Mudah! 5 DIY Scrub Siap Bantu Bibir Selalu Terawat

Minggu, 8 Januari 2023 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Mudah! 5 Diy Scrub Siap Bantu Bibir Selalu Terawat

Ilustrasi scrub bibir. (Special)

Ladiestory.id - Salah satu cara menjaga kesehatan bibir yaitu dengan melakukan scrub sekali seminggu. Hal ini dilakukan untuk membuat bibir selalu terawat dan terhindar dari pecah-pecah. Namun, scrub yang baik bagi bibir tentunya yang terbuat dari bahan alami.

Kulit luar pada bibir merupakan hasil pembelahan sel di lapisan terluar yang biasa disebut epidermis. Kemudian sel-sel kulit akan muncul ke lapisan luar dan menghasilkan protein yang disebut keratin. Protein inilah yang mengeras untuk melindungi mulut dari perubahan suhu maupun gangguan lainnya.

Sayangnya, kulit  bibir yang tipis sangat rentan mengalami pecah-pecah, kasar, hingga perih. Nah, bagi kamu yang ingin mencoba membuat scrub bibir alami, simak lima DIY (do it yourself) scrub yang siap bantu bibir kamu selalu terawat!

Kelapa dan Madu 

Ilustrasi minyak kelapa. (Special)

Resep DIY pertama yang dapat kamu coba untuk membuat scrub bibir yaitu menggunakan bahan kelapa dan madu. Perpaduan dua bahan alami tersebut dapat menciptakan scrub bibir alami. Kegunaannya sendiri dapat membantu menutrisi bibir dan mencegahnya dari pecah-pecah.

Bahan yang perlu kamu siapkan seperti, 1 sdm minyak kelapa, 1 sdm madu organik, 2 sdm gula merah dan ½ sdm air hangat. Langkah pertama, campurkan minyak kelapa dan madu. Kemudian, tambahkan gula merah dan air hanyar ke dalam campuran.

Oleskan pada bibir dan gosok campuran scrub dengan gerakan memutar selama 2-3 menit. Terakhir, bilas bibir dengan air hangat hingga scrub hilang dari permukaan bibir. 

Cokelat 

Ilustrasi bubuk cokelat. (Special)

Siapa sangka cokelat ternyata juga dapat kamu manfaatkan sebagai bahan scrub alami. Scrub ini dapat membantu bibirmu selalu terawat dan ternutrisi. Bahan yang diperlukan sangat mudah seperti, 1 sdm bubuk kakao, 2 sdm gula merah, 1 sdt ekstrak vanila, 1 sdt madu, 2 sdt minyak zaitun.

Pertama, campur seluruh bahan ke dalam sebuah mangkuk. Oleskan sedikit scrub pada bibir dan gosok dengan gerakan memutar secara perlahan. Diamkan beberapa menit. Kemudian, bilas dengan kain basah yang hangat dan lembut.

Stroberi Kiwi 

ilustrasi stroberi. (Special)

Buah yang lezat satu ini tentu menjadi favorit banyak orang, bukan? Stroberi dan kiwi dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan bibir. Stroberi mengandung mineral serta vitamin yang dapat membantu mencerahkan warna bibir. Sedangkan kiwi, dapat membantu menenangkan bibir yang sakit serta kering dan membuatnya lebih lembut.

Bagi kamu yang ingin mencoba membuat scrub alami dari buah ini, bahan yang dibutuhkan seperti 1 buah stroberi yang sudah dihaluskan, ½ kiwi yang sudah dihaluskan, 6 sdm gula pasir, 2 sdm minyak zaitun.

Cara membuatnya, haluskan stroberi dan kiwi ke dalam blender. Kemudian, sisihkan dan tambahkan gula, minyak zaitun, serta bubur buah ke dalam sebuah mangkuk dan aduk rata. Selanjutnya, oleskan scrub dengan gerakan melingkar selama 30 detik dan biakan gula mengelupas kulit kering. Terakhir, bilas bibir dengan air hangat. 

Kopi dan Madu

Ilustrasi bubuk kopi. (Special)

Tak hanya membantumu mendapat energi di pagi hari, kopi juga dapat membantu merawat kesehatan bibirmu. Campuran bahan kopi dan madu dapat membantu mengelupas kulit kering pada bibir dan melembapkannya. Bahan yang dibutuhkan hanya dua, 1 sdm bubuk kopi dan 1 sdm madu.

Cara membuatnya sangat mudah, lho. Pertama, campurkan bubuk kopi dan madu kedalam mangkuk. Kemudian, aduk rata dan oleskan scrub ke bibir dan pijat secara melingkar selama satu menit. Biarkan scrub mengering selama satu menit. Kemudian, bilas dengan air hangat.

Kayu Manis

Kayu Manis (Special)

Selama ini, mungkin kamu menggunakan kayu manis hanya sebagai pelengkap masakan. Namun, dibalik itu kayu manis memiliki khasiat untuk kesehatan bibir, lho. Scrub dari kayu manis dapat dijadikan sebagai exfoliating dan membuat bibir menjadi lebih lembut.

Bahan yang perlu disiapkan seperti 2 sdm brown sugar, ½ sdm minyak zaitun, ½ sdm madu dan ½ sdt kayu manis bubuk. Langkah pertama, campurkan semua bahan dalam mangkuk dan aduk rata. Kemudian, oleskan pada bibir dan pijat dengan perlahan. Setelah itu, biarkan scrub mengering menjadi masker. Terakhir, cuci bibir dengan bersih menggunakan air hangat supaya terhidrasi dengan sempurna.