3 Manfaat Daun Salam, Bisa Turunkan Kadar Kolesterol

Rabu, 6 Oktober 2021 | 10:10:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

3 Manfaat Daun Salam, Bisa Turunkan Kadar Kolesterol

Foto: tokopedia

Ladiestory.id - Untuk kamu yang hobi memasak, tentunya sudah mengenal bahan dapur bernama daun salam. Daun salam memang bermanfaat untuk penambah cita rasa sehingga membuat masakan makin lezat dan menghasilkan cita rasa yang berbeda.

Namun, lebih daripada itu, daun dengan nama  latin Syzygium Polyanthum terdapat berbagai manfaat lain dalam dunia kesehatan. Kandungan penting dari daun salam adalah senyawa seperti niasin, serat, tanin, dan vitamin C yang mampu menurunkan kadar trigliserida.

Selain itu, kandungan ini biasanya digunakan banyak orang mengolah daun salam untuk makanan hingga obat herbal. Bukan hanya itu saja, daun salam pun memiliki kandungan mineral cukup tinggi seperti tembaga, selenium, besi, seng, mangan, magnesium, potasium dan kalsium.

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Daun salam dipercaya dapat menjaga kesehatan dari mengurangi berbagai bahaya pada tubuh hingga menyembuhkan penyakit. Tidak heran jika daun salam dapat memberikan berbagai khasiat baik untuk kesehatan.

Khasiat dari kandungan daun salam tersebut, serta mudah ditemukan dan pembuatan yang mudah membuat daun salam banyak digunakan. Kita bisa menggunakan daun salam dengan menjadikan sebagai  air rebusan. Nah, berikut ini beberapa manfaat daun salam untuk kesehatan.

1. Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Foto: Ladiestory.id

Penyakit yang terkadang tidak dapat diprediksi waktu terjadinya. Hal ini membuat serangan jantung menjadi yang ditakuti dan berbahaya di dunia. Data menyebutkan jika serangan jantung adalah penyebab pertama kematian di dunia.

Penyebab dari penyakit adalah terjadi hambatan aliran darah ke otot jantung. Pada umumnya, kondisi ini dianggap sebagai penyakit jantung koroner.

Jika dijelaskan dengan lebih rinci adalah penyumbatan pada pembuluh darah yang memasok darah ke jantung pembuluh darah koroner.

Hal ini  mengakibatkan penimbunan kolesterol sehingga membentuk plak di dinding pembuluh darah. Mulailah untuk mengonsumsi daun salam secara rutin. Secara tidak langsung, ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung di kemudian hari.

Selain itu, daun salam berguna menurunkan kadar kolesterol jahat dan melindungi lapisan pembuluh darah serta berkontribusi dalam menurunkan tekanan darah

2. Menurunkan Kadar Kolesterol yang Tinggi

Foto: Ladiestory.id

Kolesterol yang tinggi menyebabkan berbagai penyakit. Kehadiran dari daun adalah membantu penurunan kadar kolesterol jahat atau LDL dan kolesterol trigliserida.

Kandungan dari daun salam ada vitamin C, vitamin A, zat besi, kalsium, magnesium, dan caffeic acid yang mampu meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL di dalam tubuh.

Selain itu, berdasarkan Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition di tahun 2009, rutin mengonsumsi 1-3 gram daun salam mampu menurunkan kolesterol total hingga 24 persen, trigliserida hingga 34 persen, kolesterol LDL hingga 40 persen, dan  meningkatkan kolesterol HDL hingga 29 persen.

3. Menjaga Keseimbangan Kadar Gula Darah

Foto: Ladiestory.id

Daun salam dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah karena adanya zat polifenol dalam daun salam. Berdasarkan sebuah penelitian membuktikan mengkonsumsi setiap hari 1-3 gram daun salam dalam bentuk kapsul bermanfaat bagi penderita diabetes.

Selain itu, konsumsi daun salam bersamaan dengan obat penurun gula darah tetap sesuai kadar yang tepat sehingga perubahannya tidak terlalu drastis.

Itu dia beberapa manfaat daun salam untuk kesehatan. Meskipun kaya akan manfaat, tetap konsumsi dalam batas wajar dan ada baiknya untuk konsultasikan ke dokter terlebih dahulu.