Pengaruhi Kesehatan, 3 Efek Buruk Penggunaan High Heels

Sabtu, 9 April 2022 | 21:00:00

Devy Felicia

Penulis : Devy Felicia

Pengaruhi Kesehatan, 3 Efek Buruk Penggunaan High Heels

Foto: thetrendspotter

Ladiestory.id - Ternyata menggunakan high heels dapat berdampak buruk pada kesehatan. Tidak hanya di kaki, dampak tersebut juga akan terasa pada bagian-bagian di bawah ini.

Berdasarkan The Spine Health Institute, hanya sebesar 28 persen perempuan yang tidak pernah menggunakan high heels, sedangkan sisanya yang sebanyak 72 persen sangat gemar menggunakan sepatu hak tinggi ataupun high heels.

Dari dulu hingga sekarang, high heels diibaratkan dengan sahabat perempuan. Entah mereka hanya akan menggunakannya untuk jalan-jalan hingga menghadiri acara yang penting dan juga formal. Sejumlah pekerjaan bahkan mewajibkan pegawai perempuannya untuk menggunakan sepatu hak tinggi.

Perempuan yang menggunakan high heels memang akan terlihat lebih proposional dan menarik. Tapi sangat disayangkan jika penggunaan high heels bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Seperti yang dijelaskan di atas, selain dapat berdampak buruk bagi kaki, penggunaan high heels juga bisa berdampak bagi anggota tubuh lainnya, seperti pinggul, lutut, dan tulang belakang.

Pinggul

Ilustrasi badan pegal saat bangun tidur. (Special)

Bagian pinggul merupakan salah satu area tubuh yang terkena dampak buruk dari pemakaian high heels. Kamu akan dipaksa menyeimbangkan tubuh ketika menggunakannya. Oleh karena itu, area pinggang bagian bawah akan terdorong ke depan dan penyelarasan pinggul dan tulang belakang akan berubah guna menyesuaikannya.

Akhirnya, area pinggul akan terus terlipat dalam menyeimbangkan tubuh. Nyeri pinggul yang disebabkan karena otot-otot memendek dan berkontraksi akan Kamu rasakan jika terlalu sering menggunakan sepatu hak tinggi.

Lutut

Ilustrasi peradangan. (Special)

Beban tubuh akan sepenuhnya terletak di tumit telapak kaki ketika Kamu menggunakan sepatu hak tinggi. Untuk menjaganya tetap seimbang, lutut harus terus dalam keadaan maju.

Karena pada akhirnya lutut memperoleh tekanan yang berlebihan, maka lama-kelamaan hal tersebut bisa menimbulkan penyakit osteoartritis maupun radang sendi. Nyeri sendi, kekakuan, dan rentang gerak terbatas akan kamu dapatkan jika kamu menderita penyakit osteoartritis.

Tulang Belakang

Ilustrasi jaga kesehatan tulang. (Special)

Bagian terakhir yang terkena dampak buruk dari penggunaan high heels adalah tulang belakang. Seperti yang diketahui jika tulang belakang mempunyai lengkungan alami pada bentuknya. Dengan adanya lengkungan tersebut, tubuh akan menjadi lebih nyaman dan rileks ketika Kamu bergerak.

Tapi lengkungan dari punggung bagian bawah akan menjadi berlebihan dan dapat membuat keselarasan tulang belakangmu bergeser ketika Kamu menggunakan high heels. Pada akhirnya hak tersebut akan membuat kamu merasakan sakit punggung yang sulit digerakkan.

Gangguan kesehatan seperti rasa sakit, kelemahan otot, kejang, kram, sampai kelainan kelengkungan tulang belakang juga akan didapatkan jika kamu keterusan memakai sepatu hak tinggi.

Bukannya tidak memperbolehkan perempuan menggunakan high heels. Tapi dengan mengetahui dampak buruk penggunaan high heels, diharapkan jika nantinya Kamu akan lebih bijak dalam menggunakannya. Jangan sampai Kamu merasakan dampak buruk dari penggunaan high heels ini.

s