Fakta R’Bonney Gabriel, Wakil AS yang Juarai Miss Universe 2022

Rabu, 18 Januari 2023 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Fakta R’bonney Gabriel, Wakil As Yang Juarai Miss Universe 2022

R’Bonney Gabriel. (Special)

Ladiestory.id - Ajang kontes kecantikan grand slam dan bergengsi dunia yakni Miss Universe 2022 baru saja usai pada Sabtu (14/1/2023) waktu setempat. Wakil dari Amerika Serikat, yakni R’Bonney Nola Gabriel berhasil keluar sebagai juara. Ia pun berhasil mengalahkan wakil dari Venezuela, Amanda Dudamel, dan wakil dari Republik Dominika, Andreina Martinez.

Sebelum penentuan pemenang, para ketiganya diberi pertanyaan mengenai pemberdayaan perempuan yang progresif. R’Bonney Gabriel menjawab dengan lugas bahwa ia akan merefleksikan tugasnya sebagai Miss Universe dalam pekerjaannya sebagai fashion designer selama 13 tahun terakhir. Ia pun mengaku akan menggunakan talenta yang dimilikinya sebagai kekuatan untuk menginspirasi dan memberi advokasi kepada seluruh perempuan.

R’Bonney Gabriel. (Special)

“Saya akan menyampaikan fashion sebagai suatu bentuk kekuatan dan kebaikan, dalam industri yang saya miliki. Kami akan menurunkan polusi dengan menggunakan materi daur ulang dan mengadovaksi dan menginspirasi kepada seluruh perempuan khususnya penyintas human trificking dan KDRT. Saya akan menggunakan talenta unik yang saya miliki untuk membuat perbedaan untuk orang lain dan sebagai alat untuk perubahan”, jawabnya.

Jawabannya ini pun berhasil mengantarkannya sebagai pemenang Miss Unverse 2022. Nah, berikut Ladiestory.id telah merangkum fakta menarik dari R’Bonney Gabriel, juara Miss Universe 2022.

Keturunan Amerika-Filipina

R’Bonney Gabriel. (Special)

R’Bonney Gabriel lahir pada 20 Maret 1994 di Texas, Amerika Serikat. Meski lahir di AS, rupanya Gabriel memiliki darah Filipina dari sang ayah.

Perempuan Keturunan Asia Pertama yang Menang Miss USA

R’Bonney Gabriel. (Special)

Sebelum dinobatkan sebagai pemenang Miss USA, R’Bonney merupakan perwakilan dari Miss Texas. Namun, kemenangannya kala itu sempat menuai kontroversi karena adanya dugaan kecurangan.

Banyak finalis yang beranggapan bahwa kemenangannya sudah diatur. Ada dugaan pula bahwa Gabriel memiliki kebebasan akses untuk keluar masuk saat karantina Miss USA berlangsung.

Karena isu tak sedap ini, para kontestan lainnya lebih memilih bergegas pergi ke belakang panggung dan tidak memberikan ucapan selamat saat Gabriel dinobatkan sebagai pemenang Miss USA. Bahkan, setelah penobatan kemenangan Gabriel, beberapa kontestan Miss USA memilih speak up mengungkapkan isu kecurangan yang ada melalui platform media sosial masing-masing.

Desainer Fesyen

R’Bonney Gabriel. (Special)

R’Bonney Gabriel diketahui berprofesi sebagai model dan desainer fesyen. Ia juga merupakan CEO dari lini pakaian berkelanjutan ramah lingkungan yang dia buat sendiri, yakni R’Bonney Nola.

Diketahui, ia adalah lulusan dari University of North Texas dengan gelar sarjana desain mode dengan minor di fibers. Semasa karantina Miss Universe berlangsung, ia kerap menampilkan outfit dan gaun rancangan dari karya-karya unik dan kreatifnya sendiri.

Perempuan asal AS ke-9 yang Menang Gelar Miss Universe

R’Bonney Gabriel. (Special)

R’Bonney Gabriel bukanlah perempuan asal Amerika Serikat yang pertama kali menjuarai Miss Universe. AS telah memenangkan gelar Miss Universe sebanyak delapan kali sejak 1954. Kemenangan Gabriel kini menjadi kebahagaian bagi warga Filipina karena ia masih memiliki darah keturunan Asia dari sang ayah.