8 Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Efektif, Mau Coba?

Senin, 6 Desember 2021 | 15:30:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

8 Cara Menghilangkan Bau Badan Dengan Efektif, Mau Coba?

Foto: anmum

Ladiestory.id - Bau badan adalah salah satu masalah yang banyak dialami orang. Bau badan yang tidak sedap tentu akan membuat tidak percaya diri. Mereka pun menggunakan berbagai cara menghilangkan bau badan, namun itu hanya menghilangkan sesaat saja, selanjutnya pasti akan muncul lagi bau badan tersebut.

Cara Menghilangkan Bau Badan

Biasanya seseorang menyemprotkan minyak wangi atau menggunakan roll on untuk mengatasi masalah bau badan. Namun hal itu hanya akan menghilangkan sementara tidak untuk selamanya.

Nah, bagi kamu yang mengalami masalah bau badan dan ingin menghilangkannya untuk selamanya agar meningkatkan kepercayaan diri kamu, inilah caranya:

1. Menggosokan Bahan-Bahan Alami

 

Foto: Ladiestory.id

Untuk menghilangkan bau badan yang membandel kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami pada bagian tubuh yang bau. Bahan alami yang dapat digunakan antara lain mentimun, baking soda, jeruk, nipis, lemon, jahe, daun sereh, cuka apel, daun jambu biji dan bunga rosemary.

Dengan bahan-bahan alami tersebut diyakini dapat menghilangkan bau bandel untuk selamanya. kamu pun bisa tampil percaya diri selamanya tanpa bau badan lagi.

2. Menggunakan Sabun Antibakteri

Tips untuk menghilangkan bau badan lainnya yaitu dengan menggunakan sabun antibakteriAntiseptic yang terkandung dalam sabun antibakteri akan membunuh kuman yang berkembang biak pada lapisan kulit. Gunakan sabun ini saat mandi 2 kali sehari.

3. Jangan Biarkan Badan Basah Terlalu Lama

Foto: Sociolla

Setelah selesai mandi, segera keringkan seluruh badan dengan handuk. Jangan biarkan tubuh kamu basah terlalu lama, karena basah pada tubuh dapat menyebabkan jamur tumbuh dan berkembang pada tubuh.

Selain dapat membuat bau badan, jamur juga dapat mengakibatkan penyakit kulit seperti panu. Bila sudah tumbuh jamur maka akan susah diobati karena akan terus tumbuh lagi bila dibiarkan. Jadi, setelah mandi keringkan segera tubuh kamu dengan handuk bersih, jangan langsung pakai baju!  

4. Olahraga

Terlihat sepele tapi rajin olahraga dapat menghilangkan bau badan lho. Karena saat berolahraga tubuh jadi aktif bergerak dan mengeluarkan keringat. Keringat yang dihasilkan saat berolahraga adalah keringat yang baik.

Keringat yang baik merupakan hasil dari pembakaran lemak dalam tubuh, sifatnya encer dan tidak menyumbat pori-pori. Bila sedang diproduksi keringat baik akan mendorong keringat yang menggumpal serta menyumbat pori-pori.

5. Hindari Makanan Penyebab Bau Badan

Foto: Merdeka

Bau badan dapat juga disebabkan karena makanan tertentu, karena itulah untuk menghilangkannya cobalah untuk mengurangi perlahan-lahan makanan penyebabnya, hingga kamu benar-benar bisa menghentikan total mengonsumsi makanan tersebut.

6. Mencuci Baju Dengan Rutin

Bau badan bisa juga timbul bukan hanya dari tubuh kamu, tetapi bisa saja dari pakaian yang kamu kenakan.  Pakaian yang dipakai berulang-ulang dan tidak dicuci dapat memicu kuman menempel dan membuat tubuh kamu juga bau.

Gantilah baju setelah maksimal 2 kali pakai dan segera cuci untuk menghilangkan kuman dan bau yang menempel pada baju tersebut.

7. Relaksasi

Foto: Ladiestory.id

 Stres dapat memicu hormon mengeluarkan bau tidak sedap dari dalam tubuh. Karena itu gunakan cara relaksasi untuk menghilangkan bau badan. Lakukan hal-hal yang dapat menenangkan pikiran kamu seperti yoga, meditasi, relaksasi dan terapi.

Aktivitas tersebut akan mengontrol kerja jantung dan mengatur produksi hormon stres agar tidak berlebihan, sehingga kamu dapat terhindar dari bau badan.

8. Rajin Mandi

Salah satu cara agar badan selalu wangi adalah dengan selalu mandi 2 kali sehari. Dengan mandi kuman, keringat dan jamur yang menempel pada bagian luar kulit akan dibersihkan.

Selain untuk membersihkan keringat dan kuman, mandi juga akan membuat tubuh kamu jadi sedikit mengeluarkan minyak yang menyumbat pori-pori. Bila pori-pori  kulit kamu tidak tersumbat dan dapat bernafas lega, maka tubuh kamu juga tidak akan mengeluarkan bau tak sedap lagi.

Itulah 8 cara menghilangkan bau badan yang bisa kamu terapkan, jagalah kebersihan tubuh kamu agar terhindar dari bau badan. Semoga bermanfaat.