Electrophone: Alat Musik yang Dimainkan dengan Listrik

Rabu, 23 Juni 2021 | 16:51:18

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Electrophone: Alat Musik Yang Dimainkan Dengan Listrik

Foto: Ladiestory.id

Alat musik memiliki berbagai ragam jenis, seperti alat music pukul, alat musik tiup, dan lain sebagainya. Di antara banyaknya jenis alat musik, ada alat musik yang disebut electrophone atau elektrofon.

Elektrofon adalah alat musik yang dimainkan dengan listrik. Alat musik ini menghasilkan dan mengubah bunyi dari gelombang listrik yang diterima.

Nah, berikut ini beberapa alat musik yang dimainkan dengan listrik.

      1. Keyboard (Piano Listrik)

Foto: Ladiestory.id

Keyboard adalah alat musik yang mirip dengan piano, namun tidak memiliki pedal di bawahnya. Bentuknya lebih sederhana dibanding piano, sehingga mudah dibawa kemana-mana. Kelebihan keyboard ialah mampu mengeluarkan suara instrumen lain selain piano, seperti drum, seruling, dll.

Biasanya, keyboard dilengkapi dengan fasiliatas style atau musik iringan untuk karaoke. Bahkan, ada keyboard yang menyertakan alat rekam.

Jenis Keyboard

Keyboard memiliki berbagai jenis, antara lain:

1. Accompaniment keyboard

Keyboard jenis ini cocok untuk digunakan di rumah, karena terdapat fasilitas style yang dapat digunakan untuk organ tunggal dan karaoke. Keyboard ini cocok untuk dimainkan oleh pemula karena tidak perlu memencet banyak tombol dan memikirkan chord.

2. Keyboard mono timbral

Keyboard jenis ini memiliki beragam jenis suara, namun hanya bisa mengeluarkan satu suara dalam satu waktu. Biasanya, kualitas suara dari keyboard ini cenderung bagus.

3. Keyboard multi timbral

Berbeda dengan jenis keyboard sebelumnya, keyboard jenis ini mampu mengeluarkan berbagai macam suara dalam satu waktu. Suara yang dikeluarkan dapat berupa suara piano, drum, gitar, atau bass. Keyboard jenis ini cocok digunakan untuk mengerjakan aransemen dan kegiatan rekaman.

4. Digital synthesizer

Synthesizer adalah keyboard yang memiliki banyak suara dan dapat mengubah atau meggabungkan dengan suara lain. Keyboard jenis ini bahkan mampu untuk membuat suara baru.

      2. Gitar listrik

Foto: Ladiestory.id

Gitar listrik adalah jenis gitar yang mengubah bunyi dari string gitar menjadi arus elektrik yang dikuatkan lagi dengan menggunakan amplifier dan pengeras suara.

Gitar listrik memiliki ciri suara yang melengking tinggi. Gitar jenis ini cocok dipadukan dengan alat musik lain seperti drum dan bass dalam band. Meskipun suara gitar listrik dikenal melengking, gitar listrik cocok untuk memainkan berbagai jenis musik, seperti jazz, rock, blues, hingga heavy metal.

Harga gitar listrik cenderung lebih mahal dibandingkan gitar akustik. Gitar jenis ini juga membutuhkan amplifier, sehingga kurang praktis untuk dibawa kemana-mana. Bermain dengan gitar elektrik juga perlu menyeimbangkan dengan kenop volume.

Body gitar lsitrik yang lebih ramping, ringan, dan leher yang tipis, serta senar dan sentuhan yang lebih ringan menjadikan gitar listrik memiliki keunggulanuntuk dimainkan oleh para pemula.

3. Drum elektrik

Foto: Ladiestory.id

Drum elektrik adalah salah satu jenis gitar yang menggunakan aliran listrik untuk menghasilkan bunyi. Drum elektrik dianggap memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan drum akustik yang biasa. Beberapa kelebihan tersebut antara lain:

  • Suara drum masih tetap terdengar namun tidak terlalu bising
  • Volume suara dapat dinaikkan atau dikecilkan sesuai gaya dan sampel musik
  • Terdapat mode metronome pada modul drum
  • Ringan dan menghemat ruang
  • Mudah digunakan, sehingga cocok untuk pemula
  • Perawatan yang lebih sederhana

Meski memiliki berbagai keunggulan, bermain dengan drum elektrik memberi sensasi  yang berbeda dibandingkan dengan menggunakan drum akustik.

Demikian ulasan tentang alat musik yang dapat dimainkan dengan listrik. Semoga bermanfaat.