Coba 5 Makanan Ini untuk Turunkan Kolesterol

Minggu, 18 September 2022 | 00:01:00

Coba 5 Makanan Ini Untuk Turunkan Kolesterol

Oatmeal (Special)

Ladiestory.id - Bagi para penggemar makanan daging-dagingan, sudah pasti harus berhati-hati dengan kolesterol. Meski kolesterol memiliki fungsi untuk pembentukan sel baik, namun jika dikonsumsi berlebihan, malah dapat menyebabkan beberapa penyakit.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena ada cara untuk menetralkan kembali kolesterol. Kamu bisa coba mengonsumsi 5 makanan ini untuk menurunkan kolesterolmu.

Pisang

Ilustrasi buah pisang. (Special)

 

Buah berwarna kuning ini memang jadi santapan lezat bagi semua orang. Siapa sangka, ternyata buah pisang menjadi penurun kolesterol yang paling ampuh untuk mengeluarkannya melalui saluran pencernaan. Kolesterol pun tidak akan jadi masuk ke aliran darah dan menyumbat arteri.

Apel

Ilustrasi buah apel. (Special)

 

Bukan hanya buah pisang saja, ternyata apel juga bisa jadi makanan untuk menetralkan kolesterol. Memiliki kandungan pektin, buah apel bekerja menyerap kolesterol dan lemak jahat dari makanan melalui urine dan feses. Karena memiliki antioksidan yang tinggi, maka dengan rutin mengonsumsi apel, selain dapat menurunkan kolesterol, jantung pun akan jadi lebih sehat.

Sayur-sayuran Hijau

Ilustrasi sayuran hijau. (Special)

 

Buat kamu penggemar sayur-sayuran, maka timun dan sawi hijau bisa jadi pilihan untuk menurunkan kadar kolesterol. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam sayur-sayuran hijau ini dapat mengikat asam empedu yang terbuat dari kolesterol sehingga dapat mencegah akumulasinya di dalam darah. Maka dari itu, ada baiknya setelah makan daging-dagingan, kamu langsung makan sayur-sayuran hijau lainnya juga, seperti bayam atau kol.

Oatmeal

Ilustrasi oatmeal (Special)

 

Nah, buat kamu yang tidak ingin ribet tapi sedang berencana menurunkan kadar kolesterol, kamu bisa coba mengonsumsi oatmeal. Makanan ini dipercaya mampu menurunkan kadar LDL dalam tubuh. Mengandung serat larut, oatmeal dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam darah.

Ikan Laut Beromega 3

Ilustrasi ikan salmon. (Special)

 

Jika kamu belum sanggup untuk mengonsumsi buah maupun sayur, maka kamu masih bisa menurunkan kadar kolesterol dengan ikan laut yang mengandung omega 3. Ikan berlemak seperti salmon dan makarel mengandung sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk tubuh.

Perlu dipahami, kamu harus memerhatikan cara memasaknya agar kandungan gizi ikan tidak berkurang. Kamu bisa mengolahnya dengan cara dikukus atau direbus. Jadi, jangan digoreng ya, Ladies, karena hal tersebut justru dapat meningkatkan risiko penyakit stroke dan jantung.

s