Fakta Menarik Tentang Mie Shirataki yang Wajib Kamu Tahu

Senin, 11 Januari 2021 | 09:12:20

LS Health

Penulis : LS Health

Fakta Menarik Tentang Mie Shirataki yang Wajib Kamu Tahu

Mie Shirataki ini popular karena diyakini dapat membantu menurunkan mengontrol berat badan. Alasannya karena shirataki mengenyangkan namun rendah kalori. Shirataki dalam bahasa inggris berarti white waterfall atau air terjun putih ini menunjukkan penampilan mie yang berwarna putih, berukuran panjang dan transparan. Mie rendah kalori ini dianggap sebagai mie ajaib ini kaya akan glukomanan, sejenis serat yang memiliki manfaat kesehatan yang mengesankan. Faktanya, glukomanan telah terbukti menyebabkan penurunan berat badan dalam banyak penelitian. Jika kamu sedang dalam masa diet, seperti diet keto. 

1. Perbedaan mie shirataki dengan mie lainnya

Mie biasanya dibuat menggunakan tepung terigu dengan ditambahkan telur, bihun berbahan dasar beras. Sedangkan mie shirataki berbahan dasar umbi konjak. Berbeda dengan kemasan mie yang beredar di pasaran. Mie ini dibungkus dengan plastik dan direndam air.

2. Terbuat dari 100% umbi konjak

Mie ini dibuat dari 100% umbi konjak. Konjak tumbuh di Jepang, Cina, dan Asia Tenggara. Konjak mengandung sangat sedikit karbohidrat yang mudah dicerna, tetapi sebagian besar karbohidratnya berasal dari serat glukomanan. Mereka dibuat dengan mencampurkan tepung glukomanan dengan air biasa dan sedikit air jeruk nipis, yang membantu mie mempertahankan bentuknya. Campurannya direbus dan kemudian dibentuk menjadi mie atau potongan seperti nasi. Mie Shirataki panjang, berwarna putih, rasanya hambar dan agak liat ketika dikunyah.

3. Kandungan gizi mie shirataki

Setiap 100 gram shirataki mengandung 15 kalori, 0.02 gram lemak dan 3.44 gram karbohidrat dan 0.19 gram protein. Karena 97 % berupa air dan . 3% serat glukomanan, mie shirataki berserat tinggi maka konsumsi shirataki akan memberi rasa kenyang lebih lama. Mereka juga sangat rendah kalori dan tidak mengandung karbohidrat yang dapat dicerna.

4. Beli mie shirataki secara online, lebih praktis

Jika kamu ingin membeli mie shirataki ini mudah ditemukan di Sayurbox, sehingga kamu tidak perlu repot untuk keluar rumah. Untuk olahannya dapat disesuaikan dengan selera makan kamu. Sebaiknya rebus dulu mie shirataki selama lima menit agar teksturnya mirip seperti mie lainnya, jika tidak tekstur mie shirataki akan seperti jelly.

5. Dapat membantu kamu menurunkan berat badan

Mie ini bisa menjadi alat penurunan berat badan yang kuat. Serat glukoman yang kental menunda pengosongan perut, sehingga kamu tetap kenyang lebih lama dan akhirnya makan lebih sedikit. Selain itu, memfermentasi serat menjadi asam lemak rantai pendek dapat merangsang pelepasan hormon usus yang meningkatkan perasaan kenyang.

Terlebih lagi, mengonsumsi glukomanan sebelum mengonsumsi banyak karbohidrat tampaknya mengurangi kadar hormon ghrelin. Dalam satu penelitian, orang yang mengonsumsi glukomanan saja atau dengan jenis serat lain kehilangan berat badan secara signifikan lebih banyak pada diet rendah kalori. Dalam penelitian lain, orang gemuk yang mengonsumsi glukomanan setiap hari selama delapan minggu kehilangan berat sekitar 2,5 kg tanpa makan lebih sedikit atau mengubah kebiasaan olahraga mereka.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba mie rendah kalori ini?

Sumber Foto Utama: Freepik.com