Bantu Jaga Imun, Ini 5 Makanan yang Kaya Asupan Vitamin C

Jumat, 15 Oktober 2021 | 12:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Bantu Jaga Imun, Ini 5 Makanan Yang Kaya Asupan Vitamin C

Foto: tokopedia

Ladiestory.id - Vitamin C adalah zat yang mudah didapatkan, biasanya banyak terkandung pada sayuran dan buah-buahan. Namun, jika ditanya kandungan tertinggi vitamin C didapatkan darimana, maka untuk urutan pertama adalah buah jambu merah yang mengandung 165 mg vitamin C, lalu stroberi dengan 98 mg, pepaya dan paprika 95 mg, jus jeruk 60 mg, kale 53mg dan brokoli 50 mg.

Sedangkan untuk balita dan anak-anak, mereka dapat memperoleh vitamin C yang cukup dari berbagai macam makanan. Tapi perlu dipahami untuk memperhatikan dosisnya dengan tepat.

Sama halnya dengan orang dewasa dengan kebutuhan vitamin C yang lebih banyak, maka perlu adanya sumber vitamin lainnya, seperti suplemen makanan baik dari yang berbentuk cair, tablet telan, tablet kunyah maupun tablet larut air.

Makanan Sumber Asupan Vitamin C

Tambahan sumber vitamin C lain bukan menjadi faktor utama, hanya bersifat tambahan. Selain itu, konsumsi vitamin C jauh lebih aman ketika didapatkan langsung dari alam daripada suplemen.

Maka, disarankan untuk setidak-tidaknya mengkonsumsi satu jenis makanan alami dengan kandungan yang kaya akan vitamin C seperti berikut ini.

1. Jambu Biji

sumber vitamin c
Foto: Ladiestory.id

Buah dengan kulit berwarna hijau dan isinya merah mudah, ternyata memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi daripada buah jeruk. Kandungan satu buah jambu biji sebanyak 125 mg. Kadarnya 125 mg setara dengan 140 persen dari kebutuhan vitamin C harian yang direkomendasikan.

2. Buah Jeruk

sumber vitamin c
Foto: Ladiestory.id

Sudah terkenal sejak lama sebagai buah yang kaya akan vitamin C. Buah jeruk memilki kandungan sebanyak 70 mg vitamin C. Jumlah ini sudah mencukupi kebutuhan vitamin C harian pada kaum wanita.

3. Pepaya

sumber vitamin c
Foto: Ladiestory.id

Selain bermanfaat untuk mengatasi perut yang sembelit, pepaya adalah buah dengan kandungan tinggi vitamin C yang bagus untuk tubuh. Dalam 150 gram buah pepaya terdapat sebanyak 90 mg vitamin C.

Bukan hanya itu, kandungan vitamin C yang cukup tinggi, pepaya dipercaya dapat mencegah kanker serta demensia. Buah pepaya memiliki kaya serat yang baik untuk saluran pencernaan.

4. Stroberi

sumber vitamin c
Foto: Ladiestory.id

Si kecil dengan titik-titik hitam ini memiliki kandungan antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh. 150 gram buah stroberi mengandung sebanyak 90 mg vitamin C yang baik bagi tubuh. Buah stroberi terdapat antioksidan yang tinggi dalam bentuk antosianin. Senyawa ini adalah zat pewarna alami pada buah-buahan dan sayuran.

5. Cabai Merah

sumber vitamin c
Foto: Ladiestory.id

Salah satu sayuran yang kaya akan vitamin C. 80 gram Cabai merah mengandung sebanyak 100 mg vitamin C. Nutrisi paling baik didapatkan dari makanan sehari-hari sehingga pastikan untuk memilih makanan yang tidak hanya mengandung satu atau dua nutrisi saja. Cobalah untuk mulai membuat data menu makanan sehat, kemudian variasikan nutrisinya.

Itu dia beberapa makanan yang kaya akan asupan vitamin C. Semoga bermanfaat.