Ilmu Lebih Bermanfaat, Yuk Baca Doa Sebelum dan Sesudah Belajar!

Jumat, 12 Agustus 2022 | 19:45:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Ilmu Lebih Bermanfaat, Yuk Baca Doa Sebelum Dan Sesudah Belajar!

Ilustrasi belajar. (Special)

Ladiestory.id - Kegiatan belajar merupakan hal yang wajib dilakukan oleh semua orang, terutama para siswa. Selain itu, belajar merupakan salah satu bentuk ibadah yang disenangi oleh Allah Swt.

Selain itu, belajar juga membuat kamu menjadi lebih pintar dan memahami materi. Belajar juga tidak mengenal usia. Selama manusia masih diberi kesempatan hidup, belajar akan selalu dilakukan.

Sebelum melakukan sesuatu, baiknya diawali dengan berdoa, tak terkecuali dengan belajar. Lalu, seperti apa bacaan doa sebelum dan sesudah belajar? Bagaimana manfaat berdoa dan adab selama belajar? Yuk, simak!

Doa Sebelum Belajar

Ilustrasi doa sebelum belajar. (Special)

Ketika seseorang hendak belajar, alangkah lebih baiknya menlafalkan doa terlebih dahulu. Hal tersebut dimaksudkan sebagai penghambaan kepada Tuhan dan permohonan supaya dimudahkan dalam menyerap materi.

Selain itu, berdoa bisa membantu kamu lebih bersemangat saat belajar. Berikut doa yang dapat kamu lafalkan:

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

(Robbi zidnii ‘ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj’alnii minash-sholihiin)

Artinya:

“Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman. Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang shaleh.”

Selain berdoa, kamu juga bisa menyiapkan sebotol air putih dan sedikit camilan supaya belajar menjadi lebih menyenagkan dan nyaman. Kamu juga bisa lebih bersemangat dan berkonsenstrasi dalam menyerap ilmu yang kamu pelajari.

Doa Sesudah Belajar

Ilustrasi doa. (Special)

Ketika telah selesai belajar, kamu juga perlu menutupnya dengan doa. Hal tersebut dimaksudkan sebagai bentuk rasa syukur karena telah diberikan kesempatan belajar dengan lancer.

Selain itu, kamu juga memohon dimudahkan pemahamannya dan mengingatnya. Sehingga, saat dihadapkan pada soal yang berkaitan materi tersebut akan lebih mudah menyelesaikannya. Berikut doa sesudah belajar:

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

(Rabbanan fa’naa bima ‘alamtanaldzi yanfa’una wa zidna ‘lman walhamdulillahi ‘ala kulihal)

Artinya: “Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami mengenai apa yang bermanfaat untuk kami dan tambahkan ilmu tehadap kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap kondisi.”

Manfaat Berdoa

Ilustrasi doa. (Special)

Meski berdoa terkadang dianggap sepele bagi sebagian orang, kegiatan penting ini ternyata menyimpan banyak manfaat yang baik bagi kesehatanmu, secara fisik maupun mental. Beberapa manfaatnya antara lain membuat perasaan dalam diri menjadi lebih baik. Sebab, dapat menjauhkan kita dari sifat egois sekaligus meningkatkan perasaan untuk selalu bermuhasabah.

Selain itu, belajar juga baik bagi kesehatan jantung dan memperpanjang usia. Berdoa merupakan salah satu kegiatan yang memberikan ketenangan. Hal tesebut kemudian membantu dalam mengurangi stres.

Adab dalam Belajar

Ilustrasi belajar. (Special)

Adab biasa juga disebut sebagai akhlak dalam melakukan sesuatu. Hal ini juga menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Adanya adab dalam beraktivitas, maka ia akan dimuliakan oleh Allah Swt.

Selain itu, secara tidak langsung dihormati oleh sesama manusia. Bahkan, terdapat sebuah hadis yang menyebutkan pentingnya adab bagi umat muslim.

“Tidak ada sesuatu pun yang lebih berat dalam timbangan seseorang mukmin pada hari kiamat dari pada akhlak yang mulia.” (HR Tirmidzi)

Adapun adab dalam belajar, seperti niat belajar untuk mencari Ridha Allah Swt. Kamu dapat menyebutkannya dalam hati secara ikhlas, sehingga ilmu yang diperoleh dari proses belajar menjadi bermanfaat bagi dirimu atau orang lain.

Kedua, membaca doa sebelum dan sesudah belajar. Ketiga, konsentrasi dan tidak main-main ketika belajar. Supaya dapat memperoleh hasil yang baik dan maksimal.

Keempat, fokuskan pandangan dan pikiran kepada materi yang sedang dipelajari. Hindari gangguan seperti notifikasi handphone atau social media. Lakukan istirahat sesekali dalam kurun waktu tertentu untuk mengembalikan konsentrasimu.