Dijamin Plong! 7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Orang Dewasa

Sabtu, 3 Juli 2021 | 09:40:27

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Dijamin Plong! 7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Orang Dewasa

Foto: Ladiestory.id

Ketika hidung tersumbat, bernafas menjadi salah satu tantangan hidup. Hal ini menjadi reaksi umum dari individu yang memiliki alergi atau sedang mengalami sakit flu.

Hidung tersumbat adalah kondisi di mana terjadi penyumbatan pada saluran hidung yang mengganggu proses pernapasan.

Penyumbatan tersebut terjadi karena adanya pembengkakan pada saluran hidung, yang muncul karena membran pelapis saluran hidung mengalami iritasi dan peradangan.

Tidak semata-mata hidung tersumbat terjadi karena penumpukan ingus di hidung.

Hidung tersumbat terjadi karena saat pilek bagian hidung, pembuluh darah, dan jaringan hidung yang berdekatan mengalami pembengkakan.

Hidung tersumbat juga bisa terjadi karena beberapa gangguan bisa disebabkan iritasi, seperti menghirup polusi udara, baik dari asap kendaraan atau asap rokok. Ataupun penyebab karena alergi, sinusitis, dan infeksi, contohnya ISPA dan influenza.

Ketika kita terkena alergi atau menghirup udara kotor, maka selaput yang melapisi saluran hidung akan meradang. Saat itulah hidung memproduksi lendir untuk mengusir segala sesuatu yang mengganggu. Lendir pengusir gangguan inilah yang membuat hidung jadi tersumbat.

Hidung tersumbat membuat aktivitas terganggu karena adanya rasa tidak nyaman. Selain itu, nafsu makan juga akan berkurang hingga perubahan suara.

Kebanyakan orang akan mengonsumsi obat-obatan yang kebanyakan memiliki efek samping ngantuk. Padahal ada cara mengatasi hidung tersumbat pada orang dewasa yang bisa meredakan.

7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Orang Dewasa

  1. Minum Air Hangat

Foto: Ladiestory.id

Lendir yang mengendap pada hidung menjadi lebih encer sehingga cairan bisa keluar ketika banyak mengonsumsi air hangat.

Jika Anda tidak suka air putih hangta, bisa diganti dengan teh hangat, jahe hangat, lemon tea hangat, mint tea hangat, yang mengandung antiseptik dan dekongestan alami untuk memudahkan pernapasan.

  1. Mandi Air Hangat

Ketika mandi air hangat akan sangat membantu meredakan hidung tersumbat. Pasalnya uap dari air hangat dapat menipiskan lendir yang ada di dalam hidung.

  1. Posisi Tidur

Foto: Ladiestory.id

Atur posisi tidur dengan cara kepala lebih tinggi dari tubuh, biasanya dengan membuat tinggi atau menumpuk bantal. Hal ini akan membuat kita lebih mudah bernafas dan lendir tidak mengumpal di hidung.

  1. Semprotan Saline

Foto: Ladiestory.id

Larutan saline atau larutan air garam bisa didapatkan di apotik. Cairan saline ada yang mengandung natrium klorida 0,9 persen dan natrium klorida 0,45 persen yang larut dalam air.

Semprotan ini dapat membantu mengencerkan lendir di saluran hidung. Ini dapat mengurangi peradangan pembuluh darah dan membantu mengosongkan cairan dari hidung.

Namun, konsultasikan kepada dokter bicaralah sebelum menggunakan semprotan saline.

Jika digunakan lebih dari tiga hari, sebenarnya akan memperburuk hidung tersumbat. Selain itu, obat ini juga dapat menyebabkan efek samping bila digunakan bersama dengan obat lain.

  1. Menggunakan Humidifier

Mesin pelembap udara seperti humidifier merupakan cara cepat dan mudah mengurangi nyeri sinus dan meredakan hidung tersumbat. Mesin ini dapat mengubah air kelembapan yang perlahan mengisi udara, meningkatkan kelembapan di dalam ruangan.

Dengan adanya humidifier dapat membantu mengosongkan cairan di hidung dan mengembalikan kondisi pernapasan ke keadaan normal.

  1. Makanan Pedas

Foto: Ladiestory.id

Mengonsumsi makanan pedas merupakan cara yang paling menyenangkan. Pasalnya ketika mengonsumsi makanan pedas, dengan sendirinya lendir akan mengalir keluar dan terasa satisfying bagi beberapa orang.

  1. Memijat Hidung

Foto: Ladiestory.id

Pijat bagian atas hidung dengan gerakan memutar dan dilakukan secara ringan akan membuat hidung terasa lega.

Inilah 7 cara mengatasi hidung tersumbat pada orang dewasa. Semoga membantu!