5 Cara Hilangkan Milia di Wajah Dengan Mudah

Sabtu, 1 Januari 2022 | 23:25:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

5 Cara Hilangkan Milia Di Wajah Dengan Mudah

Ilustrasi milia di wajah. (Special)

Ladiestory.id - Jika membicarakan permasalahan kulit wajah memang tidak ada habisnya. Mulai dari jerawat, kulit kusam, kulit keriput, hingga adanya milia. Taukah kamu apa itu milia?

Milia merupakan bintik-bintik kecil berwarna putih atau kuning menyerupai jerawat bruntusan. Biasanya, milia terdapat pada wajah bayi. Walau begitu, bukan berarti orang dewasa tidak bisa mengalaminya.

Milia dapat tumbuh akibat serpihan kulit mati atau keratin (protein yang ditemukan di kulit) terperangkap di bawah permukaan kulit. Milia atau bintik-bintik di wajah biasanya muncul pada area bawah mata, pipi, hidung, dan dagu. Bintik-bintik putih ini berukuran sangat kecil, yakni 1-2 milimeter, yang dapat muncul dalam jumlah banyak.

Penyebab pasti milia belum ditemukan secara jelas. Pada anak dan bayi baru lahir, kondisi ini bisa disebabkan karena kelenjar keringat yang belum berkembang sempurna. Kondisi ini juga sering keliru dengan jerawat bayi yang dipicu oleh hormon dari ibu.

Sedangkan pada orang dewasa, benjolan putih kecil ini muncul ketika sel kulit mati terperangkap di bawah kulit. Milia juga dapat berkembang jika kulit kehilangan kemampuan alami untuk mengelupas. Ini bisa terjadi akibat penuaan.

5 Cara Menghilangkan Milia di Wajah

Milia pada anak tidak perlu diobati karena akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa bulan dalam kehidupan bayi. Orang dewasa juga tidak memerlukan cara khusus untuk menghilangkan milia. Berikut 5 cara menghilangkan milia di wajah

1. Rutin membersihkan wajah

Ilustrasi cuci muka. (Special)

Cara menghilangkan milia di wajah yang paling mudah yakni dengan membersihkan wajah secara rutin. Membersihkan wajah juga mampu mencegah timbulnya jerawat atau kotoran dan minyak yang menumpuk.

Gunakan sabun cuci muka yang memiliki kandungan ringan. Jenis sabun pembersih wajah ini sangat baik untuk melembutkan kulit dan tepat digunakan oleh pemilik kulit sensitif.  Usaplah sabun cuci muka di area wajah yang terdapat bintik-bintik kecil di wajah setiap hari.

2. Menguap wajah

Cara menghilangkan milia di wajah yakni dengan menguap wajah untuk membuka pori-pori. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan biang iritasi penyumbat kulit. Gunakanlah air hangat untuk menguap wajah.

Lakukan uap  selama 5-7 menit. Lalu tepuk-tepuk wajah sampai kering dan bilas wajah dengan air hangat sampai materi penyumbat pori-pori kulit bersih. Uap hangat ini dapat membuka pori-pori kulit dengan lembut dan melepaskan sel kulit mati serta biang iritasi lainnya.

3. Melakukan eksfoliasi wajah

Eksfoliasi merupakan teknik perawatan kulit dengan mengangkat sel-sel kulit mati. Teknik ini bisa membantu kulit bebas dari iritan yang menyebabkan milia. Salah satunya menjaga agar keratin di kulit tidak dihasilkan secara berlebihan.

Kamu bisa melakukan eksfoliasi, tanpa perlu repot pergi di salon kecantikan kok. Cukup menyiapkan bahan-bahan eksfoliasi yang ringan, contohnya scrub gula atau campuran gula merah dengan minyak zaitun.

Kemudian basahi kulit wajah dengan air lalu oleskan sedikit scrub dan gosok secara perlahan selama 20 – 30 detik. Bilas dengan air dingin dengan bersih.

Teknik ini bisa diterapkan hanya pada area wajah yang terdapat milia atau bisa juga seluruh permukaan wajah. Lakukan hal ini setidaknya tiga kali dalam seminggu sampai milia hilang.

4. Masker Wajah

Menggunakan masker wajah menjadi cara menghilangkan milia di wajah. Namun kamu perlu hati-hati dalam memilih masker wajah. Sebab dalam Sebuah journal mengatakan bahwa menggunakan masker wajah yang terlalu kuat untuk kulit dapat menyebabkan munculnya lebih banyak milia.

Oleh sebab itu, gunakan  masker wajah yang aman dan membantu mengatasi milia. Jika bisa, pilih masker yang memiliki asam salisilat atau asam glikolat.

Namun jika kamu sensitif terhadap kandungan pada masker, jangan gunakan untuk cara menghilangkan milia pada wajah . Pasalnya akan malah memperburuk milia.

5. Menggunakan air mawar

Terakhir, cara menghilangkan milia secara alami yakni menggunakan air mawar. Air mawar merupakan air demineral yang mengandung ekstrak bunga mawar. Nah, air mawar bekerja sebagai anti-inflamasi yang menenangkan sekaligus menyegarkan kulit. Oleh sebab itu cocok banget untuk membantu menghilangkan milia.

Cukup semprotkan air mawar sebanyak dua atau tiga kali sehari. Maka kulit akan terasa lebih segar dan lembap sekaligus membantu menghilangkan milia membandel.