Menang Piala Oscar 2022, Fakta Menarik Film "Drive My Car"

Kamis, 31 Maret 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Menang Piala Oscar 2022, Fakta Menarik Film "Drive My Car"

Film Drive My Car. (Special)

Ladiestory.id - Film "Drive My Car" sedang hangat dibicarakan di media sosial usai kemenangannya di Piala Oscar 2022. "Drive My Car" berhasil menang dalam kategori Best International Feature Film of The Year.

Bahkan, film tersebut menjadi salah satu film Asia yang mampu membawa pulang piala dalam ajang bergengsi. Meski memiliki durasi panjang, yakni tiga jam, namun film tersebut tidak membosankan untuk dinikmati.

Pasalnya, film tersebut menceritakan tentang penyesalan hidup seorang aktor dan sutradara terkenal usai ditinggal istrinya meninggal.

Kira-kira sebagus apa sih film tersebut sehingga menang Piala Oscar 2022? Yuk simak fakta menarik film "Drive My Car" berikut.

Diadaptasi dari Cerpen

Film Drive My Car. (Special)

Film bertajuk "Drive My Car" merupakan adaptasi dari sebuah cerpen karya Haruki Mukarami. Ia merupakan seorang penulis terkenal di Jepang. Tak heran jika karyanya kerap diterjemahkan dalam berbagai bahasa.

Nah, salah satu karya terbaiknya adalah cerpen dengan tajuk "Drive My Car". Cerpen tersebut masuk dalam buku karyanya yang terbit pada 2014 silam dengan judul "Men Without Women".

Diperankan Aktor Ternama

Film Drive My Car. (Special)

Tidak hanya diadaptasi dari cerpen karya penulis ternama. Namun, film "Drive My Car" juga diperankan oleh aktor Jepang ternama.

Dia adalah Hidetoshi Nashijima, yang berperan sebagai tokoh utama. Hidetoshi Nashijima memerankan karakter yang bernama Yusuke Kafuku. Sebelumnya, telah banyak film populer yang berhasil dibintangi oleh Hidetoshi Nashijima.

Hidetoshi Nashijima berakting bersama aktor dan aktris ternama di Jepang lainnya, di antaranya Toko Miura, Reika Kirishima, dan Mosaki Okada.

Perbedaan Alur Cerita

Film Drive My Car. (Special)

Meskipun diadaptasi dari cerpen dengan judul yang sama, namun ada perbedaan alur cerita antara cerpen dan film tersebut. Jika dalam cerpen, alur yang digunakan adalah alur mundur atau kilas balik.

Sedangkan versi film, "Drive My Car" menggunakan alur maju. Selain itu, ada juga perbedaan momen, yakni saat pertemuan Yusuke dan Misaki untuk pertama kalinya. Jika dalam cerpen, Yusuke dan Misaki bertemu akibat bantuan dari teman Yusuke, seorang mekanik mobil.

Namun, berbeda lagi ketika diadaptasi versi film. Yusuke dan Misaki akan bertemu karena diperkenalkan oleh penyelenggara pementasan teater.

Jawab Teka-teki Tak Terpecahkan di Cerpen

Film Drive My Car. (Special)

Bisa dibilang film "Drive My Car" menjadi jawaban bagi teka-teki yang tidak terpeacahkan dalam cerpen. Sebab pada dasarnya, teka-teki menjadi salah satu ciri khas bagi penulis Haruki Mukarami.

Seusai menonton film tersebut, penonton akan paham dan mengerti pesan moral dalam cerita "Drive My Car". Bahkan, rasa penasaran akan jawaban misteri dalam cerpen "Drive My Car" bisa ditemukan.

Misteri atau teka-teki pertama yang bisa terpecahkan adalah Oto, yang menjadi gadis penyelundup rumah pria yang disukai. Sedangkan misteri kedua adalah alasan mengapa Oto berselingkuh. Kedua teka-teki dalam cerpen tersebut akan dijawab melalui film "Drive My Car".

Libatkan Bahasa Isyarat dan Bahasa Indonesia

Film Drive My Car. (Special)

Jika sudah menonton film "Drive My Car", maka Kamu akan menemukan suatu dialog menggunakan bahasa Indonesia. Ya, dialog tersebut diucapkan di awal cerita ketika adegan pementasan teater.

Tentunya kehadiran bahasa Indonesia dalam film tersebut menarik perhatian masyarakat Indonesia. Bahkan tidak hanya bahasa Indonesia, namun film tersebut juga menyertakan beberapa bahasa lainnya, seperti bahasa Mandarin, bahasa Korea, dan bahasa Inggris.

Tak hanya menghadirkan dialog dengan berbagai bahasa, tapi film "Drive My Car" juga menggunakan bahasa isyarat. Bahasa isyarat tersebut akan muncul ketika pementasan teater yang merupakan difabel wicara.