Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | CARA MUDAH MENANAM ANGGREK PADA MEDIA POT

Cara Mudah Menanam Anggrek Pada Media Pot

LS Lifestyle
Senin, 03 Mei 2021 | 10:03:59
Durasi baca: 1 menit, 57 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Cara Mudah Menanam Anggrek Pada Media Pot

Bunga anggrek dapat tumbuh di dalam maupun luar ruangan. Namun, ada kalanya bunga anggrek sulit untuk tumbuh dengan baik karena kesalahan cara menanam anggrek. Jika kamu ingin menanam anggrek dengan baik, kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu tentang spesies anggrek yang ingin kamu tanam dan bagaimana cara menanamnya. Untuk selengkapnya, yuk simak cara menanam anggrek yang benar berikut ini.

Pilih Jenis Bunga Anggrek yang Ingin Ditanam

Apabila kamu seorang pemula, sebaiknya kamu memilih spesies bunga anggrek yang lebih mudah ditanam dibandingkan dengan spesies lainnya.

Misalnya seperti spesies cattleya, paphiopedilum, dan phalaenopsis. Salah satu jenis anggrek phalaenopsis yang dapat kamu temui dengan mudah di Indonesia adalah anggrek bulan atau moth orchid.

Baca juga: Meningkatkan Kepedulian Sosial di Lingkungan Di Tengah Pandemi

Siapkan Media Tanam yang Tepat Sesuai Jenis Anggrek

Beberapa orang yang baru pertama kali menanam bunga anggrek umumnya membuat kesalahan tentang cara menanam anggrek di pot, dengan berasumsi bahwa anggrek perlu ditanam di tanah seperti tanaman bunga lainnya.

Namun, sebenarnya cara menanam anggrek yang benar berbeda dengan cara menanam tanaman bunga pada umumnya. Kamu perlu memberikan ruang bernafas yang cukup untuk akar-akar bunga anggrek.

Pilih Pot yang Tepat

Bagaimana cara menanam anggrek di pot? Pemilihan pot saat menanam tanaman bunga anggrek menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan. Jika kamu tidak memilih pot yang tepat, maka bunga anggrek yang kamu tanam dapat dengan mudah menguning, layu, dan mati. Salah satu jenis pot yang tepat untuk menanam bunga anggrek adalah pot yang terbuat dari tanah dengan sistem drainase yang baik.

Tanam Bunga Anggrek

Sebelum menanam bunga anggrek, kamu perlu memastikan bahwa tidak ada akar anggrek yang mati atau busuk. Apabila kamu menemui akar yang mati, sebaiknya kamu memotongnya terlebih dahulu.

Kemudian kamu bisa memulai menanam anggrek dengan mengisi arang sampai pot setengah penuh. Lalu taruh anggrek di atas arang dengan menyebarkan akar anggrek. Isi sisa pot dengan akar pakis sampai penuh dan anggrek dapat berdiri tegak. Jika anggrek tidak dapat berdiri tegak, kamu dapat menyanggahnya menggunakan kawat yang dililitkan di sisi pot.

Baca juga: Tempat Nongkrong Seru Kekinian Yang Lagi Hits Di Media Sosial


Rawat Bunga Anggrek

Jika kamu sudah selesai menanam bunga anggrek, kamu hanya perlu merawat dan menyirami tanaman bunga anggrek secara berkala agar bunga anggrek dapat tumbuh dengan baik. Jangan lupa untuk memastikan tanaman bunga anggrek milikmu mendapatkan sinar matahari yang cukup, namun tidak terlalu banyak.

Itu dia cara menanam bunga anggrek yang benar. Setelah berhasil menanam bunga anggrek, pastikan kamu juga merawatnya dengan benar ya ladies.

Sumber Foto Utama: istockphoto.com

cara menanam anggrek yang benar menanam anggrek yang benar menanam anggrek di pot bunga anggrek

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle