5 Cara Mudah Jaga Organ Pernapasan Supaya Tetap Sehat

Selasa, 2 Agustus 2022 | 17:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Cara Mudah Jaga Organ Pernapasan Supaya Tetap Sehat

Ilustrasi menjaga kesehatan pernapasan. (Special)

Ladiestory.id - Polusi udara dapat menyebabkan berbagai gangguan pada organ pernapasan. Bahkan, beberapa kota di Indonesia juga dikenal memiliki tingkat polusi udara yang tinggi.

Sehingga, perlu adanya sebuah langkah untuk menjaga kesehatan organ pernapasan. Organ pernapasan terdiri dari paru-paru, mulut, hidung hingga tenggorokan.

Kamu bisa melakukan berbagai cara untuk menjaga organ pernapasan tersebut. Bagaimana caranya? Berikut lima cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga organ pernapasan supaya tetap sehat.

Rutin Olahraga

Ilustrasi menjaga kesehatan pernapasan. (Special)

Melakukan olahraga secara rutin merupakan salah satu cara  paling efektif untuk menjaga organ pernapasan. Ketika kamu aktif bergerak, maka sirkulasi dalam tubuh akan berjalan dengan lancar.

Begitupun dengan organ pernapasan, terutama bagian paru-paru, akan terjaga kesehatannya. Pilihlah olahraga yang mudah dilakukan, seperti senam atau jalan santai di pagi hari

Konsumsi Makanan Bergizi

Ilustrasi menjaga kesehatan pernapasan. (Special)

Ketika mengonsumsi makanan bergizi, kamu tidak hanya akan membuat tubuhmu sehat, tapi juga akan meningkatkan kualitas kesehatan organ pernapasan. Jika seseorang mengalami kekurangan nutrisi, terbukti akan lebih rentan mengalami berbagai gangguan pada pernapasannya.

Beberapa vitamin dan mineral yang dapat kamu konsumsi untuk menjaga organ pernapasan, seperti vitamin A, vitamin E, vitamin C, zinc, magnesium, selenium, hingga kalium. Kandungan tersebut dapat kamu temukan di berbagai macam buah dan sayuran.

Rajin Konsumsi Air Putih

Ilustrasi menjaga kesehatan pernapasan. (Special)

Membiasakan mengonsumsi air putih, ternyata dapat membantu dalam menjaga kesehatan organ pernapasan, lho. Langkah sederhana ini akan membantu mukus atau lendir yang setiap hari bertumpuk dalam saluran pernapasan menjadi mudah larut. Sehingga, tidak akan terjadi penyumbatan maupun menimbulkan gangguan pada pernapasan.

Pastikan kamu mengonsumsi air putih sebanyak dua liter per hari, ya. Gunakan sistem 2 gelas-4 gelas-2 gelas untuk mempermudahmu dalam membiasakan mengonsumsi air putih.

Hindarai Paparan Polusi

Ilustrasi menjaga kesehatan pernapasan. (Special)

Jika kamu terus-menerus terkena paparan polusi, maka akan membuat organ pernapasanmu terganggu. Polusi yang sering dihasilkan dari asap kendaraan, asap rokok hingga asap pabrik dapat merusak sistem pernapasan, terutama paru-paru.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindapari paparan polusi, antara lain menggunakan masker ketika beraktivitas di luar ruangan, jauhi merokok dan asap rokok, jangan terlalu lama berada di luar ruangan yang banyak terkontaminasi polusi, bersihkan rumah satu minggu sekali supaya terjadi pergantian udara, dan buat banyak ventilasi udara dalam rumah supaya lebih banyak udara segar masuk.

Selain menghindari, kamu juga bisa ikut berpartisipasi dalam mengurangi polusi udara di ruang publik dengan menggunakan transportasi umum serta menggurangi penggunakan produk sekali pakai.

Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Secara Rutin

Ilustrasi menjaga kesehatan pernapasan. (Special)

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan yaitu rutin melakukan pemeriksaan kesehatan, terutama organ pernapasan. Jangan sampai, hanya datang ke dokter ketika sudah mengalami permasalahan pada pernapasan.

Pemeriksaan rutin dapat membantumu dalam mendeteksi berbagai penyakit pernapasan. Tidak sedikit, penyakit pernapasan hanya akan diketahui oleh penderitanya ketika sudah dalam kondisi yang parah.  Jadi, jangan sungkan periksa ke dokter ya.

Jangan tunggu hingga berbahaya, baru kamu sadar akan pentingnya kesehatan. Selamat mencoba dan sehat selalu ya, Ladies!

s