Cara Mengatasi Galau Tanpa Menyalahkan Diri Sendiri

Jumat, 6 Agustus 2021 | 06:29:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Cara Mengatasi Galau Tanpa Menyalahkan Diri Sendiri

Foto: Ladiestory.id

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, galau adalah pikiran kacau tidak karuan. Galau merupakan sebuah kondisi atau keadaan dimana seseorang tengah mengalami pikiran atau perasaan yang kacau tidak karuan. Tentunya ada banyak sebab yang membuat seseorang mengalami kegalauan, tergantung individunya.

Bagaimana cara mengatasi galau?

Beberapa orang beranggapan, orang galau sering merasakan bahwa masalahnya seperti tidak mempunyai jalan keluar, terombang-ambing, dan hal-hal tidak pasti lainnya. Seseorang yang sedang galau, pasti tidak bersemangat dalam melakukan apapun. Sehingga semuanya akan terbengkalai.

Tentu ketika seseorang mengalami kegalauan akan berimbas ke hal-hal negatif lainnya. Oleh sebab itu, seseorang perlu mengolah perasaan agar tidak berujung pada kegalauan yang berkepanjangan. Lalu, bagaimana cara mengatasi galau?

1. Jangan Menyalahkan Diri Sendiri

Foto: Ladiestory.id

 

Ketika merasakan galau, jangan sampai kita menyalahkan diri anda sendiri. Kita tidak perlu beranggapan bahwa yang menjadi penyebab semuanya terjadi akibat kesalahan kita. Berusahalah untu membuka pikiran sepositif mungkin dan ambil hikmah dibalik semua yang dialami.

Sesedih apapun kita saat ini dan segalau apapun perasaan kita, tetaplah berpikir positif. Sebab, saat kita dapat berpikir positif, tentu tidak akan mudah untuk larut di dalam kesedihan yang dapat berujung pada jiwa yang hampa.

2, Jangan Mendengarkan Musik Galau

Foto: Ladiestory.id

 

Memang setiap orang mempunyai caranya sendiri untuk bisa mengatasi rasa galau di hati, salah satunya mendengarkan musik. Memang mendengarkan musik dapat menjadi salah satu cara mengatasi galau yang cukup ampuh. Namun perlu diingat bahwa musik bisa mempengaruhi suasana hati.

Oleh sebab itu, saat dalam suasana hati galau, jangan mendengarkan lagu-lagu bernuansa sedih atau galau. Terlebih jangan mendengarkan lagu-lagu yang memiliki lirik relate dengan kondisi serta situasi saat ini. Sebab, hal ini malah akan membuat kita menjadi makin galau.

Lebih baik mendengarkan lagu yang dapat membuat lebih semangat lagi dalam menjalani hidup. Jadi kita tidak terjebak dan terus berlarut-larut dalam kegalauan yang berkepanjangan. Cobalah dengarkan lagu-lagu kencang, ataupun lagu yang ceria untuk membuat kamu merasa lebih bersemangat.

3. Sharing dengan Teman atau Keluarga

Foto: Ladiestory.id

 

Jika dalam kondisi galau, biasanya akan merasa senang jika ditemani oleh teman atau keluarga. Sebab kita bisa berbagi ceritamu pada teman ataupun keluarga untuk mengurangi rasa galau kita. Hal ini menjadikan salah satu cara mengatasi galau.

Sharing atau berbagi cerita dengan teman dan keluarga, dapat membuang sedikit rasa galau yang sedang dirasakan. Kita juga pasti akan merasa jauh lebih lega setelahnya. Kita juga akan merasa bahwa teman ataupun keluarga ternyata selalu berada di sisimu, walaupun di saat sedih atau galau seperti ini. Lama kelamaan perasaan galau ini pasti akan hilang.

4. Melakukan Hobi

Foto: Ladiestory.id

 

Melakukan hobi yang menjadi kegiatan favorit menjadi salah satu cara mengatasi galau. Bahkan jika perlu salurkan rasa galau menjadi suatu karya dari hobi yang bisa kamu lakukan.

Seperti contoh jika kamu memiliki hobi melukis atau menulis, kegalauan tersebut dapat diubah menjadi sebuah karya lukisan ataupun alur cerita yang indah. Tentu hal ini akan lebih bermanfaat bagi diri sendiri.

5. Tetap Tersenyum

Foto: Ladiestory.id

 

Kesedihan dan kegalauan merupakan respons alami jika seseorang mengalami sesuatu kejadian yang tidak mengenakan hati. Namun jika kita ingin meningkatkan kebahagiaan, cobalah untuk tetap tersenyum. Sebab, mencoba tersenyum dapat mengirimkan sinyal ke otak bahwa kita merasa bahagia. Hal tersebut tentu dapat meningkatkan suasana hati sehingga dapat menjadi salah satu cara mengatasi galau.

6. Menangis Sewajarnya

Foto: Ladiestory.id

 

Menangis dapat membuat hati lega dan dapat mencari cara mengatasi galau. Menangis juga bisa membuat beban dan juga kesedihan yang mengganjal di hati berkurang. Tidak perlu malu dan berpura-pura kuat, jika menangis dapat membuat semuanya lebih baik. Namun tetap jangan sampai kita terlarut dalam sebuah tangisan yang pada akhirnya dapat merugikan diri sendiri.

Demikianlah 6 cara mengatasi galau yang hanya dapat dihilangkan oleh diri sendiri.