Sangat Mudah, Ini 5 Cara Registrasi Kartu Provider Smartfren

Minggu, 12 September 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Sangat Mudah, Ini 5 Cara Registrasi Kartu Provider Smartfren

Foto: Ladiestory.id

Registrasi kartu Smartfren adalah hal yang harus dilaksanakan oleh calon pelanggan Smartfren baik prabayar ataupun pascabayar. Keharusan ini mengacu peraturan Pemerintah yang dikeluarkan pertama kali pada 31 Oktober 2017 lampau, lewat Kementerian Komunikasi dan Informatika yang mengharuskan registrasi untuk pelanggan seluruh operator seluler.

Tiap pelanggan operator seluler mesti melaksanakan registrasi sebelum bisa memakai kartu SIM atau nomor baru.

Dikutip lewat website resmi Smartfren, keharusan registrasi kartu Smartfren ini berlaku untuk pelanggan baru ataupun pelanggan lama prabayar ataupun pascabayar.

Tidak berbeda jauh dengan operator seluler pada biasanya, cara registrasi kartu Smartfren hanya memerlukan beberapa langkah saja. Tapi, yang perlu diingat, pelanggan mesti menyiapkan data  identitas kependudukan yaitu nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor kartu keluarga (No.KK).

Pastikan guna memasukkan data identitas kependudukan yang valid supaya registrasi kartu Smartfren tidak menemui masalah.

Metode Cara Registrasi Kartu Smartfren

Cara registrasi kartu Smartfren terdiri dari berbagai pilihan, baik dari melalui SMS, menu dialer di telepon seluler, aplikasi ataupun website Smartfren, datang langsung ke gerai Smartfren sampai menghubungi contact center.

Guna memudahkan cara registrasi kartu Smartfren, kami merangkum langkah-langkah di bawah ini.

1. Cara Registrasi Kartu Smartfren Lewat SMS

Foto: Ladiestory.id

Cara registrasi kartu Smartfren yang paling mudah dilakukan yaitu lewat fitur SMS. Kamu hanya perlu membuka aplikasi SMS atau pesan di telepon seluler

1. Registrasi nomor baru kartu Smartfren dilaksanakan dengan mengirim SMS ke nomor penerima 4444

2. Ketik pesan dengan format NIK#No.KK# Contoh: 123456781234568#1234567887654321#

3. Kemudian pilih menu kirim

Beberapa waktu usai pesan terkirim, kamu akan memperoleh pesan masuk yang berisi konfirmasi apakah proses registrasi kartu Smartfren berhasil atau tidak. Maka itu, pastikan nomor identitas kependudukan yang kamu masukkan valid supaya registrasi berhasil.

Tapi, bila nomor yang kamu masukkan telah benar, namun belum berhasil, tunggulah beberapa waktu untuk kembali melakukan registrasi hingga berhasil. Sebab waktu yang diperlukan dalam memvalidasi proses registrasi berlangsung maksimal 1×24 jam.

2. Cara Registrasi Kartu Smartfren Lewat Menu Dialer Telepon

Foto: Ladiestory.id

Selain lewat SMS, cara registrasi kartu Smartfren dapat dilakukan lewat menu dialer telpon. Kamu cukup menekan *4444# kemudian tekan ikon panggil. Ikuti petunjuk info dari pop up yang kamu terima sampai proses registrasi kartu Smartfren berhasil.

3. Cara Registrasi Kartu Smartfren Lewat Website

Foto: Ladiestory.id

Registrasi kartu Smartfren pun dapat dilakukan lewat website MySmartfren yaitu http://mysf.id/reg. Sesudah kamu mengaksesnya, kamu akan diarahkan melaksanakan registrasi secara elektronik (e-registration). Masukan data identitas diri di kolom yang ada dengan benar, dan ikuti proses registrasi sampai berhasil.

4. Cara Registrasi Kartu Smartfren Lewat Aplikasi

Foto: Ladiestory.id

Selain lewat website, registrasi kartu Smartfren pun dapat dilakukan lewat aplikasi MySmartfren. Tali yang perlu diingat bila memakai cara ini, kamu perlu mengunduh aplikasi MySmartfren.

Pertama, kamu buka aplikasi MySmartfren kemudian pilih menu registrasi, lantas masukan data diri dengan benar sampai proses registrasi berhasil.

5. Cara Registrasi Kartu Smartfren Lewat Gerai Smartfren

Foto: Ladiestory.id

Registrasi lewat gerai resmi Smartfren dapat menjadi pilihan kamu, bila kamu enggan memilih cara sebelumnya atau menjumpai kendala pada proses registrasi dengan cara sebelumnya.

Kamu cukup mendatangi gerai Smartfren langsung dan menjumpai petugas di sana. Petugas akan membantu meregristasikan nomor telepon Smartfren kamu. Pastikan guna membawa identitas kependudukan dalam memudahkan cara registrasi kartu Smartfren.

Semoga lima cara registrasi kartu Smartfren di atas dapat membantu.

Berita Terkait