Terbukti Aman, Inilah 6 Cara Mengecilkan Perut Tanpa Ribet

Senin, 13 Desember 2021 | 11:45:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Terbukti Aman, Inilah 6 Cara Mengecilkan Perut Tanpa Ribet

Ilustrasi wanita mengukur perut. (Spesial)

Ladiestory.id - Memiliki tubuh ramping dan ideal adalah impian bagi semua wanita. Sebagian orang melakukan berbagai cara untuk mengecilkan beberapa bagian tubuh salah satunya perut. Mengecilkan perut dengan mengonsumsi suplemen penurun berat badan dalam waktu yang panjang akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Cara mengecilkan Perut secara Alami dan Aman

Oleh sebab itu, Kamu perlu mengetahui cara mengecilkan perut secara alami. Sehingga Kamu tidak akan mengalami ketergantungan dengan obat-obatan dan tentunya aman bagi kesehatan kita. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan perut secara alami.

1. Hindari Makan dan Minuman yang Manis

Ilustrasi menolak makanan manis. (Spesial)

Makanan dan minuman manis mengandung gula bisa menyebabkan Kamu mengalami kenaikan berat badan, terutama di area perut. Beberapa penelitian membuktikan, orang yang mengkonsumsi kelebihan gula akan mengalami penumpukan lemak perut dan organ hati.

Umumnya produk dengan kandungan gula tinggi terdapat pada minuman bersoda, dan berbagai olahan minuman instan. Gula terdiri dari fruktosa dan glukosa. Ketika Kamu mengkonsumsi gula terlalu banyak, maka hati akan mengalami fruktosa dan terpaksa mengubahnya menjadi lemak.

Bagi Kamu pecinta rasa manis, tak perlu khawatir. Kamu bisa mengonsumsi gula alami yang terdapat pada buah-buahan. Selain memiliki rasa manis, buah-buahan banyak mengandung serat yang baik untuk kesehatan tubuh.

2. Kurangi Konsumsi Karbohidrat Olahan

Mengurangi jumlah karbohidrat yang kita makan adalah cara paling efektif menghilangkan lemak di daerah perut. Makanan karbohidrat instant umumnya terdapat pada mie instant, roti, serta makanan manis olahan lainnya. Kamu bisa menggantinya dengan sayuran, gandum, dan buah-buahan.

3. Perbanyak Konsumsi Protein

Mengonsumsi protein dalam jumlah banyak dapat mengurangi rasa lapar dan meningkatkan metabolisme tubuh. Ini merupakan salah satu cara mengecilkan perut tanpa takut rasa lapar. Selain itu, protein juga diklaim dapat untuk menghilangkan lemak perut.

Sumber protein tanpa lemak bisa Kamu temukan di kacang-kacangan atau daging tanpa lemak. Dengan menambahkan kacang-kacangan pada makananmu, kamu akan merasa lebih kenyang dan mengurangi keinginan untuk makan camilan lainnya. Disarankan Kamu mengurangi konsumsi daging berlemak, atau daging olahan lainnya. Selain tidak baik bagi kesehatan, ini juga akan menggagalkan proses Kamu dalam mengecilkan perut.

4. Konsumsi Makanan Berserat

Ilustrasi makanan berserat. (Spesial)

Mengkonsumsi makanan kaya akan serat dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Selain itu, makanan kaya serat juga membantun menurunkan berat badan, dan mengatur gula darah.

Cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak serat adalah dengan mengkonsumsi kacang-kacangan, makanan nabati, sayuran, dan beberapa sereal misalnya gandum utuh. Ini akan membantu Kamu dalam mengecilkan perut secara alami.

5. Rajin Olahraga

Olahraga merupakan cara alami yang terbaik untu Kamu yang ingin mengecilkan perut, terutama olahraga kardio. Olahraga kardio lebih cepat dalam membakar kalori, mengurangi lemak perut dan mengencangkan otot.

Beberapa  contoh olahraga kardio misalnnya berlari, berenang, dan bersepeda. Latihan HIT (High Intensity Interval Training) dengan treadmill juga bisa Kamu coba agar dapat mengecilkan perut dengan alami dan cepat.

6. Istirahat yang Cukup

Beberapa penelitian membuktikan orang dewasa yang memiliki umur 40 tahun ke bawah, dan tidurnya kurang dari 5 jam, ternyata bisa menambah lemak visceral lebih banyak.

Lemak visceral merupakan lemak yang ada di antara jaringan omentum dan rongga perut. Jadi, sebaiknya Kamu memiliki waktu istirahat yang cukup yaitu tidak kurang dari 5 jam dan tidak lebih dari 8 jam. Hal ini berfungi untuk mengubah pola gaya hidup menjadi lebih sehat, sehingga lebih mudah untuk mengecilkan lingkar perut Kamu yang buncit.