Dijamin Bermanfaat! 5 Self Development yang Perlu Kamu Tingkatkan

Senin, 1 Agustus 2022 | 12:45:00

Dijamin Bermanfaat! 5 Self Development Yang Perlu Kamu Tingkatkan

Ilustrasi Perempuan Sukses dan Bahagia. (Special)

Ladiestory.id - Apabila kamu ingin sukses dan bahagia, maka harus menemukan metode atau cara yang sesuai untuk meraihnya. Namun, ternyata ada pula hambatan dan rintangan yang perlu dihadapi sehingga membutuhkan proses pengembangan diri atau self development.

Self development merupakan suatu strategi yang dilakukan oleh individu untuk mengembangkan kesadaran diri (self awareness), potensi, bakat, keterampilan dan kemampuan. Ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup seseorang agar lebih maju dan berkembang, meski dari hal kecil sekali pun.

Manfaat yang didapatkan dari self development, yaitu dapat membuka peluang baru dengan meningkatkan kualitas diri, sarana untuk mempelajari atau mengeksplor hal baru dan mengasah kemampuan yang ada, serta meningkatkan rasa percaya diri atas kemampuan yang dimiliki.

Berikut ini beberapa self development yang perlu kamu tingkatkan.

Productivity

Self Development yang Perlu Ditingkatkan. (Pinterest)

Productivity merupakan kemampuan individu dalam menghasilkan suatu yang diinginkan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada secara efektif dan efisien. Kamu harus meningkatkan hal ini dengan cara mengerjakan sesuatu lebih fokus, tidak menunda-nunda, serta membuat project management yang baik.

Career Planning

Self Development yang Perlu Ditingkatkan. (Pinterest)

Mulai sekarang, kamu harus memiliki tujuan hidup yang jelas. Kamu bisa mencobanya dengan melakukan career planning, yaitu dengan menentukan tujuan apa yang ingin kamu capai, mengevaluasi skill dan menetapkan langkah apa yang harus diambil dalam mewujudkannya.

Skill

Self Development yang Perlu Ditingkatkan. (Pinterest)

Mulai sekarang, kamu juga harus melakukan upgrade terhadap skill untuk meningkatkan kualitas diri dan hidup. Buatlah personal branding yang baik, asah kemampuan public speaking dan tingkatkan kreativitas.

Selain itu, apabila kamu ingin menekuni suatu karier, bisa mencoba mengambil training atau magang untuk meningkatkan jam terbang.

Growth Mindset

Self Development yang Perlu Ditingkatkan. (Pinterest)

Growth mindset merupakan pola pikir atau keyakinan bahwa kemampuan dasar yang dimiliki dapat dikembangkan dan ditingkatkan melalui dedikasi dan kerja keras. Oleh karena itu, cobalah memberi afirmasi positif pada diri sendiri, serta tingkatkan pikiran bawah sadar dan konsistensi.

Untuk meningkatkan growth mindset, kamu harus menghadapi setiap tantangan dengan berani, mengakui ketidaksempurnaan yang dimiliki, memerhatikan pikiran serta ucapan, berhenti mencari persetujuan orang lain, memperkuat kelebihan serta memperbaiki kelemahan, menerima kritik dengan terbuka, menghargai setiap proses yang terjadi, serta belajar dari kesalahan.

Self Awareness

Self Development yang Perlu Ditingkatkan. (Pinterest)

Self awareness merupakan kemampuan seseorang dalam memahami perasaan, pikiran, serta evaluasi diri. Hal ini ditujukan untuk membantu seseorang dalam memahami kekuatan, kelemahan, dorongan dan nilai yang ada dalam dirinya serta orang lain.

Untuk meningkatkan self awareness, kamu perlu belajar untuk mencintai diri sendiri, mengendalikan diri, serta mindfulnessMindfulness merupakan salah satu jenis meditasi yang melatih seseorang untuk fokus terhadap keadaan sekitar dan emosi yang dirasakan, serta menerimanya secara terbuka.