Cara Menghadapi Orang Yang Membenci Kita: Harus Elegan!

Senin, 16 Agustus 2021 | 05:50:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Cara Menghadapi Orang Yang Membenci Kita: Harus Elegan!

Foto: Ladiestory.id

Kebencian merupakan emosi yang sangat kuat dan melambangkan ketidaksukaan, permusuhan, atau antipati untuk seseorang, sebuah hal, barang, atau fenomena. Hal ini juga merupakan sebuah keinginan untuk, menghindari, menghancurkan atau menghilangkannya.

Cara Menghadapi Orang yang Membenci Kita

Hidup di dunia sebagai makhluk sosial, tidak bisa dipungkiri pasti ada yang membenci kita. Entah karena perbedaan sifat, perbedaan pendapat, atau hal lainnya. Dan kita memang tidak bisa memaksa orang lain untuk menyukai kita.

Lalu bagaimana cara menghadapi orang yang membenci kita? Menghadapi orang yang benci kita harus dengan cara yang elegan, inspiratif, bahka jika bisa harus mengubah cara pandang para haters tersebut. Tidak perlu frontal dan konfrontatif yang justru akan menyebabkan persoalan menjadi berlarut dan tidak akan pernah selesai.

 

1. Mencari Tahu Alasan Dia Membenci

Foto: Ladiestory.id

 

Cara pertama menghadapi orang yang membenci kita dengan mempertanyakan alasan mereka benci terhadap kita. Mungkin saja kita pernah melakukan suatu hal yang menyakiti mereka tanpa kita menyadarinya. Jika memang benar, jangan pernah sungkan untuk meminta maaf.

Tapi jika dia tidak punya alasan dan cara berbicara terkesan dibuat-buat, biarkan saja dan tidak perlu menanggapi. Sebab orang seperti itu akan selalu berusaha mencari kesalahan dan menjatuhkan kita.

Namun, jika orang tersebut tidak merespon dengan baik tidar perlu khawatir. Sebab yang penting kita tahu kita sudah melakukan yang kita bisa dan hanya mampu mengontrol perilaku diri sendiri.

2. Introspeksi Diri

Foto: Ladiestory.id

 

Introspeksi diri merupakan berpikir serius dan cermat atau merenungkan tentang karakter, perilaku, emosi, dan motif yang ada pada diri sendiri. Saat melakukan introspeksi, kita akan melihat ke belakang mengenai hal-hal yang Anda lakukan pada masa lalu, yang merefleksikan hidup hingga saat ini.

Sebab,  seringkali kita berbuat sesuatu atau berbicara sesuatu yang tanpa kita sadari ternyata menyakiti orang lain. Dengan introspeksi diri kita memberi kesempatan pada diri sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Dengan begitu, kita bisa mengurangi rasa benci orang lain terhadap kita.

3. Mengabaikan

Foto: Ladiestory.id

 

Seperti halnya point pertama, jika kita sudah menanyakan kepada dia apa alasan membenci kita dan tidak ada alasan maupun respon, abaikan saja. Daripada kita terbawa energi negatif mereka mending kita abaikan dan menghindar saja. Lebih baik kita salurkan energi kita ke hal-hal yang positif dan bermanfaat.

4. Jangan Tersulut

Manusia cenderung akan mudah tersulut emosinya. Maka salah satu cara menghadapi orang yang membenci kita yakni jangan terbawa emosi. Kita bisa berperilaku stay cool dan kee calm yang biasanya akan membuat mereka merasa malu atas perbuatannya sendiri.

Namun jika kita ikut emosi, justru orang yang membeci kita akan semakin menjadi-jadi.

5. Jangan Dendam

Foto: Diadona

 

Kesal, marah, jengkel merupakan hal yang wajar jika ada seseorang yang membenci kita. Apalagi jika benci mereka tanpa ada alasan yang kuat. Namun jangan sampai kita membalas dendam kepada mereka.

Dengan balas dendam akan membuat derajat kita lebih rendah dibanding mereka. Selain itu, balas dendam tidak akan ada perbedaan antara kita dan mereka. Justru keadaan akan makin memperkeruh dan jangan mudah terprovokasi oleh sesuatu yang negatif.

6. Fokus pada Pencapaian Diri Sendiri

Foto: Ladiestory.id

 

Kesuksesan kita adalah hal yang lebih penting dan tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan. Justru kesuksesan yang akan membalas dendam kepada orang-orang yang membenci kita. Hal ini bagaikan tamparan bagi mereka dan justru akan membuat mereka malu dengan hidupnya.

Inilah 6 cara menghadapi orang yang membenci kita yang bisa dilakukan. Jangan memperkeruh dan memancing keributan dengan mereka yang membenci kita ya!