Nikah-Poligami Jadi Solusi Cegah Penyebaran HIV? Ketahui 5 Cara Penularannya!

Selasa, 6 September 2022 | 00:01:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Nikah-Poligami Jadi Solusi Cegah Penyebaran Hiv? Ketahui 5 Cara Penularannya!

Ilustrasi HIV/AIDS. (Special)

Ladiestory.id - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, mengatakan bahwa menikah dan poligami menjadi solusi untuk mencegah penyebaran HIV/AIDS.

"Daripada terkena penyakit itu, menurut saya, solusi menekan angka penyebaran HIV/AIDS adalah menikah bagi anak-anak muda dan berpoligami bagi yang sudah nikah," kata Uu, dikutip dari berbagai sumber, Senin (5/9/2022).

Usulan Wagub Jabar ini pun menuai sorotan publik. Pasalnya, para ahli menilai poligami bukanlah solusi utama untuk menekan penyebaran HIV.

Menurut ahli, HIV bisa menular bukan hanya dari perilaku seks bebas. Lantas apa saja cara penularan HIV? Ladiestory.id merangkum lima cara penularan HIV/AIDS.

Hubungan Seksual

Ilustrasi hubungan seksual. (Spesial)

HIV dapat ditularkan melalui hubungan seksual tanpa pengaman, seperti kondom atau obat pencegah AIDS. Hubungan seksual tersebut bisa melalui vagina, anal maupun seks oral.

Menurut CDC (Centers for Disease Control), hubungan seksual melalui anal lebih berisiko dalam penularan HIV. Selain itu, seseorang yang kerap bergonta-ganti pasangan pun tak kalah berisiko tertular HIV.

Penyalahgunaan Narkotika

Ilustrasi narkotika. (Special)

Selain hubungan seksual, mengonsumsi narkoba juga berisiko terkena HIV. Pasalnya, seseorang bisa saja melakukan perilaku berisiko saat berada di bawah pengaruh obat tertentu. Perilaku berisiko tersebut meliputi berhubungan intim tanpa kondom maupun berbagi obat atau alat suntik dengan orang yang terinfeksi HIV.

Ibu ke Bayi

Ilustrasi ibu menyusui. (Special)

Bayi juga bisa tertular HIV dari sang ibu. Melansir CDC, HIV bisa ditularkan dari ibu saat hamil, melahirkan, maupun menyusui. Untuk itu, ibu perlu melakukan deteksi dini dan berkonsultasi dengan dokter untuk mencegah penularan HIV kepada bayi.

Tato dan Tindik

Ilustrasi perempuan bertato dan bertindik. (Special)

HIV juga dapat menyebar saat melakukan tato atau tindik. Hal ini bisa terjadi apabila alat yang digunakan tidak disterilkan dan digunakan secara bergantian. Untuk itu, pastikan jarum atau alat yang digunakan telah disterilkan atau diganti yang baru.

Transfusi Darah

Ilustrasi transfusi darah. (Special)

Mendapatkan transfusi darah dari penderita HIV juga dapat menyebarkan penyakit ini. Namun, risiko tertular HIV lewat transfusi darah dinilai lebih rendah sebab sudah ada uji saring.