Bikin Tegang, 5 Drama Korea Thriller Ini Usung Kasus dari Kisah Nyata

Jumat, 19 Agustus 2022 | 00:01:00

Bikin Tegang, 5 Drama Korea Thriller Ini Usung Kasus Dari Kisah Nyata

Lee Seung Gi dalam drama "Mouse". (Special)

Ladiestory.id - Alur dalam drama Korea tak jarang diangkat dari novel yang laris hingga adaptasi dari webtun yang populer. Beberapa drama Korea, khususnya bergenre thriller, pun sempat mengusung kasus kriminal yang terjadi di negaranya.

Hal ini membuat banyak penonton merasa semakin penasaran lantaran kisahnya diangkat dari kisah nyata tersebut. Nah, berikut beberapa drama Korea yang mengangkat kasus dari kisah nyata.

Through the Darkness 

Kim Nam Gil di drama Through The Darkness. (Special)

Drama yang dibintangi oleh Kim Nam Gil ini berfokus pada tokoh profiler pertama Korea. Di sini, Kim Nam Gil memerankan karakter Song Ha Yeong.

Song Ha Yeong memiliki jiwa yang tenang dalam menggali kasus dengan membaca pikiran para pembunuh berantai yang telah menjadi tahanan. 

Menariknya, drama ini diangkat berdasarkan novel non-fiksi “Akui Maeumeul Ilneun Jadeul” karya profiler Kwon Il  Yong dan penulis Go Na Moo. Dalam novelnya, penulis menjelaskan bagaimana menangani masalah-masalah kriminal yang sulit untuk dipecahkan. 

Beberapa kasus yang ada dalam drama ini diangkat dari kisah nyata. Salah satunya, kasus pembunuhan berantai Hwaseong yang terjadi pada 1986 hingga 1991. Kasus ini merupakan pembunuhan tersadis sepanjang sejarah kriminal Korea Selatan.

Mouse 

Mouse. (Special)

"Mouse" mengisahkan tentang gen psikopat yang bisa diidentifikasi sejak dini. Drama yang dibintangi Lee Seung Gi ini kemudian mengikuti tokoh Jung Ba Reum, seorang polisi yang berusaha untuk menindak kejahatan. 

Permasalahan semakin pelik saat ada kasus pembunuhan berantai yang dilakukan psikopat. Terlebih, pelaku tersebut tidak menyesali perbuatannya.

Sementara itu, penulis drama thriller ini mengaku terinspirasi dari kasus pembunuhan di sekolah dasar Incheon pada 2017. Hal ini dikarenakan sang pelaku tak menyesali perbuatan kejinya saat di persidangan.

Juvenile Justice

Juvenile Justice. (Netflix)

Drama yang tayang dirilis pada 2022 ini menceritakan tentang seorang hakim yang memiliki trauma masa lalu akibat anaknya menjadi korban kejahatan di bawah umur. Dia merasa hukum di negara tersebut tidak adil untuk anak di bawah umur. Padahal, tindakan yang dilakukan sangatlah keji.

Mengangkat tentang kekerasan yang dilakukan remaja, beberapa cerita dalam drama ini pun diangkat dari kisah nyata. Salah satunya, kasus pembunuhan anak umur 8 tahun yang sangat keji.

Pelakunya adalah dua remaja psikopat yang tidak menyesal dengan tindakannya. Pelaku justru mencoba melemparkan masalah tersebut kepada temannya yang di bawah umur, agar hakim dapat meringankan kejahatan yang telah dilakukannya. 

Signal

Signal. (Special)

Drama Korea ini menceritakan seorang letnan polisi yang ahli dalam profiler atau teknik mengindentifikasi pelaku krimina bernama Park Hae Young (Lee Je Hoon). Meskipun hanya bekerja sebagai polisi, dia memiliki trauma di masa lalunya yang membuat dirinya membenci dan tidak percaya terhadap polisi.

Drama ini juga merupakan drama thriller yang mengambil kisah nyata dari berbagai insiden yang terjadi di Korea Selatan. Salah satu kasus yang diangkat dalam drama ini adalah pembunuhan berantai di Hwaseong.

Taxi Driver

Taxi Driver. (Spesial)

Drama ini diadaptasi oleh webtun dengan judul yang sama. "Taxi Driver" berkisah tentang tokoh Kim Do Ki (Lee Je Hoon), pengemudi taksi yang bertugas menghukum para pelaku kejahatan.

Beberapa kasus yang terjadi dalam drama "Taxi Driver" ini diangkat dari kisah nyata. Salah satunya adalah kasus Cho Do Chul, di mana memiliki kemiripan dengan kejahatan yang dilakukan Cho Doo Soon. Dia adalah pelaku kejahatan seksual anak.