Cegah Kifosis, Yuk Ikuti Gerakan Ini

Minggu, 11 September 2022 | 00:01:00

Andi Afifah

Penulis : Andi Afifah

Cegah Kifosis, Yuk Ikuti Gerakan Ini

Ilustrasi Gerakan Peregangan (Ladiestory.id)

Ladiestory.id - Salah satu penyebab kifosis adalah duduk dengan postur tubuh yang menunduk dengan waktu yang lama. Untuk mencegah kifosis atau tulang punggung bengkok, kamu bisa melakukan peregangan otot loh.

Peregangan otot ini mampu memberikan efek rileks dan bantu mengembalikan posisi tulang punggung yang benar secara perlahan. Berikut gerakan otot yang dilansir dari Chanel News Asia pada Sabtu (10/09/2022) yang bisa kamu ikuti.

Atur Pernafasan

Ilustrasi Atur Pernafasan (Special)

Kamu bisa memulai dengan menahan nafas sambil menaikkan tangan ke arah  dada, lalu membuangnya secara perlahan sambil menurunkan tanganmu. Lakukan sebanyak tiga kali.

Peregangan Lateral

Gerakan Peregangan (Special)

Selanjutnya kamu bisa berdiri selebar bahu. Letakkan tangan kanan di pinggul, angkat tangan kiri ke atas. Condongkan lengan kirimu yang terentang ke samping. Tingkatkan peregangan dengan mendorong pinggul ke dalam. Tahan selama 15-30 detik dan ulangi pada sisi yang lain. Lakukan ini setiap satu hingga dua jam.

Peregangan Dada

Gerakan Peregangan (Special)

Kamu bisa duduk dengan senyaman mungkin. Lalu, letakkan tanganmu ke belakang badan dan rapatkan jari-jari kedua tanganmu. Tarik napas dan dorong bahumu ke belakang sampai merasakan regangan di dada. Tahan posisi ini selama 15-30 detik, lalu hembuskan napas dan rileks. Lakukan ini setiap satu hingga dua jam.

Peregangan Koreksi Postural

Gerakan Peregangan (Special)

Mulailah dalam posisi duduk, punggung lurus dan kepala melihat ke depan. Tekuk siku pada 90 derajat dan wajah telapak tangan ke atas. Jaga siku Anda tetap dekat dengan tubuh, lalu arahkan dan tarik ibu jari ke luar sampai telapak tangan sedikit lebih lebar dari selebar bahu. Lalu, tarik bahumu ke belakang, rapatkan tulang belikat di belakang. kamu harus merasakan otot-otot di antara tulang belikat bekerja dan peregangan pada otot-otot dada di depan. Tahan selama 15-30 detik. Lakukan ini setiap satu hingga dua jam.

Ilustrasi Pernafasan (Special)

Sebagai penutup kamu bisa melakukan pernafasan seperti saat pertama memulai. Biarkan tubuhmu merasa rileks, lakukan minimal hingga tiga kali. Mudah bukan gerakannya!

 

 

 

s