Cara Praktis Mengukur Porsi Makan Ideal dengan Ukuran Tangan

Senin, 16 November 2020 | 06:29:06

LS Health

Penulis : LS Health

Cara Praktis Mengukur Porsi Makan Ideal Dengan Ukuran Tangan

Pola makan sehat tidak hanya ditentukan oleh jenis nutrisi yang dikonsumsi, tapi juga jumlah atau porsi makan. Sebab, porsi makan menentukan berapa banyak kalori yang masuk ke tubuh. Karena itu, kebutuhan kalori setiap harinya perlu diperhatikan, jangan berlebihan atau kekurangan.

Mengingat, porsi makan yang ideal atau seimbang merupakan kunci untuk menjaga tubuh tetap sehat. Dengan porsi makan ideal, asupan gizi menjadi seimbang serta terhindar dari risiko kelebihan berat badan. Bahkan beberapa penyakit kronis dapat dihindari dengan menerapkan pola makan sehat serta porsi seimbang. 

Porsi makan yang seimbang juga efektif digunakan bagi kamu yang ingin menaikkan atau menurunkan berat badan. Sayangnya, sebagian besar orang belum mengetahui porsi makan yang sesuai dengan kebutuhan mereka setiap kali makan. Lantas, berapa banyak porsi makan yang boleh dikonsumsi? 

Setiap individu memiliki porsi makan atau kebutuhan nutrisi yang berbeda. Hal ini dipengaruhi berbagai faktor, dari usia, berat dan tinggi badan, jenis kelamin, aktivitas fisik, sampai kondisi kesehatan. Untuk angka jelasnya, kita bisa mengacu pada data kesehatan dari Kementerian Kesehatan. 

Berdasarkan angka kecukupan gizi (AKG) dari Kementerian Kesehatan, kebutuhan kalori perempuan dewasa (usia 16-30 tahun) berkisar 2.125–2.250 kilo kalori (Kkal) dalam sehari, sedangkan pria dewasa membutuhkan sekitar 2.625–2.725 Kkal per hari. 

Sementara itu, British Nutrition Foundation mengukur takaran porsi makan bagi orang dewasa. Lembaga nutrisi itu merekomendasikan pria dewasa membutuhkan sekitar 2.500 kalori dalam sehari dan wanita dewasa 2.000 Kkal. 

Untuk mudahnya, kamu bisa mengukur jumlah porsi makan menggunakan kepalan tangan. Tentu saja setiap orang mempunyai ukuran tangan yang berbeda. Kepalan tangan yang berbeda inilah porsi makan yang dibutuhkan tubuh masing-masing orang atau disebut ideal. 

Dilansir dari laman Pop Sugar, dalam akun Instagram pribadinya, pelatih dan instruktur olahraga asal Inggris, Max Weber, membagikan tips mengatur porsi makan dalam setiap kali makan selama sehari. Caranya, hanya mengukur dengan tangan. 

Mengontrol porsi makanan, termasuk jumlah protein, karbohidrat, sayuran, dan lemak, ternyata bisa menggunakan tangan kita sendiri. Menurut Max, jumlah protein pada perempuan sesuai dengan ukuran telapak tangan dan karbohidrat sebesar ukuran tangan dengan posisi telungkup. Porsi sayuran sebesar ukuran kepalan tangan dan porsi lemak sebesar ibu jari. 

Sementara itu, untuk pria, jumlah porsi menjadi berlipat ganda. Untuk protein, seukuran dua telapak tangan, karbohidrat berukuran dengan dua kali telapak tangan telungkup, satu porsi sayuran seukuran dua kepalan tangan, serta satu porsi lemak berukuran dua kali jempol tangan. 

Nah, bagaimana apakah porsi makan kamu sudah sesuai selama ini? Jangan sampai kelebihan atau kekurangannya ya. Cukup ukur menggunakan tangan kamu.