Ungkap Kebenaran Melalui Penelitian di Tokyo tentang Fakta Tatapan Mendalam

Sabtu, 4 Desember 2021 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Ungkap Kebenaran Melalui Penelitian Di Tokyo Tentang Fakta Tatapan Mendalam

Foto: psikologihore

Ladiestory.id - Banyak yang berbicara sesuatu yang membuat tertarik berawal dari mata kemudian turun ke hati. Apa yang terlihat kemudian dirasakan. Mungkin konsep ini cocok untuk memaknai arti cinta. Maka hal ini jadi sesuatu yang penting dan membantu kita mengerti makna yang dirasakan dari tatapannya.

Foto: kaskus


Tatapan mata sering disebut sesuatu yang penuh makna sehingga kita perlu jelih dalam mengartikannya. Selain itu, ada yang beranggapan jika tatapan mata dianggap jendela hati. yang dapat memancarkan perasaan yang lisan meskipun disembunyikan.

Hal ini sesuai dengan sebuah pepatah lama tentang "Mulut bisa berbohong, tetapi tidak dengan mata. Jika ingin mengetahui kebenaran dari seseorang, tatap matanya saat berbicara."

Makna dari Sebuah Tatapan

Foto: Aura

Secara tersirat memang benar jika tatapan mata memancarkan perasaan yang beragam, seperti rasa bahagia, sedih, kecewa, dan jatuh cinta. 

Para tim peneliti dari Tokyo University mengatakan jika pria menatap mata wanita dalam waktu lama dapat ditandai jika dia memiliki ketertarikan yang mendalam.

Dengan durasi kontak mata yang agak lama, maka hal ini akan mengindikasikan pria melihat potensi besar pada wanita untuk menjalin hubungan yang serius dan lama.

Namun, ketika tatapan yang dilakukan pria cukup singkat artinya ia melihat jika potensi hubungan tidak terlalu baik karena bagi pria, wajah dan tubuh menjadi hal yang sangat penting dalam mencari pasangan.

Menurut Dr. Anthony Little, seorang psikolog dari Stirling University di Inggris mengatakan dalam mencari pasangan ketika menjalin hubungan di waktu lama, maka untuk mendapatkan informasi jika orang itu ramah, humoris, atau kooperatif dapat terlihat melalui wajahnya.

Namun beda halnya jika mereka hanya mencari pasangan hanya untuk sementara saja, maka bentuk tubuh lebih utama dibandingkan dengan memperhatikan wajah.

Tatapan Jatuh Cinta Seorang Pria

Foto: Line Today

Umumnya, laki-laki yang jatuh cinta pada perempuan akan menatapnya secara lembut dan mendalam. Apabila mereka sedang dalam posisi berdekatan, maka perempuan akan merasa matanya sedang menatap dirinya berlama-lama.

Sebenarnya, sikap ini dilakukan untuk menunjukkan kalau ia mengagumi kecantikan dan ingin melihatnya secara pelan-pelan sehingga tersimpan  dalam ingatan.

Penelitian yang dilakukan Dr. Tom Currie dari Tokyo University mengajak sepuluh model laki-laki dan wanita untuk berpose dengan pakaian dalam. Kemudian untuk tesnya dilakukan melalui internet dengan melibatkan 127 pria dan 133 wanita.

Para responden diperlihatkan foto-foto model dengan berbeda jenis kelamin. Wanita melihat sepuluh model pria sedangkan pria melihat sepuluh model wanita.

Ketika ditanyakan mengenai tingkat ketertarikan dan potensi hubungan hingga pernikahan dengan model-model.

Hasilnya adalah ketika mencari hubungan yang stabil, hanya 20 persen laki-laki memberikan nilai yang lebih tinggi untuk foto-foto tubuh perempuan dibandingkan dengan mereka yang ditunjukkan dengan gambar-gambar wajah.

Namun mencapai 40 persen, ketika mereka diminta menilai model-model untuk menjalin hubungan jangka pendek.

Mulai sekarang, coba deh perhatikan baik-baik seperti apa makna dari tatapan si doi padamu.