Fakta Garam Laut yang Ternyata Berguna untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:15:00

Fakta Garam Laut Yang Ternyata Berguna Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Garam laut adalah garam yang dihasilkan dari penguapan air laut. Garam ini cenderung berwarna lebih gelap daripada garam halus, karena penyerapan mineral penting dari lapisan tanah liat. Proses pengolahan garam laut juga sederhana, tidak seperti garam olahan lainnya yang cenderung lebih banyak mengandung bahan kimia dan menghilangkan mineral asli pada garam.

Garam laut berasal dari berbagai nutrisi mineral penting  yang ditemukan di air laut. Mineral penting ini termasuk natrium, kalium, kalsium, magnesium, bromida, klorida, besi, tembaga, seng, dan lain lain. Namun, perlu diingat bahwa iklim dan lokasi geografis wilayah juga memainkan peran penting dalam kualitas dan kombinasi dari mineral yang disediakan oleh garam laut.

Fakta Garam Laut untuk Kesehatan

Foto: Ladiestory.id

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa larutan garam Laut juga efektif dalam mengobati rinosinusitis. Studi ini menyimpulkan bahwa semprotan garam laut menunjukkan hasil yang lebih baik daripada semprotan garam hipertonik. Karena sifat anti-inflamasinya, garam laut adalah pertimbangan Anda saat mengobati alergi hidung dan penyakit pernapasan lainnya. 

Garam laut mengandung fluoride. Senyawa ini sangat membantu dalam meningkatkan kesehatan gigi. Fluoride melindungi gigi Anda dari kerusakan asam dan mencegah perkembangan gigi berlubang. Berkumur secara teratur, terutama dengan larutan garam laut yang hangat, dapat membantu mengurangi sariawan, gusi berdarah, sariawan, dan sakit tenggorokan.

Garam laut bermanfaat untuk meredakan kram otot dan meningkatkan kekuatan otot. Mineral penting seperti magnesium dan potasium menjadikan garam laut sebagai obat alami untuk  sakit dan nyeri.

Efek osmotik yang diciptakan oleh  zat terlarut dalam rendaman garam laut mencegah akumulasi racun dalam tubuh. Itu sebabnya garam laut dapat membantu Anda mengurangi kekakuan dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh kelelahan  dan ketegangan otot.

Jika Anda merasakan stres yang luar biasa, Anda bisa mandi dengan garam laut ini. Dalam sebuah penelitian, ditunjukkan bahwa garam laut dapat secara signifikan mengurangi tingkat stres dengan meningkatkan kadar oksitosin. Tingkat Oksitosin adalah hormon yang melawan depresi dan membuat Anda merasa bahagia, tenang dan santai. 

Selain mandi, Anda juga bisa mencampurkan garam laut dengan air hangat dan diminum sebelum tidur agar tidur lebih nyenyak dan berkualitas. Manfaat pertama garam laut adalah membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Bagi Anda yang sedang merasa terhidrasi, Anda bisa memanfaatkan manfaat garam laut ini. 

Jumlah nutrisi dalam garam laut juga memuaskan dahaga untuk jangka waktu yang lebih lama dan membuat cairan tubuh bertahan lebih lama. Oleh karena itu, tubuh membutuhkan nutrisi yang terdapat dalam garam laut alami yang tidak dapat dipenuhi oleh garam meja olahan.

Fakta Garam Laut untuk Kecantikan

Foto: Ladiestory.id

Garam laut baik untuk mengurangi jerawat dengan membunuh bakteri penyebab jerawat dan menghilangkan minyak berlebih dari kulit, garam laut juga membantu mengecilkan pori-pori besar. Karena kandungan belerangnya, garam laut dapat membantu membersihkan dan mengobati kondisi kulit seperti dermatitis dan bekas jerawat

Mandi dalam larutan garam Laut Mati dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan dapat mengurangi peradangan pada permukaan kulit. Efek anti-inflamasi ini terkait dengan adanya magnesium tingkat tinggi dalam garam ini.

Tidak hanya itu, garam ini  juga membantu mengeluarkan racun dari pori-pori sekaligus membantu meningkatkan sirkulasi darah. Kandungan magnesium yang tinggi juga meningkatkan pergantian sel, membuat kulit Anda terlihat lebih muda.

Kandungan mineral yg tinggi bisa mengatasi jamur kuku. Caranya menggunakan wadah berisikan air hangat dicampur menggunakan 2 sendok garam laut dan beberapa tetes air lemon. Rendam kuku dalam adonan air, garam, dan lemon selama 10 menit. Setelah itu bilas dan keringkan kuku menggunakan handuk bersih. 

Garam laut bisa sebagai bahan eksfoliasi selain gula, eksfoliasi bisa mengangkat sel-sel kulit dan menciptakan kulit cerah bersinar. Berkat kandungan mineral yang tinggi dalam garam laut, kulit Anda akan semakin terasa lebih halus dan lembut.

Mineral yang terkandung pada garam laut bisa menciptakan kulit semakin lebih kencang. Rutin menggunakan scrub garam laut menciptakan kulit tampak awet muda. Scrub ini juga cocok buat mengatasi kasus stretch mark dan selulit yang menumpuk pada area paha dan perut.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait fakta garam laut yang ternyata memiliki manfaat yang cukup besar dalam dunia kesehatan dan kecantikan. Namun Anda perlu berhati-hati dan berkonsultasi terlebih dahulu jika memiliki masalah kulit yang sensitif.