini berfungsi untuk menghilangkan bau tak sedap di rambut dan kulit kepala.

Cara pemakaiannya hanya cukup dengan menghaluskan tomat memakai blender atau mixer. Lalu pakai tomat yang telah dihaluskan tersebut sebagai masker rambut. Mudah sekali, kan?

4. Tea Tree Oil

Memiliki kandungan sifat antimikroba, tea tree oil pun dapat dipakai untuk menghilangkan bau apak pada rambut dan kulit kepala.

Cara mengenakannya cukup dengan mengoleskan tea tree oil dengan merata ke permukaan kulit kepala dan rambut. Diamkan selama beberapa menit dan bilas sampai tak ada lagi minyak yang tersisa.

5. Minyak Esensial

Cara Mengatasi Rambut Bau
Foto: Ladiestory.id

Minyak esensial nyatanya juga dapat dipakai untuk menghilangkan bau tak sedap dari kulit kepala dan rambutmu. Cara pemakaiannya yaitu dengan mengoleskan secara merata minyak esensial pilihanmu ke rambut.

Lalu pijat kulit kepalamu dengan lembut. Sesudah itu bersihkan sampai tak ada lagi minyak esensial yang tersisa.

Minyak esensial dapat membantu mengangkat kotoran-kotoran yang menempel dalam rambut ataupun kulit kepala. Sehingga kulit kepala dan rambutmu akan menjadi bersih sekaligus wangi.

6. Baby Powder

Cara yang paling mudah dalam mengusir bau tak sedap dari rambut yakni dengan mengenakan bedak bayi. Ini adalah cara yang paling praktis dan mudah guna memberikan aroma wangi sekaligus segar pada rambut secara singkat.

Di samping itu, bedak bayi pun dapat menjadikan rambut yang lepek kembali bervolume.

Pemakaiannya pun cukup mudah, yakni dengan menaburkan bedak bayi seperlunya di kulit kepala dan batang rambut sehingga lebih mudah terserap.

Bagi kamu yamg memiliki rambut apak, kamu bisa praktikkan cara di atas. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait